Analisis Sentimen Netizen Indonesia Mengenai Boikot Produk

Aldi Munandar, Muhammad Syafaat Yaasin, Rafi Ardian Firdaus

Abstract


Boikot produk pro-Israel merupakan isu yang sedang hangat dibicarakan di media sosial, baik di Indonesia maupun di dunia internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis diskusi yang berkembang, sentimen, dan emosi yang ada pada netizen Indonesia mengenai boikot produk pro-Israel sebelum dan sesudah Fatwa MUI No.83/2023 rilis. Analisis word cloud, sentimen, dan emosi dilakukan pada dua dataset tweet yang berjumlah 1.827 tweet. Hasil analisis Menunjukkan bahwa diskusi tidak dipengaruhi oleh Fatwa MUI No.83/2023, ini menunjukan bahwa konsistensi topik boikot produk sangat tinggi. Sentimen mayoritas netizen Indonesia terhadap boikot produk pro-Israel adalah positif. Mayoritas netizen Indonesia mendukung penuh aksi boikot produk pro-Israel. Fatwa MUI No.83/2023 berpengaruh terhadap sentimen netizen Indonesia. Hal ini terlihat dari berkurangnya sentimen negatif dan netral setelah fatwa ini rilis, dan sebaliknya sentimen positif bertambah. Analisis emosi yang dilakukan menggambarkan bahwa sebelum dan sesudah Fatwa MUI No.83/2023 rilis, emosi yang dominan dirasakan oleh netizen Indonesia adalah sukacita dan kejutan. Kedua emosi tersebut mengindikasikan bahwa netizen Indonesia cukup senang dan mendukung penuh aksi boikot produk pro-Israel sebagai aksi penolakan terhadap genosida yang dilakukan Israel di Gaza, Palestina.


Keywords


Boikot produk, analisis sentimen, fatwa MUI, netizen Indonesia

Full Text:

PDF

References


Afrelian, M. I., & Furqon, I. K. (2018). Legalitas Dan Otoritas Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Dalam Operasional Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Mizani: Wacana Hukum, Ekonomi Dan Keagamaan, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.29300/mzn.v6i1.2195

Anggraini, N., & Suroyo, H. (2019). Comparison of Sentiment Analysis against Digital Payment “T-cash and Go-pay” in Social Media Using Orange Data Mining. Journal of Information Systems and Informatics, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.33557/journalisi.v1i2.21

Bin Mohd Yunus, A., Binti Abd Wahid, N., & Bin W Hassan, W. S. (2015). HUKUM BOIKOT BARANGAN ISRAEL BERDASARKAN KEPADA FIQH AL-JIHAD. Jurnal Infad, 135–160.

BKSAP DPR RI. (2023). Dyah Roro Esti: Posisi Indonesia Tegas Terhadap Konflik Palestina-Israel. DPR RI.

Boon-Itt, S., & Skunkan, Y. (2020). Public Perception of the COVID-19 Pandemic onTwitter: Sentiment Analysis and Topic Modeling Study. JMIR Public Health Surveill, 6(4). https://doi.org/10.2196/21978

C Balabantaray, R., Mohammad, M., & Sharma, N. (2012). Multi-Class Twitter Emotion Classification: A New Approach. International Journal of Applied Information Systems, 4(1), 48–53. https://doi.org/10.5120/ijais12-450651

CNBC, I. (2023). Mengenal Sejarah Konflik Israel-Palestina, Ini Awal Mulanya. CNBC Indonesia.

Dhery, H., Assyam, A., & Hasan, F. N. (2023). Analisis Sentimen Twitter Terhadap Perpindahan Ibu Kota Negara Ke IKN Nusantara Menggunakan Orange Data Mining. Media Online), 4(1), 341–349. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.957

Ekman, P. (1992). An Argument for Basic Emotions. Cognition and Emotion, 6, 169–200.

El Saha, M. I. (2023). Boikot sebagai Jihad yang Sah. Kementerian Agama RI.

Feldman, R. (2013). Techniques and applications for sentiment analysis. Communications of the ACM, 56(4), 82–89.

Georgiadou, E., Angelopoulos, S., & Drake, H. (2020). Big data analytics and international negotiations: Sentiment analysis of Brexit negotiating outcomes. International Journal of Information Management, 51, 102048. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.102048

Hanany Naseh, A. (2012). Ijtihad Dalam Hukum Islam. An-Nur, 4(2), 248–259.

