FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANSIETAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Latar belakang: Siswa SMA selama pandemi Covid-19 dalam konteks karantina dan pembelajaran online didapatkan 31% siswa mengalami ansietas ringan, 27,1% siswa mengalami ansietas sedang, 25,3% siswa tidak mengalami ansietas, 16,7% siswa mengalami ansietas berat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat ansietas siswa yang sedang menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19. Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sampling yaitu total sampling sebanyak 59 siswa. Hasil: Hasil penelitian dengan teknik analisis Pearson Rank Correlation, dan Koefisien Kontingensi menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara usia (p = 0,109), jenis kelamin (p = 0,899) dengan tingkat ansietas siswa dalam menjalani PJJ. Terdapat hubungan antara riwayat keluarga dengan ansietas (p = 0,001), kondisi kesehatan umum siswa (p = 0,001), kelelahan fisik siswa (p = 0,043), tingkat ekonomi orang tua siswa (p = 0,045), pengalaman pembelajaran online siswa (p = 0,002), konsep diri siswa (p = 0,015), dukungan sosial siswa (p = 0,022), dan permasalahan yang muncul pada saat menjalani PJJ (p = 0,001 ) dengan tingkat ansietas siswa dalam menjalani PJJ. Kesimpulan: Saran pada penelitian ini perlu adanya evaluasi PJJ di masa pandemi Covid-19 agar masalah ansietas pada siswa dalam menjalani PJJ di masa pandemi Covid-19 ini dapat teratasi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/nurse.v2i1.27398 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Anisa Pertiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
NURSE: Journal of Nursing and Health Sciences
p-ISSN : 2963-3923 e-ISSN : 2963-2633
View My Stats