Pengaruh Bimbingan Konseling dan Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa di Mts Ma’had Al-Zaytun Indramayu
Abstract
Class IX will soon graduate and continue to higher education. For this reason, scientific provisions in learning morals and counseling are needed to prepare graduates who are smart and have good morals. This study was to determine the effect of counseling guidance and learning akidah akhlak on students' religious behavior in MTs. Ma'had Al-Zaytun Indramayu. The object of this research is the students of class IX MTs Ma'had Al-Zaytun Indramayu. This research was conducted on 135 respondents using a quantitative descriptive approach. Methods of data collection using survey methods, with the research instrument is a questionnaire. The approach used in this research is SPSS. This study proves that counseling guidance has a positive and significant effect on students 'religious behavior, which means that counseling plays a role in improving students' religious behavior. Learning akidah akhlak also has a positive and significant effect on students 'religious behavior, which can be interpreted that learning akidah akhlak plays a role in improving students' religious behavior. So, counseling and learning of akidah akhlak together have a positive and significant effect on students' religious behavior.
Keywords: Counseling Guidance, Learning Akidah Akhlak, Students' Religious Behavior
ABSTRAK
Kelas IX akan segera lulus dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk itu bekal keilmuan dalam pembelajaran akidah akhlak dan bimbingan konseling sangat diperlukan untuk menyiapkan lulusan yang cerdas dan berakhlakul karimah. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan konseling dan pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku keberagamaan siswa di MTs. Ma’had Al-Zaytun Indramayu. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs. Ma’had Al-Zaytun Indramayu. Penelitian ini dilakukan terhadap 135 responden dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, dengan instrument penelitian adalah kuesioner. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS. Penelitian ini membuktikan bahwa bimbingan konseling berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keberagamaan siswa, yang mana dapat diartikan bahwa bimbingan konseling berperan dalam meningkatkan perilaku keberagamaan siswa. Pembelajaran akidah akhlak juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keberagamaan siswa, yang mana dapat diartikan bahwa Pembelajaran akidah akhlak berperan dalam meningkatkan perilaku keberagamaan siswa. Jadi, bimbingan konseling dan pembelajaran akidah akhlak secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keberagamaan siswa.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Pembelajaran Akidah Akhlak, Perilaku Keberagamaan Siswa
Full Text:
PDFReferences
Anonimous. (1996). Pedoman Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depag RI
Diniyah, Lutfi. (2016). Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Perubahan Tingkah Laku Siswa Kelas IX DI SMP NEGERI 2 Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2016
Kadir. (2008). Pola Perilaku Keberagamaan Siswa SMA Negeri Kabupaten Mais Ok War I. Jurnal "Al-Qalam" No. Xxii Tahun Xiv Edisi Juli - Desember 2008
Oyango, Pamela Awour, dkk. (2018). Effectiveness of Guidance and Counseling in the Management of Student Behaviour in Public Secondary Schools in Kenya. International Journal of Applied Psychology 2018, 8(1): 6-11
Pratiwi, Resky. (2018). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas V di MIN Makassar. Skripsi UIN Alauddin Makassar
Sufiani. 2017. Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Manajemen Kelas, Jurnal Al-Ta’dibVol. 10 No. 2, Juli-Desember
Suharsimi, Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Susanto, Ahmad. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Konsep Teori dan Aplikasinya). Jakarta, Prenadamedia Group, hal.2
Takapaha, David Yohanis, dkk. (2016). Pengaruh Komunikasi Antar Persona Guru Bimbingan Konseling Terhadap Perilaku Siswa (Studi Pada Siswa SMK Negeri 2 Kendari)
Widyasari, Devie. (2012). Pengaruh Bimbingan Konseling Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012
Yanti, Siska Fitri. (2017). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur. JOM FISIP Vol. 4 No. 1 - Februari 2017
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i2.20503 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.