Perspektif Ekonomi Islam Terhadap Pariwisata Halal Di Era Pandemi Covid-19

Indah Anjar Dwi Pratiwi

Abstract


Adapun beberapa tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dampak Covid-19 pada pariwisata halal, mencari tahu tindakan serta usaha apa yang dilakukan ekonomi Islam terhadap keadaan industri pariwisata halal yang sedang mengalami kemunduran yang disebabkan oleh Covid-19 , serta mengkaji halal dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan data yang digunakan sebagai sumber rujukan yang berasal dari buku, jurnal-jurnal, dan majalah. Wisata halal atau wisata Halal adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pariwisata menurut etika dan kaidah syariat Islam, istilah lain juga digunakan untuk menyebutkannya yaitu wisata Islam atau wisata Halal.Industri pariwisata halal pada dasarnya berpijak pada prinsip-prinsip syariah, para pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya, seharusnya tidak terjebak dengan kepentingan yang justru kontra produksi dengan makna halal dalam arti luas. Akibat covid-19 yang merajalela membuat pemerintah mengambil beberapa kebijakan dengan diberlalukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan Social Distancing . Dampak dari itu adalah pusat-pusat perbelan, kawasan wisata, hotel-hotel, restoran, sekolah harus ditutup untuk menghindari dari banyaknya penularan. Sehingga berimbas pada pendapatan pribadi maupun pemerintah.Strategi atau usaha pemerintah dalam menjaga wisata halal adalah dengan memprioritaskan perbaikan destinasi, menyiapkan dukungan anggaran dari kerjasama dengan wisata halal, memberikan SOP mitigasi, meningkatkan regulasi bagi wisatawan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Abu Saud, Mahmud. GBEI (Garis-Garis Besar Ekonomi Islam) -. Gema Insani Press

Adriana, Nia, et al. “Dampak Pandemi Terhadap Pariwisata Halal Jakarta.” Jurnal Middle East and Islamic Studies, vol. 8, no. 1, 2021, doi:10.7454/meis.v8i1.131.

Akyol, Mevlüt, and Özgür Kilinc. “Turkish Studies -International INTERNET AND HALAL TOURISM MARKETING *.” International Periodical For The Language, Literature and History of Turkish, vol. 9/8, no. February, 2016, pp. 171–86.

Al-Ansi, Amr, and Heesup Han. “Role of Halal-Friendly Destination Performances, Value, Satisfaction, and Trust in Generating Destination Image and Loyalty.” Journal of Destination Marketing & Management, vol. 13, Elsevier, Sept. 2019, pp. 51–60, doi:10.1016/J.JDMM.2019.05.007.

Basyariah, Nuhbatul. “Konsep Pariwisata Halal Perspektif Ekonomi Islam.” Youth & Islamic Economic, vol. 2, no. 01s, 2021, pp. 1–6.

Battour, Mohamed, et al. “The Perception of Non-Muslim Tourists towards Halal Tourism: Evidence from Turkey and Malaysia.” Journal of Islamic Marketing, vol. 9, no. 4, Emerald Publishing Limited, Oct. 2018, pp. 823–40, doi:10.1108/JIMA-07-2017-0072.

BPS. “Berita Resmi Statistik Hasil Sensus Penduduk 2020.” Bps.Go.Id, no. 27, 2021, pp. 1–52.

---. Sensus Penduduk 2010 - Indonesia. 2010, https://sp2010.bps.go.id/.

---. “Sensus Penduduk 2010 - Penduduk Menurut Wilayah Dan Agama Yang Dianut.” Badan Pusat Statistik, 2010, http://sp2010.bps.go.id/index.php/site/tabel?wid=0000000000&tid=321&fi1=57&fi2=3.

---. Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tahun 2020. 2020.

Djakfar, Muhammad. Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi: Peta Jalan Menuju Pengembangan Akademik & Industri Halal Di Indonesia. 2017, p. 238.

E. Azam, MD. Siddique, et al. “Halal Tourism: Definition, Justification, and Scopes towards Sustainable Development.” International Journal of Business, Economics and Law, vol. 18, no. 3, 2019, pp. 23–31, https://www.ijbel.com/wp-content/uploads/2019/05/KLIBEL-18_64.pdf.

Hermawan, Elpa. “Strategi Kementerian Pariwisata Indonesia Dalam Meningkatkan Branding Wisata Halal.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, vol. 7, no. 2, 2019, pp. 87–95.

Kominfo.go.id. 5 Tahun Kembangkan Pariwisata Halal, Indonesia Akhirnya Raih Peringkat Pertama Wisata Halal Dunia 2019. https://kominfo.go.id/content/detail/18069/5-tahun-kembangkan-pariwisata-halal-indonesia-akhirnya-raih-peringkat-pertama-wisata-halal-dunia-2019/0/artikel_gpr. Accessed 5 Oct. 2021.

