Education, Young Islamists and Integrated Islamic Schools in Indonesia

Noorhaidi Hasan

Abstract


Artikel ini memperlihatkan bahwa ekspansi sekolah Islam terpadu menandai tumbuhnya kelas menengah Muslim baru yang berhasrat mengekspresikan identitas keagamaan sambil memperlihatkan status, kelas, dan selera sosial mereka sebagai Muslim yang modern dan bersentuhan erat dengan globalisasi. Dengan biaya yang mahal dan berbagai fasilitas yang ditawarkan, sekolah-sekolah Islam terpadu memberikan kebanggaan sosial kepada para orang tua dan sekaligus rasa identitas sebagai Muslim yang berkomitmen. Hal-hal yang bersifat praktis, seperti waktu bersekolah yang lebih lama (full-day system) yang memungkinkan orangtua untuk menitipkan putra-putri mereka di sekolah sehabis jam sekolah biasa juga menjadi alasan penting di balik keputusan banyak anggota kelas menengah di perkotaan melirik sekolah Islam terpadu. Di tengah meluasnya ekses-ekses kenakalan remaja dan pergaulan bebas, upaya memastikan putra-putri mereka berada pada tempat yang aman menjadi sangat penting bagi orang tua yang sibuk bekerja dan beraktivitas.

DOI: 10.15408/sdi.v19i1.370

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/sdi.v19i1.370 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publication by Studia Islamika are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Studia Islamika, ISSN: 0215-0492, e-ISSN: 2355-6145

View My Stats