The Commodification of Sundanese Cultural Content on the Indonesian-Korean Kimbab Family Youtube

Feby Sopyanti Nurhasanah, Ratu Arti Wulan Sari, Rizkita Kurnia Sari

Abstract


Youtube hadir sebagai platform online yang berfungsi bukan hanya sebagai penyebar informasi dan hiburan namun juga sebagai tempat memperoleh keuntungan. Youtuber menjadi profesi yang menggiurkan dan berbagai konten dengan ide baru muncul setiap harinya. Salah satunya Kimbab Family, Keluarga Indonesia-Korea yang membuat konten tentang aktivitas sehari-hari dengan sentuhan budaya Korea. Menariknya, mereka juga sering membuat konten budaya Sunda. Konten ini paling banyak ditonton oleh pengguna youtube. Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis konten tiga vlog Kimbab Family betemakan budaya Sunda. Teori yang digunakan adalah teori ekonomi politik yang menekankan pada konsep komodifikasi. Tujuan riset ini untuk mengetahui bagaimana komodifikasi konten, khalayak dan pekerja. Hasilnya menunjukkan terdapat komodifikasi konten baik disadari atau tidak oleh Kimbab Family, dengan cara mengemas budaya Sunda lewat makanan, dan kebiasaan yang disuguhkan ke keluarga Korea. Terdapat juga komodifikasi khalayak dengan cara mengikuti keinginan audiens sebagai dasar pembuatan konten sehingga konten disukai dan mendatangkan profit karena digital traffic meningkat. Terakhir, terdapat komodifikasi pekerja, yang melibatkan anggota Kimbab Family sendiri sebagai pekerja mandiri yang dengan tekanan tertentu harus harus menyediakan tontonan yang sesuai dengan selera penonton dan menghasilkan keuntungan. Namun demikian, pekerja memandang keuntungan yang akan mereka dapat sebanding dengan tekanan dalam produksi konten.


Keywords


komodifikasi; youtube; sundanese culture; kimbab family

Full Text:

PDF

References


Cresswell, J. W. (2021). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Family, K. (2022, Agustus 2). Kimbab Family. Diambil kembali dari Youtube: https://www.youtube.com/c/KimbabFamily/videos?view=0&sort=p&flow=grid

Faroh, S. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Vlog Q&A Sesi 3 Pada Kanal Youtube Sherly Annavita Rahmi. UNDAS, 312.

Fitriyani, A., Suryadi, K., & Syam, S. (2015). PERAN KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI BUDAYA SUNDA. Jurnal Sosietas, 1-2.

Haryono, C. G. (2020). Kajian Ekonomi Politik Media: Komodifikasi Pekerja dan Fetisme Komoditas dalam Industri Media. Sukabumi: CV Jejak.

Ibrahim, I. S. (2014). Komunikasi dan Komodifikasi. Jakarta: YAyasan Obor Indonesia.

Katadata.co.id. (2021, 02 17). Katadata.co.id. Dipetik 10 2022, 10, dari Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/94-orang-indonesia-akses-youtube-dalam-satu-bulan-terakhir

Katadata.co.id. (2021, 01 24). Katadata.co.id. Dipetik 10 10, 2022, dari Katadata.co.id: https://katadata.co.id/sitinuraeni/digital/61ee5ee0d303a/berapa-gaji-youtuber-berikut-cara-menghitungnya

Kemp, S. (2021, January 27). We Are Social. Diambil kembali dari We Are Social: https://wearesocial.com/uk/blog/2021/01/digital-2021-the-latest-insights-into-the-state-of-digital/

Khatulistiwa, G., & Rubiyanah, R. (2022). Komodifikasi Konten dalam Pemberitaan Prostitusi Online di Akurat.co. Jurnal Studi Jurnalistik, 4(1), 30-38.

Kompas.com. (2022, 05 01). Kompas.com. Dipetik 10 10, 2022, dari Kompas.com: https://regional.kompas.com/read/2022/01/05/212041478/10-suku-dengan-populasi-terbanyak-di-indonesia-minangkabau-dan-batak-masuk?page=all

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi . Jakarta: Prenadamedia Group.

Kumparan. (2022, Maret 23). Kumparan. Diambil kembali dari Kabar Harian: https://kumparan.com/kabar-harian/mengenal-munggahan-cara-pelaksanaan-dan-maknanya-bagi-masyarakat-1xjuv1w2fuN/full

Lidwina, A. (2021, February 17). Databoks. Diambil kembali dari Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/94-orang-indonesia-akses-youtube-dalam-satu-bulan-terakhir

Lobodally, A. (2022). Commodification of Multicultural Family in Kimbab Family Youtube Show. International Journal of Applied Science and Engineering Review, 87-88.

Luik, J. (2020). Media Baru. Jakarta: Kencana.

Mahameruaji, J. N. (2018). Bisnis Vlogging dalam Industri Media Digital di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 61-62.

Manggaga, I. P. (2018). Komodifikasi Konten Televisi Dalam Perspektif Ekonomi Politik Media. Jurnal Tabligh, 259-263.

Mutiah, D. (2020, September 19). Kiat Kimbab Family Mengelola Perbedaan Budaya di Dalam Keluarga. Diambil kembali dari Liputan 6: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4360524/kiat-kimbab-family-mengelola-perbedaan-budaya-di-dalam-keluarga

NoxInfluencer.com. (2022, Oktober 24). Kimbab FamilyYouTube Stats & Analytics Dashboard. Dipetik Oktober 24, 2022, dari www.noxinfluencer.com: https://www.noxinfluencer.com/youtube/channel/UCEbUaLtY-orZLMG9wOLfDLg

Selvina, G. (2021). Kimbab Family. Bandung: Mizan.

Subandi, & Edenzwo, Z. (2018). Komodifikasi, Spasialisasi, Dan Strukturasi Dalam Media Baru Di Indonesia. National Conference of Creative Industry, 826-827.

Sugiyanto, & Rachmawati, D. (2015). Komodifikasi Berita Dibalik Ideologi Ekonomi Politik Media (Studi Pada Program ‘Polemik‘ Di Radio Sindo Trijaya 104.6 Fm Jakarta). Jurnal Komunikasi, 59.

Sugiyanto, D. R. (t.thn.). Komodifikasi Berita Dibalik Ideologi Ekonomi Politik Media (Studi Pada Program ‘Polemik‘ Di Radio Sindo Trijaya 104.6 Fm Jakarta). Jun.

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinngi Theologia Jaffray.

Utami, S. (2018). Kuliner Sebagai Identitas Budaya: Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. Journal of Strategic Communication, 40-41.

Yusa, M. M., Murdana, M., Iskandar, J. A., irdausy, S., Nuswantoro, P., & K, H. (2021). Komunikasi Antar Budaya. Yaya




DOI: https://doi.org/10.15408/jsj.v4i2.28965 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Studi Jurnalistik