HIERARKI PENGARUH PEMBERITAAN PINDAH KEYAKINAN DEDDY CORBUZIER DI DETIKCOM
Abstract
Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan memakai jenis metode penelitian studi kasus instrinsic caseyang bertujuan melihat bagaimana faktor internal dan faktor eksternal memengaruhi sebuah isi berita. Peneliti menggunakan pemberitaan pindah keyakinan pindah keyakinan Deddy Corbuzier (21 Juni-21 Agustus 2019) di Detikcom sebagai objek penelitian. Data pemberitaan yang diperoleh dilengkapi dengan wawancara para reporter detikHot, kemudian peneliti menganalisis data dengan teori hierarki pengaruh yang diperkenalkan oleh Pamela J Shoemaker dan Stephen D Reese yang memiliki lima tingkatan level, yaitu level pekerja media, level kerutinan media, level organisasi media, level ekstra media, dan level ideologi media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima level hierarki pengaruh, tiga level sangat memengaruhi, yaitu level individu, rutinitas media dan ideologi media.
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Ahmad, Nyarwi. “Media Massa, Kepentingan Publik dan Kekerasan Atas Nama Agama,” Millah, Vol. XI, No.2, Februari 2012.
Anggoro, A Sapto. Detikcom Legenda Media Online. Yogyakarta: MocoMedia, 2012.
Creswell, John. Research Design Qualitative, Quantitave, and Mixed Methods Approaches Edition, terj. Desain Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Mix Metode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
MC Quail, Denis. Media Performance: Mass Communication and the Public Interest. London: SAGE, 2010
Shoemaker, Pamela J. dan Stephen D Reese. Mediating The Message of Influence on Mass Media Content. New York, USA: Longman Publisher,1996.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta, 2011.
Tamburaka, Apriyadi. Agenda Setting Media Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2012.
Wahyuni, Dwi. “Agama Sebagai Media dan Media sebagai Agama,” JIA, No.2, Desember 2017.
DOI: https://doi.org/10.15408/virtu.v1i2.18077 Abstract - 0 DOWNLOAD PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.