SISTEM E-COMMERCE B2C PADA PT. HARAPAN SENTOSA NUSANTARA JAKARTA PUSAT
Abstract
PT. Harapan Sentosa Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan dan ekspedisi pengiriman barang. Belum adanya sistem informasi yang mampu memasarkan jasa perhotelan, membantu pelanggan untuk menggunakan jasa penginapan dari luar kota, dan sering terjadi kekeliruan dalam pencatatan seperti kesalahan penulisan nota dan transaksi, sehingga sulitnya dibuat laporan. Dengan adanya permasalahan tersebut maka disusunlah satu rancang bangun sistem e-commerce B2C pada PT. Harapan Sentosa Nusantara. Sistem yang dibangun terdiri dari registrasi, pemesanan, pembayaran dan cetak bukti bayar untuk customer, sedangkan untuk internal perusahaan terdiri dari pengelolaan data user, data kamar, pemesanan, pembayaran, pemasukan dan pengeluaran. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari metode pengumpulan data (observasi, wawancara dan studi pustaka) dan metode pengembangan sistem Rapid Application Development (RAD) yang bersifat Object Oriented dengan tools Unified Modelling Language (UML). Hasil penelitian yang diharapkan ialah terbentuknya sistem ecommerce yang dapat digunakan oleh PT. Harapan Sentosa Nusantara untuk mengelola administrasi perusahaan hingga menghasilkan laporan pendapatan dan pengeluaran. Dengan terbentuknya sistem e-commerce diharapkan perusahaan PT. Harapan Sentosa Nusantara dapat memasarkan bisnisnya secara lebih luas dan customer dapat melakukan pemesanan dan pembayaran tanpa harus datang ke lokasi secara langsung.
Keywords
sistem e-commerce; RAD; UML; PHP; MySql; Blackbox testing; PT. Harapan Sentosa Nusantara.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/sijsi.v9i2.7645 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.