Analisis Jenis Konten Instagram Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract
Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk menjangkau pengguna secara lebih luas, sejalan dengan perkembangan tren digital dalam peran perpustakaan sebagai pusat pengetahuan. Penggunaan Instagram sebagai media promosi memberikan keuntungan signifikan, termasuk peningkatan visibilitas perpustakaan, optimalisasi penyebaran informasi, dan perluasan akses layanan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis konten yang diunggah oleh Pusat Perpustakaan UIN Jakarta di akun Instagram resmi @perpusuinjkt, guna memahami variasi konten serta mengidentifikasi potensi masalah atau kekurangan. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, analisis menunjukkan bahwa konten Instagram perpustakaan pada tahun 2023 terbagi menjadi tiga kategori utama: konten tematik, promosi acara, dan informasi layanan. Hasil analisis mengungkapkan bahwa kategori yang paling dominan adalah promosi acara, mencerminkan upaya aktif perpustakaan untuk mendorong partisipasi pengguna dalam berbagai kegiatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Anwar, M., & Zhiwei, T. (2020). Social media and libraries: The perfect combination of the next generation. International Journal of Library and Information Studies, 10(3), 108–116.
Fatmawati, E. (2017). Dampak Media Sosial Terhadap Perpustakaan. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 5(1), 1. https://doi.org/10.21043/libraria.v5i1.2250
Gunawan, A. (2017). Pemanfaatan Media Sosial di Perpustakaan (Utilization of Social Media in Library). Jurnal Kementrian Kelautan Dan Perikanan, 3(1), 4. http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/JP/article/view/6794
IP, W. Y. A. S., Pandian, A. P., Cindy, M. R., Billa, E. J. S., Firmansyah, M. R., & Anggraini, D. S. (2023). Sosial Media dan Strategi Pemasaran. MEGA PRESS NUSANTARA.
Kennedy, G. (2016). Social Media: Master Social Media Marketing - Facebook, Twitter, YouTube and Instagram. CreateSpace Independent Publishing Platform. https://books.google.co.id/books?id=9xhzjwEACAAJ
Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.
Nasrullah, N., Tawakkal, T., & Jannah, M. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Bulukumba. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 4(1). https://doi.org/10.31764/jiper.v4i1.7813
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212. https://doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (AA Effendy. Cipta Media Nusantara.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.
Young, S. W. H., & Rossmann, D. (2017). Using Social Media to Build Library Communities: A LITA Guide. Rowman & Littlefield.
Zuhri, M. A. M., & Christiani, L. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI LIBRARY BASED COMMUNITY (STUDI KASUS KOMUNITAS PERPUSTAKAAN JALANAN SOLO @Koperjas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 21–30. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22899
Refbacks
- There are currently no refbacks.