EPISTEMOLOGI SYARAḤ HADIS DI PERGURUAN TINGGI: DISKURSUS GENEALOGIS TERHADAP TRANSMISI DAN TRANSFORMASI METODE SYARAḤ HADIS DI INDONESIA
Abstract
The term syaraḥ and its education in Islamic universities have been misunderstood by contemporary scholars. The practice of syaraḥ has been interpreted by them in a narrower meaning, namely as an effort to elaborate Islamic classical sources in doctrinal and involution discourses. Thus these perceptions brought about stereotypes upon the development of the education of sharh in universities. This paper observes the development of Hadith studies in a diachronic reading through analyzing the position of sharh in the history of Hadith studies in Indonesia from the 16th century until present time, and from the formative to reformative era. The development and dynamic of sharh in history show that each Hadith scholar improving its construction idiosyncratically as an effort to answer current challenges by each context.
Keywords
References
Abdullah, M. Amin. “Memaknai Al-Ruju’ ila Al-Qur’an wa al-Sunnah: Dari Qira’ah Taqlidiyyah ke Tarikhiyyah-Maqashidiyyah.” Dalam Kitab Suci dan Para Pembacanya, disunting oleh Syafa’atun Almirzanah. Yogyakarta: Stelkendo, 2019.
———. “Metode Kontemporer dalam Tafsir Al-Qur’an: Kesalingkaitan Asbab al-Nuzul al-Qadim dan al-Jadid dalam Tafsir Al-Qur’an Kontemporer.” Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Hadis 13, no. 1 (Januari 2012): 1–21.
———. Studi Agama: Normativitas atau Historitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Abdullah, Muhammad Amin. “Islamic Studies in Higher Education in Indonesia: Challenges, Impact and Prospects for the World Community.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 55, no. 2 (15 Desember 2017): 391–426. https://doi.org/10.14421/ajis.2017.552.391-426.
Abu Zahwu, Muhammad Muhammad. Al-Hadīṣ wa al-Muhaddiṣun: ‘Inayah al-Dirāsah al-Islamiyyah bi al-Sunnah al-Nabawiyyah. II. Riyadh: Presidensi Umum Penelitian Ilmiah dan Fatwa, 1984.
Afrilia, Ayu Hanifah. “Larangan Menikahi Perempuan Hamil: Studi Ma‘anil Hadith Dalam Sunan Al-Tirmidhi No Indeks 1131.” Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019. http://digilib.uinsby.ac.id/31449/.
Ali, Nizar. “Kontribusi Imam Nawawi dalam Penulisan Sharh Hadis.” Disertasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007. digilib.uin-suka.ac.id/14310/.
Almunadi. “Pola Kajian Hadis Akademik di Perguruan Tinggi Keagamaan: Studi Terhadap Skripsi Mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang Tahun 1995 - 2016.” Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 19, no. 1 (30 Juni 2018). https://doi.org/10.19109/jia.v19i1.2381.
Anggoro, Taufan. “Perkembangan Pemahaman Hadis Di Indonesia: Analisis Pergeseran dan Tawaran di Masa Kini.” Diya Al-Afkar: Jurnal Studi al-Quran dan al-Hadis 7, no. 01 (1 Juli 2019): 147–66. https://doi.org/ 10.24235/diyaafkar.v7i01.4533.
Auda, Jasser. Maqasid Al-Shariah as Philosophy of Islamic Law: A Systems Approach. London: International Institute of Islamic Thought, 2008.
Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dalam Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII: Melacak Akar-Akar Pembaruan dan Pemikiran Islam di Indonesia. Bandung: Mizan, 1989.
———. Perspektif Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1989.
———. Surau: Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi. Diterjemahkan oleh Iding Rasyidin. Cetakan Pertama. Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 2003.
———. The Origins of Islamic Reformism in Southeast Asia. Southeast Asian Publications Series. North America: University of Hawai’i Press, 2004.
Danarta, Agung. “Perkembangan Pemikiran Hadis di Indonesia: Sebuah Upaya Pemetaan.” Tarjih: Jurnal Tarjih dan Pengembangan Pemikiran Islam 7, no. 1 (2004): 73–82.
Daudy, Ahmad. Allah and Human Being in the Conception of Syeikh Nuruddin Ar-Raniry. Disunting oleh Bondan Kanumoyoso. Diterjemahkan oleh Mashadi Said. Jakarta: Center for Research and Development on Religious Literature and Heritage, Ministry of Religious Affairs, 2012.
Daulay, Hamdan Putra. Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Asdi Mahasatya, 2009.
———. “Universitas Negeri Islam Sumatera Utama: Memperkokoh Eksistensi, Memperluas Kontribusi.” Dalam Dinamika Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia: Dari Sekolah Tinggi ke Universitas, disunting oleh Hasan Asari, 215–31. Medan: Perdana Mulya Satya, 2014.
Fadl, Khaled Abou El. Speaking in God’s Name: Islamic Law, Authority and Women. England: Oneworld Publications, 2014.