Hu, M., & Liu, B. (2004). Mining opinion features in customer reviews. Proceedings of the National Conference on Artificial Intelligence, 755–760.

MAJELIS ULAMA INDONESIA. (2023). FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA TENTANG HUKUM DUKUNGAN TERHADAP PERJUANGAN PALESTINA (Fatwa Nomor 83 Tahun 2023).

Majid, S. F. A., Khairuldin, W. M. K. F. W., & Jima’ain, M. T. A. (2019). Fiqh Boycott on Lgbt Community : a Review. International Journal Of Academic Research, 6(2), 35–49.

Neogi, A. S., Garg, K. A., Mishra, R. K., & Dwivedi, Y. K. (2021). Sentiment analysis and classification of Indian farmers’ protest using twitter data. International Journal of Information Management Data Insights, 1(2), 100019. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2021.100019

Pelu, I. E. A. (2019). Kedudukan Fatwa Dalam Konstruksi Hukum Islam. El-Mashlahah, 9(2), 167–181. https://doi.org/10.23971/maslahah.v9i2.1692

Pelu, I. E. A. S., & Tarantang, J. (2020). Fatwa Majelis Ulama Indonesia sebagai Solusi Permasalahan Umat Islam di Indonesia. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 14(2), 307–316. https://doi.org/10.24090/mnh.v14i2.3927

Pratiwi, B., Jannah, K. M., Saraswati, R., Raihanah, S., & Suhud, U. (2021). Analisis Pengaruh Intention to Boycott pada Konsumen Produk Perancis di Indonesia. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 257–276.

Qorib, M., Oladunni, T., Denis, M., Ososanya, E., & Cotae, P. (2023). Covid-19 vaccine hesitancy: Text mining, sentiment analysis and machine learning on COVID-19 vaccination Twitter dataset. Expert Systems with Applications, 212, 118715. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2022.118715

Rian Rifki Eliandy, Amini, A., Muhammad Heriadi, En Riskinta Tumanggor, & Etti Aini Hasibuan. (2023). Konflik Palestina Dengan Israel. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(1), 106–112. https://doi.org/10.37304/jpips.v15i1.9495

Safitri, D. (2015). Seruan Boikot Starbucks: Kampanye Negatif Atau Kampanye Hitam? Interact, 4(1), 11–20.

Afrelian, M. I., & Furqon, I. K. (2018). Legalitas Dan Otoritas Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Dalam Operasional Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Mizani: Wacana Hukum, Ekonomi Dan Keagamaan, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.29300/mzn.v6i1.2195

Anggraini, N., & Suroyo, H. (2019). Comparison of Sentiment Analysis against Digital Payment “T-cash and Go-pay” in Social Media Using Orange Data Mining. Journal of Information Systems and Informatics, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.33557/journalisi.v1i2.21

Bin Mohd Yunus, A., Binti Abd Wahid, N., & Bin W Hassan, W. S. (2015). HUKUM BOIKOT BARANGAN ISRAEL BERDASARKAN KEPADA FIQH AL-JIHAD. Jurnal Infad, 135–160.

BKSAP DPR RI. (2023). Dyah Roro Esti: Posisi Indonesia Tegas Terhadap Konflik Palestina-Israel. DPR RI.

Boon-Itt, S., & Skunkan, Y. (2020). Public Perception of the COVID-19 Pandemic on Twitter: Sentiment Analysis and Topic Modeling Study. JMIR Public Health Surveill, 6(4). https://doi.org/10.2196/21978

C Balabantaray, R., Mohammad, M., & Sharma, N. (2012). Multi-Class Twitter Emotion Classification: A New Approach. International Journal of Applied Information Systems, 4(1), 48–53. https://doi.org/10.5120/ijais12-450651

CNBC, I. (2023). Mengenal Sejarah Konflik Israel-Palestina, Ini Awal Mulanya. CNBC Indonesia.

Dhery, H., Assyam, A., & Hasan, F. N. (2023). Analisis Sentimen Twitter Terhadap Perpindahan Ibu Kota Negara Ke IKN Nusantara Menggunakan Orange Data Mining. Media Online), 4(1), 341–349. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.957

Ekman, P. (1992). An Argument for Basic Emotions. Cognition and Emotion, 6, 169–200.

El Saha, M. I. (2023). Boikot sebagai Jihad yang Sah. Kementerian Agama RI.

Feldman, R. (2013). Techniques and applications for sentiment analysis. Communications of the ACM, 56(4), 82–89.

