HUBUNGAN PROFESIONALISME, MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIFATIF TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DOSEN MENGGUNAKAN METODE GENERALIZED STRUCTURED COMPONENT ANALYSIS (SEM-GSCA)

A.D. Ristianto, Irma Fauziah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi dari dimensi profesionalisme dosen, dimensi gaya kepemimpinan partisipatif dan dimensi motivasi kerja dosen terhadap variabel produktivitas kerja dosen.  Pada penelitian ilmu sosial dan psikologi, variabel yang diteliti pada umumnya bersifat multidimensional dan tidak dapat diobservasi secara langsung, tetapi diukur melalui indikator sebagai manifest dari variabel yang hendak diukur. Teknik analisis statistik menggunakan metode Generalized Structured Component Analysis (GSCA). GSCA merupakan bagian dari  Structural  Equation Modeling  (SEM) yang berbasis varian atau yang sering disebut juga berbasis komponen, merupakan metode analisis yang powerfull. Model analisis Generalized Structured Component Analysis  (GSCA) yang memiliki  goodness of fit  yang cukup baik untuk dua kategori dosen. Dari model tersebut dapat diketahui kontribusi dari masing-masing indikator terhadap dimensi produktivitas dosen yaitu  dimensi profesionalisme dosen, dimensi gaya kepemimpinan partisipatif dan dimensi motivasi kerja dosen. Kontribusi dari  dimensi profesionalisme dosen, dimensi gaya kepemimpinan partisipatif dan dimensi motivasi kerja dosen  terhadap dimensi produktivitas kerja dosen itu sendiri. Sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangan dari apa yang dirasakan oleh dosen. Informasi ini tentunya akan membantu pihak universitas dalam menentukan kebijakan untuk para dosen yang nantinya akan berdampak pada produktivitas kerjanya.


Full Text:

PDF
Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.