Fathurahman, Oman. “The Roots of the Writing Tradition of Ḥadīth Works in Nusantara: Hidāyāt al-Ḥabīb by Nūr al-Dīn al-Rānīrī.” Studia Islamika 19, no. 1 (2012). https://doi.org/10.15408/sdi.v19i1.369.
Fauji, Ahmad Irfan. “Pergeseran Metode Pemahaman Hadis Ulama Klasik Hingga Kontemporer.” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38148.
Fauzan, Ahmad. “Kontribusi Shaykh Mahfûz Al-Tarmasî Dalam Perkembangan Ilmu Hadis Di Nusantara.” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 19, no. 1 (23 Januari 2018): 108–26. https://doi.org/10.14421/qh.2018.
Gaury, Gerald De. Rulers of Mecca. Reproduction Edition. New York: Dorset Press, 1991.
Hakim, Muhammad Lutfi. “Studi Kritik Pemahaman Muhammad Syahrur Terhadap Hadis Metafisika.” Skripsi, UIN Walisongo Semarang, 2015. http://eprints.walisongo.ac.id/5265/.
Hidakarya Agung. Riwayat hidup Prof. Dr. H. Mahmud Yunus, 10 Pebruari 1899-16 Januari 1982. Jakarta: Hidakarya Agung, 1982.
Isbaria. “Dinamika Kajian Hadis Di Perguruan Tinggi: Studi Skripsi Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2010-2019).” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. http://digilib.uin-suka.ac.id/39054/.
Ismail, Muhammad Syuhudi. Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual: Telaah Ma’ani Al-Hadits Tentang Ajaran Islam yang Universal, Temporal, dan Lokal. Bulan Bintang, 1994.
Johns, Anthony H. “Islam in Southeast Asia: Reflections and New Directions.” Indonesia, no. 19 (1975): 33–55. https://doi.org/10.2307/3350701.
Khoiriah, Rike Luluk. “Pemahaman Hadis Tentang ‘Azl: Studi Ma’anil Hadis.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. http://digilib.uin-suka.ac.id/39091/.
Kuntowijoyo. Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. II. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2004. www.tiarawacana.co.id.
Kūrānī, Ibrahīm al-. Ithāf al-Dhakī bi Syarh al-Tuhdat al-Mursalah ilā Rūh al-Nabī. Tasawwuf 2578. Kairo: Dar al-Kutub al-Mishriyyah, t.t.
Latif, Yudi. Genealogi Intelegensia: Pengetahuan & Kekuasaan Inteligensia Muslim Indonesia Abad XX. Jakarta: Kencana, 2013.
Mahdy, Fakhri Tajuddin. “Metodologi Syarah Hadis Nabi Saw: Telaah Kitab Tanqih al-Qaul al-Hasis Fi Syarh Lubab al-Hadis Karya Imam Nawawi al-Bantani.” Tesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2326/.
Muhammad, Muhammad Abd al-Rahman. al-Tafsir al-Nabawi: Khashaishuhu wa Mashadituhu. I. Kairo: Maktabah Zahra, 1992.
Muhtador, Mohammad. “Sejarah Perkembangan Metode dan Pendekatan Syarah Hadis.” Riwayah: Jurnal Studi Hadis 2, no. 2 (2016): 259–72. https://doi.org/10.21043/riwayah.v2i2.3130.
Munirah. “Metodologi Syarah Hadis Indonesia Awal Abad ke-20: Studi Kitab al-Khil‘ah al-Fikriyyah Syarh al-Minhah al-Khairiyyah Karya Muhammad Mahfuz al-Tirmasi dan Kitab al-Tabyin al-Rawi Syarh Arba‘in Nawawi Karya Kasyful Anwar al-Banjari.” Tesis, UIN Sunan Kalijaga, 2015. http://digilib.uin-suka.ac.id/17610/2/.
Munirah, Munirah. “Mahmud Yunus dan Kontribusinya dalam Perkembangan Studi Hadis dan Ilmu Hadis di Indonesia.” Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities 2, no. 2 (15 Desember 2017): 275–94.
Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer: Studi Komparatif antara Fazlur Rahman dan Muhammad Syahrur. Disertasi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2007. http://digilib.uin-suka.ac.id/14300/.
Naila Puspita, Ningrum. “Model Penelitian Hadis di IAIN/UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 1997-2003.” Tesis, UIN Sunan Kalijaga, 2007.
Nakissa, Aria. The Anthropology of Islamic Law: Education, Ethics, and Legal Interpretation at Egypt’s Al-Azhar. New York: Oxford University Press, 2019.
Noer, Deliar. “Diperlukah Pendekatan Bukan Barat Terhadap Kajian Masyarakat Indonesia.” Dalam Penelitian Agama: Masalah dan Pemikiran, disunting oleh Mulyanto Sumardi, Pertama. Jakarta: Sinar Agape, 1982.
NZ, Adriansyah. “Pola Kajian Hadis Akademik di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia: Studi Skripsi Mahasiswa Tafsir Hadis UIN Raden Fatah Palembang, UIN Syarif Kasim Pekanbaru dan UIN Imam Bonjol Padang.” Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 19, no. 2 (2018): 177–95. https://doi.org/10.19109/jia.v19i2.2907.
