Prokrastinasi akademik: perilaku yang harus dihilangkan

Muhammad Nur Wangid

Abstract


Prokrastinasi merupakan salah satu fenomena permalahan yang mempengaruhi jutaan pelajar di seluruh dunia. Prokrastinasi akademik adalah salah satu alasan yang paling sering dipergunakan dalam merasionalisasi kegagalan atau kinerja akademik yang tidak maksimal dari mahasiswa di perguruan tinggi. Banyak bukti-bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik banyak berhubungan dengan berbagai macam kerugian dalam bidang akademik maupun non-akademik. Efek prokrastinasi pada umumnya mahasiswa akan mengalami penurunan akademik, di samping itu mereka juga dihinggapi ketegangan dan kecemasan yang tinggi. Pada dasarnya ada dua hal yang mempengaruhi prokrastinasi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa aspek fisiologis dan psikologis, sedangkan faktor eksternal berupa berbagai hal yang mempengaruhi individu dalam perkembangannya mulai dari gaya pengasuhan orang tua, pengaruh keluarga, dan sebagainya. Berbagai tip untuk mengatasi prokrastinasi didiskusikan baik dalam aspek preventif, developmental, maupun kuratif.

Keywords


prokrastinasi akademik

References


Abin Syamsudin M. (1996). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remadja Rosda Karya.

Azure, J.A. (2011). Correlates of course anxiety and academic procrastination in higher education.. Global Journal of Educational Research. Vol 10, No. 1, 2011: 55-65

Burka, J.B and Yuen, L.M. (2008). Procrastination: Why You Do It, What To Do

About It Now. New York: Da Capo Lifelong Books

Chow, H.P.H. (2011). Procrastination Among Undergraduate Students: Effects of Emotional Intelligence, School Life, Self-Evaluation, and Self-Efficacy. Alberta Journal of Educational Research, Vol. 57, No. 2, Summer 2011, 234-240

Chu, A.H.C., and Choi, J.M. (2005). Rethinking Procrastination: Positive Effects of ―Active‖ Procrastination Behavior on Attitudes and Performance. The Journal of Social Psychology, 2005, 145(3), 245–264.

Concise Oxford English Dictionary 11th. (2005). Soane, C. & Stevenson, A.

(Edt). London: Oxford.

Gargari, B.R, Sabouri, H, Norzad F. (2011). Academic procrastination: The relationship between causal attribution styles and behavi oral postponement. Iran Jurnal Psychiatry Behavior Science. 2011; 5(2): 76-82.

Howel, A.J. and Watson, D.C. (2007). Procrastination: Associations with achievement goal orientation and learning strategies. Personality and Individual Differences. 43 (2007) 167–178.

Humprey, P. and Harbin, J. (2010). An exploratory study of the effect of rewards and deadlines on academic procrastination in web-based classes. Academy of Educational Leadership Journal, Volume 14, Number 4, 2010.

Park, S.W. and Sperling, S.A. (2012). Academic Procrastinators and Their Self-Regulation. Psychology. 2012. Vol.3, No.1, 12-23.

Rakes, GC, and Dunn, KE. (2010). The Impact of Online Graduate Students‘ Motivation and Self-Regulation on Academic Procrastination. Journal of Online Interactive Learning. Vol. 9 No. 1. 77-93.

Rosário, P., Costa, M., Núñez, JC., González-Pienda, J., Solano, P., Valle, A. (2009). Academic procrastination: associations with personal, school, and family variables. Spain Journal of Psychology. 2009 May;12(1):118-27.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v2i2.10772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.