Georgiadou, E., Angelopoulos, S., & Drake, H. (2020). Big data analytics and international negotiations: Sentiment analysis of Brexit negotiating outcomes. International Journal of Information Management, 51, 102048. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.102048

Hanany Naseh, A. (2012). Ijtihad Dalam Hukum Islam. An-Nur, 4(2), 248–259.

Hu, M., & Liu, B. (2004). Mining opinion features in customer reviews. Proceedings of the National Conference on Artificial Intelligence, 755–760.

MAJELIS ULAMA INDONESIA. (2023). FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA TENTANG HUKUM DUKUNGAN TERHADAP PERJUANGAN PALESTINA (Fatwa Nomor 83 Tahun 2023).

Majid, S. F. A., Khairuldin, W. M. K. F. W., & Jima’ain, M. T. A. (2019). Fiqh Boycott on Lgbt Community : a Review. International Journal Of Academic Research, 6(2), 35–49.

Neogi, A. S., Garg, K. A., Mishra, R. K., & Dwivedi, Y. K. (2021). Sentiment analysis and classification of Indian farmers’ protest using twitter data. International Journal of Information Management Data Insights, 1(2), 100019. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2021.100019

Pelu, I. E. A. (2019). Kedudukan Fatwa Dalam Konstruksi Hukum Islam. El-Mashlahah, 9(2), 167–181. https://doi.org/10.23971/maslahah.v9i2.1692

Pelu, I. E. A. S., & Tarantang, J. (2020). Fatwa Majelis Ulama Indonesia sebagai Solusi Permasalahan Umat Islam di Indonesia. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 14(2), 307–316. https://doi.org/10.24090/mnh.v14i2.3927

Pratiwi, B., Jannah, K. M., Saraswati, R., Raihanah, S., & Suhud, U. (2021). Analisis Pengaruh Intention to Boycott pada Konsumen Produk Perancis di Indonesia. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 257–276.

Qorib, M., Oladunni, T., Denis, M., Ososanya, E., & Cotae, P. (2023). Covid-19 vaccine hesitancy: Text mining, sentiment analysis and machine learning on COVID-19 vaccination Twitter dataset. Expert Systems with Applications, 212, 118715. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2022.118715

Rian Rifki Eliandy, Amini, A., Muhammad Heriadi, En Riskinta Tumanggor, & Etti Aini Hasibuan. (2023). Konflik Palestina Dengan Israel. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(1), 106–112. https://doi.org/10.37304/jpips.v15i1.9495

Safitri, D. (2015). Seruan Boikot Starbucks: Kampanye Negatif Atau Kampanye Hitam? Interact, 4(1), 11–20.

Sidqi, I., & Witro, D. (2020). Kedudukan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Nasional: Studi Implikasi Fatwa Terhadap Masyarakat. Nizham Journal of Islamic Studies, 8(1), 20–31. https://doi.org/10.32332/nizham.v8i01.2103

Sudarsono, H. (2008). Telaah Dampak Boikot Produk Amerika terhadap Perekonomian Nasional. Unisia, 31(70), 417–430. https://doi.org/10.20885/unisia.vol31.iss70.art8

Suhartono, S. (2017). Eksistensi Fatwa Majelis Ulama Indonesia dalam Perspektif Negara Hukum Pancasila. Al-Ihkam: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 12(2), 448–465. https://doi.org/10.19105/al-ihkam.v12i2.1255

Tamam, A. B. (2021). Kedudukan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dan Fatwa Dewan Syariah Nasional (Dsn) Dalam Sistem Hukum Indonesia. Al-Musthofa: Journal Of Sharia Economics, 4(2), 172–181.

Yin, H., Song, X., Yang, S., & Li, J. (2022). Sentiment analysis and topic modeling for COVID-19 vaccine discussions. World Wide Web, 25(3), 1067–1083. https://doi.org/10.1007/s11280-022-01029-y

Yullah, A. (2016). Analisis Framing Pemberitaan Boikot Produk Israel Pada Kantor Berita Islam Mi’raj News Agency. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(4), 267–281.

Zucco, C., Calabrese, B., Agapito, G., Guzzi, P. H., & Cannataro, M. (2020). Sentiment analysis for mining texts and social networks data: Methods and tools. Wiley Interdisciplinary Reviews: Data Mining and Knowledge Discovery, 10(1). https://doi.org/10.1002/widm.1333




DOI: https://doi.org/10.15408/thd.v3i1.37381 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aldi Munandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats