Problematika Pustakawan Dalam Dalam Pencarian Temu Kembali Bahan Koleksi Berbahasa Inggris Dan Bahasa Arab

Nurhasanah Nurhasanah, Mohamad Nabiludin, Wahyudi Wahyudi

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi problematika yang dihadapi oleh pustakawan dalam pencarian dan temu kembali bahan koleksi berbahasa Inggris dan bahasa Arab di layanan referensi Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Pustakawan di perpustakaan ini menghadapi sejumlah tantangan yang melibatkan sumber informasi terbatas, kesulitan dalam pencarian dalam bahasa asing, kendala pada kualitas katalogisasi, dan perubahan teknologi informasi yang cepat.

Penelitian ini mengidentifikasi masalah-masalah kunci yang dihadapi oleh pustakawan dan juga mengusulkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Solusi-solusi tersebut mencakup langkah-langkah untuk memperkuat koleksi perpustakaan, memberikan pelatihan yang sesuai kepada pustakawan dalam keterampilan pencarian berbahasa Inggris dan bahasa Arab, serta perbaikan pada sistem katalogisasi dan deskripsi untuk meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi temu kembali informasi.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan dan rekomendasi yang berharga bagi perpustakaan UIN Mataram dalam meningkatkan kualitas layanan referensi mereka, terutama dalam konteks pengelolaan bahan koleksi berbahasa Inggris dan bahasa Arab. Peningkatan layanan ini akan mendukung mahasiswa, dosen, dan peneliti dalam memperoleh informasi yang relevan dan berkualitas dalam penelitian dan pembelajaran mereka.


Keywords


Problematika, pustakawan, koleksi, dan layanan

Full Text:

PDF

References


Almah, H. (2014). Urgensi Pendidikan Pemakai (User Education) Bagi Pemustaka di Perpustakaan Perguruan Tinggi Agama Islam: Sebuah Konsep Penerapan Kampus Peradaban di UIN Alauddin Makassar. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 2(1), 80–89.

Anindhita, R. (2013). PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PENCITRAAN PERPUSTAKAAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG [PhD Thesis, Ilmu Perpustakaan]. http://eprints.undip.ac.id/40982/

Antasari, I. W. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1680

Handoko, H., & Tjiptono, F. (1996). Kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan. Journal of Indonesian Economy and Business (JIEB), 11(1). https://journal.ugm.ac.id/jieb/article/view/39978

Hermawan, R., & Zen, Z. (2006). Etika kepustakawanan: Suatu pendekatan terhadap kode etik pustakawan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

Himawan Estu Bagijo, S. H., Urip Santoso, S. H., Sumardji, S. H., & EMAN, S. (1992). PENGEMBANGAN KARAKTERISTIK KOTAMADYA SURABAYA SEBAGAI KOTA INDAMARDI TINJAUAN DARI SEGI TATA GUNA TANAHNYA. https://repository.unair.ac.id/43629/

Mufid, M., & Zuntriana, A. (2019). Problematika pengembangan kepustakaan Islam: Studi kasus di empat perpustakaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Jawa Timur. Pustakaloka, 11(2), 20–46.

Mustika, M. (2017). Hubungan self awareness dengan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (penelitian korelasional bidang BK pribadi) [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/2508/1/combinepdf_(10).pdf

NIM, D. A. (n.d.). PELAKSANAAN PASAL 10 HURUF A UNDANG–UNDANG NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN (STUDI PADA PEMERINTAH KOTA PONTIANAK). Jurnal Fatwa Hukum, 6(2). Retrieved September 25, 2023, from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jfh/article/view/64572

Nugrahani, S., & Budirahaju, R. (2017). Aplikasi Metode (Qfd) Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Permohonan Sim Pada Satlantas Kabupaten Jombang. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 1(4), 491–510.

Nurislaminingsih, R., Rachmawati, T. S., & Winoto, Y. (2020). Pustakawan referensi sebagai knowledge worker. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 169–182.

Prastowo, A. (2012). Fenomena pendidikan elitis dalam sekolah/madrasah unggulan berstandar internasional. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 31–54.

Rahman, K. (2018). Perkembangan lembaga pendidikan islam di indonesia. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–14.

Septiyantono, T., & Sidik, U. (2003). Dasar-dasar ilmu perpustakaan dan informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga.

Setiawan, I. (2015). Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Referensi Dalam Memenuhi Kebutuhan Pemustaka Di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sinjai. UIN Alauddin Makassar. https://core.ac.uk/download/pdf/198217374.pdf

Solihat, I. (2017). Strategi komunikasi persuasif pengurus gerakan pemuda hijrah dalam berdakwah [B.S. thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40250

Suwarno, W. (2009). Psikologi perpustakaan. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=5715&keywords=

Terampil, C. P. T. (n.d.). B. Sumber Informasi 1. Pengertian Sumber Informasi. ANALISIS KETEPATAN SUMBER INFORMASI DALAM PENYELESAIAN TUGAS PERKULIAHAN OLEH MAHASISWA PRODI S1 ILMU PERPUSTAKAAN ANGKATAN 2015, 11.

Turriago-Hoyos, A., Thoene, U., & Arjoon, S. (2016). Knowledge Workers and Virtues in Peter Drucker’s Management Theory. SAGE Open, 6(1), 215824401663963. https://doi.org/10.1177/2158244016639631

Yulia, Y. (2011). Materi Pokok Pengembangan Koleksi; 1-9 PUST2230 cet 9. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot demo

slot demo

slot gacor

slot demo

slot gacor

slot demo

slot gacor

demo slot