Komunitas Pustakawan Cilik dan Pengembangan Potensi Akademik: Analisis pada Program Oktober Berkarya
Abstract
Setiap individu tentunya memiliki banyak potensi. Hanya saja, tidak setiap individu mau menunjukkan potensi yang dimilikinya. Bahkan, ada juga beberapa individu yang memiliki potensi besar namun dia tidak menyadarinya. Maka, dibutuhkan penggerak yang dapat menggali potensi dari individu tersebut. Oleh karena itu disusunlah penelitian untuk mengetahui peran Komunitas Pustakawan Cilik di SMP Negeri 1 Tegalbuleud dalam menggali potensi akademik peserta didik. Penulis memanfaatkan studi literatur dari sumber-sumber yang relevan. Sumber data kajian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil analisis, keberadaan Komunitas Pustakawan Cilik di SMP Negeri 1 Tegalbuleud cukup efektif dalam menggali potensi peserta didik. Komunitas Pustakawan Cilik SMP Negeri 1 Tegalbuleud memiliki program khusus yang dinamakan Oktober Berkarya sebagai ajang kompetisi antar kelas. Dari program ini, muncullah bibit-bibit unggul yang kemudian diasah kembali oleh sekolah untuk diikutsertakan dalam kompetisi di jenjang yang lebih tinggi. Peserta didik yang bergabung dalam Komunitas Pustakawan Cilik memiliki peran yang cukup signifikan dalam menggali potensi peserta didik lainnya. Dengan memberdayakan peserta didik, maka guru pun menjadi terbantu dan membiasakan mereka untuk mengelola suatu program yang bermanfaat untuk sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiatika, A. dan Ary Setyadi. (2019). Analisis Komunitas Pecinta Perpustakaan Dua Satu (Koppasus Dusa) sebagai Pustakawan Kecil dalam Kegiatan Perpustakaan SMP Negeri 21 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7 (1), 31-40. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22811
Amaliyah, A. dan Azwar Rahmat. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses
Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education , 5(1), 28-45. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/926/528.
Ana, M. (2022). Peran Teman Sebaya (Peer) dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar Negeri 21 Lebong. Skripsi. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9415/1/SKRIPSI%20%20MELVI%20ANA%20PDF.pdf
Audina, Elvira nova dan Jumino. (2020). Peran Pustakawan dalam Pembentukan Pustakawan Kecil di Perpustakaan Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Semarang. Jurnal ANUVA, 4(4), 411-424. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva.
Basuki, Sulistyo. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia.
Mubarok, Ahmad farid. (2019). Pustakawan Cilik SMPN 21 Purworejo, Simpul Literasi Sekolah. [Online]. Tersedia di: https://smpn21purworejo.sch.id/pustakawan-cilik-simpul-literasi-sekolah/
Nasution, N.C. (2018). Dukungan Teman Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12 (2), 159-180. https://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah/article/download/1135/680
National Library of New Zealand. (2024). Student Librarians: Services to Schools. https://natlib.govt.nz/schools/school-libraries/leading-and-managing/managi ng-your-school-library-staff/student-librarians (terj. Oleh Rezkhy Adami).
Norlena, I. (2015). Sekolah Sebagai Organisasi Formal (Hubungan Antar Struktur). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(2). https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i2.1831
Pat Franklin & Claire Gatrell Stephens. (2008). Management Matters Student Assistants: Helpers and Learners!. Majalah School Library Media Activities, Vol. XXIV, No. 9 (Mei 2008), hlm. 44, https://e-resources.perpusnas.go.id:2071/docview/23713 7142/fulltextPDF/79E1452671B440E5PQ/1?accountid=25704.
Septiyani, dkk. (2024). Menggali Potensi Siswa dengan Mengadakan Kegiatan Perlombaan yang Bersifat Umum, di SMP Pasundan Leles. Ekspresi: Publikasi Kegiatan Pengabdian Indonesia, 1 (4), 6-11. https://journal.asdkvi.or.id/index.php/Ekspresi
Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2024). Pengertian Kata Cilik. Tersedia di: https://kbbi.web.id/cilik
Wahyuni, M. (2015). Peran Pustakawan sebagai Penyedia Informasi. Jurnal Iqra’, 9 (2), 196-210. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/viewFile/73/225.
Wicaksono, dkk. (2019). Manajemen Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Di SD Negeri Sendangmulyo 04. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8 (3), 329-345. https://doi.org/10.26877/jmp.v8i3.5395
Refbacks
- There are currently no refbacks.