Qibtiyatul, Maisaroh. “Kajian Ilmu Hadis di Perguruan Tinggi: Studi atas Karya Tesis di UIN Sunan Kalijaga Tahun 1990-2010.” Skripsi, IAIN Surakarta, 2017.
Rahmatullah, Lutfi. “Haid Dalam Tinjauan Hadis.” Palastren: Jurnal Studi Gender 6, no. 1 (31 Maret 2016): 23–56. https://doi.org/10.21043/ palastren.v6i1.977.
Riyanto, Waryani Fajar. Implementasi Pradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Penelitian Tiga DIsertasi Dosen UIN Sunan Kalijaga. Disunting oleh Marjdoko Idris. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Rosyadi, Muhammad Imron. “Pemikiran Hadis Abdurrauf As-Singkili dalam Kitab Mawa’izat al-Badi’ah.” Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis 2, no. 1 (2017): 55–62. https://doi.org/10.15575/diroyah.v2i1.2495.
Sinkili, Abdul Rauf al-. “’Umdat al-Muhtajīn ilā Sulūk Maslak al-Mufradīn.” Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, t.t.
Suhendra, Ahmad. “Hermeneutika Hadis Khaled M. Abou El Fadl.” Mutawatir : Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith 5, no. 2 (1 Desember 2015): 343–62. https://doi.org/10.15642/mutawatir.2015.5.2.343-362.
Suryadilaga, Muhammad Alfatih. Metode Syarah Hadis. II. Yogyakarta: Teras, 2012.
———. Perbedaan Antara Ma’ani al-Hadis dan Syarah Hadis. Sesi Tanya-Jawab Kelas “Metode Syarah Hadis” UIN Sunan Kalijaga, 12 Maret 2020.
———. “Ragam Studi Hadis di PTKIN Indonesia dan Karakteristiknya: Studi atas Kurikulum IAIN Bukittinggi, IAIN Batusangkar, UIN Sunan Kalijaga, dan IAIN Jember.” Journal of Qur’anic and Hadith Studies 4, no. 2 (20 Desember 2015): 215–47. https://doi.org/10.1548/quhas.v4i2.
———. “Syarah Hadis Sahih Bukhari Dan Muslm Dalam Komik: Studi Atas Deskripsi 99 Pesan Nabi: Komik Hadis Bukhari Muslim (Edisi Lengkap).” ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 16, no. 2 (1 Oktober 2015): 153–68. https://doi.org/10.14421/esensia.v16i2.994.
Taufik, Egi Tanadi. “New Face of Religious Affair Minister and the Epistemology of Qur’anic Ethics: A Synchronic-Diachronic Reading on QS. Al-Hujurāt (49): 11-13.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 20, no. 2 (Desember 2020). https://www.academia.edu/42913475/.
Taufik, Egi Tanadi, Mida Hardianti, dan Neny Muthiatul Awwaliyah. “Reinventing Makna ‘Balance Hermeneutics’ dalam Pendekatan Ma’nā Cum Maghzā.” Dalam Pendekatan Ma’na cum Maghza atas Al-Qur’an dan Hadis: Menjawab Problematika Sosial Keagamaan di Era Kontemporer, disunting oleh Sahiron Syamsuddin, 2:324. Yogyakarta: Asosiasi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (AIAT) Indonesia, 2020.
Taufik, Egi Tanadi, dan Hadi Wiryawan. “Peran Hadis dalam Asbāb al-Nuzūl Jadīd: Kritik Hermeneutika Otoritarian Abou Fadl terhadap Metodologi Tafsir Kontemporer M. Amin Abdullah.” Dalam Urgensi Studi Hadis di Indonesia pada Era Milenial, 219–62. Jember: STDII Press, 2018. https://www.academia.edu/42913663/.
Thaibah, Hayatun. “Konsep Kecantikan Perempuan dalam Perspektif Hadis: Kajian Ma’anil Hadis.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. http://digilib.uin-suka.ac.id/39094/.
Tjokrowinoto, R. S. “Tindjauan Kitab Sirat ’l-Mustaqim: Karangan Nur Ad-Din Al-Raniri.” Disertasi, Universitas Gadjah Mada, 1964.
Ulamai, A. Hasan Asy’ari. “Sejarah dan Tipologi Syarah Hadis.” Teologia 19, no. 2 (2008): 340–62.
Voorhoeve, P. Bayan Tajalli: Gegevens voor een Nadere Studie over Abdurrauf van Singkel. Diterjemahkan oleh Aboe Bahar. Seri informasi Aceh. Banda Aceh: Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh, 1980.
Yunus, Mahmud. Ilmu Musthalah al-Hadis. Padang: Saadiyah Putra, 1971.
———. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1992. opac.perpusnas.go.id.
Yunus, Muhammad. “Hadis Tentang Arah Kiblat: Kritik Pemikiran Ali Mustafa Yaqub.” Jurnal Al-Irfani: Jurnal Kajian Tafsir Hadits 6, no. 1 (t.t.): 17.
DOI: 10.15408/ushuluna.v6i2.15798
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.