Komite Nasional Keuangan Syariah. “Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024.” Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2018, pp. 1–443, https://knks.go.id/storage/upload/1573459280-Masterplan Eksyar_Preview.pdf.

LPEM-FEB-UI. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pariwisata Indonesia : Tantangan , Outlook Dan Respon Kebijakan.” Pusat Kajian Iklim Usaha Dan GVC - LPEM FEB UI, no. April, 2020.

M. Mutawalli, Sya’rawi. Islam Diantara Kapitalisme Dan Komunisme. Cet. 4, Gema Insani, 1991.

Mafudi, M., and S. Sugiarto. “Emerging Opportunities for Halal Tourism in Rural Areas: Insights from Indonesia.” Fokus Bisnis: Media …, vol. 20, no. 1, 2021, pp. 16–26, doi:10.32639/fokusbisnis.v19i2.726.

Maharani, Shinta, and Asmak Ab Rahman. VIRUS CORONA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PARIWISATA HALAL DUNIA Shinta. no. 01, 2012, pp. 171–84, doi:10.21154/kodifikasia.v15i1.2689.

Millatina, Afifah Nur, et al. “Peran Pemerintah Untuk Menumbuhkan Potensi Pembangunan Pariwisata Halal Di Indonesia.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, vol. 5, no. 1, 2019, pp. 96–109.

Minardi, Anton, et al. “Indonesia as the Best Halal Tourism Destination and Its Impacts to Muslim’s Travelers Visit.” European Journal of Theology and Philosophy, vol. 1, no. 3, 2021, pp. 43–50, doi:10.24018/theology.2021.1.3.30.

Mustaq, Ahmad. Etika Bisnis Dalam Islam, Ter. Samson Rachman,. Pustaka Al-Kautsar, 2001.

Nejatullah Siddiqi, Muhammad. , The Economics Enterprise in Islam. Cet. 1, Bumi Aksara, 1996.

Nepal, Sanjay K. “Adventure Travel and Tourism after COVID-19–Business as Usual or Opportunity to Reset?” Tourism Geographies, vol. 22, no. 3, Routledge, 2020, pp. 646–50, doi:10.1080/14616688.2020.1760926.

Organisation Of Islamic Cooperation. Strategic Roadmap for Development of Islamic Tourism in OIC Member Countries. no. July, 2018, pp. 1–72, https://www.sesric.org/files/article/610.pdf.

Razzaq, Serrin, et al. “The Capacity of New Zealand to Accommodate the Halal Tourism Market — Or Not.” Tourism Management Perspectives, vol. 18, Elsevier, Apr. 2016, pp. 92–97, doi:10.1016/J.TMP.2016.01.008.

Reza, Veni. “Pariwisata Halal Dukung Pengembangan Ekonomi Indonesia.” Jurnal An-Nahl : Jurnal Ilmu Syariah, vol. 7, no. 2, 2020, pp. 106–12, https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3669597/pariwisata-halal-dukung-pengembangan-ekonomi-indonesia.

Rudhy Dwi Chrysnaputra, and Wahjoe Pangestoeti. “Pariwisata Halal Dan Travel Syariah Pasca Pandemi Covid 19.” An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, vol. 2, no. 2, 2021, pp. 151–72, doi:10.51339/nisbah.v2i2.316.

Samori, Zakiah, et al. “Current Trends on Halal Tourism: Cases on Selected Asian Countries.” Tourism Management Perspectives, vol. 19, Elsevier, July 2016, pp. 131–36, doi:10.1016/J.TMP.2015.12.011.

Sayekti, Nidya Waras. “Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Di Indonesia.” Kajian Pusat Penelitian, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik Setjen DPR RI, vol. 24, no. 3, 2019, pp. 159–72, https://jurnal.dpr.go.id/index.php/kajian/article/view/1866.

Shofi’unnafi, S. “Muslim Milenial Sebagai Katalisator Industri Pariwisata Halal Indonesia: Mencari Titik Temu Potensi Dan Atensi.” Jurnal Ilmiah Syi’ar, vol. 20, no. 1, 2020, p. 89, doi:10.29300/syr.v20i1.3096.

Sofyan, Riyanto. Prospek Bisnis Pariwisata Syariah. Cet.1, republika, 2012.

Sugiyono, P. D. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. CV Alfabeta, 2017.

UNWTO. “Impact Assessment of the COVID-19 Outbreak on International Tourism.” UN World Tourism Organization, 2020.




DOI: https://doi.org/10.15408/thd.v3i2.22893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Tauhidinomics: Journal of Islamic Banking and Economics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats