TikTok sebagai Strategi Branding Publikasi Konten Berita di Media Era.id

Cut Raudhatul Zahbi, Fauziah Muslimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan TikTok sebagai strategi branding dari publikasi berita di media online Era.id. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan teori strategi branding.

Hasil dari penelitian ini ada dua yaitu pertama adalah pemanfaatan TikTok sebagai media alternatif pemberitaan Era.id merupakan suatu strategi Era.id dalam mengikuti perkembangan zaman dan dekat dengan generasi Z sebagai pengguna aktif media sosial. Hingga sekarang Indonesia menjadi negara kedua dengan pengguna aktif TikTok terbesar di dunia. Hal tersebut membuat Era.id terjun ke TikTok untuk menyebarkan informasi. Era.id merupakan media online yang berdiri sejak tahun 2017. Dengan memanfaatkan TikTok sebagai media alternatif pemberitaan, Era.id mampu menaikan popularitas perusahaan, sehingga dikenal khalayak dan mampu bersaing dengan media besar lainnya pada platform TikTok dilihat dari jumlah followers TikTok yang Era.id dapatkan. Kedua, dalam melakukan inovasi konten, Era.id melakukan proses tahapan difusi inovasi untuk menghasilkan inovasi konten yang disukai oleh audiens namun tetap sesuai dengan unsur kejurnalistikan.

Kata Kunci: Media Online, Media Sosial, Berita, TikTok


References


Bayu, D. J. 2021. Anak Muda Dominasi Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia. Kata Data. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/10/anak-mudadominasi-jumlah-pendengarpodcast-di-indonesiapendengarpodcast-di-indonesia-didominasianak-muda

Bungin. 2019. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Grup.

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Dennis McQuail. 2011. Teori Komunikasi Massa. In Buku 1 Edisi 6. Salemba Humanika.

Daymond, C., Holloway, I. 2008. Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communication, diterjemahkan oleh Cahya Wiratama dengan judul Metode-Metode Riset Kualitatif. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Fauziddin. 2014. Pembelajaran PAUD Bermain Cerita Menyanyi Secara Islami. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.