Evaluasi Kualitas Media Flyer Paket Informasi Kesehatan Keluarga (PINKESGA) Sebagai Alat Bantu Edukasi Penyakit Hipertensi Pada Masyarakat di Puskesmas Ciputat Tahun 2023

Annisa Halimah, Raihana Nadra Alkaff

Abstract


Abstract

Several efforts have been made by the Ciputat Health Center in dealing with hypertension such as organizing posbindu, home visits to monitor the elderly, NGIDER Sehat, PIS-PK, and outreach to the community. One of the health education aids used is the flyer (PINKESGA) contained in the Program (PIS-PK). PINKESGA which contains information on 12 healthy indicators, is conveyed to the public when officers visit people's homes. However, field results show that there are still officers who do not carry and use PINKESGA during visits to people's homes. This study used a qualitative study approach to evaluate the quality of the PINKESGA flyer as an educational tool for hypertension in the community at the Ciputat Health Center in 2023. Data and information were collected through in-depth interview techniques with 6 main informants and 5 supporting informants. Technically, the quality of the PINKESGA flyer still has deficiencies in terms of confusing illustrations and inappropriate layouts. The quality of the PINKESGA flyer message content is also not good because the information contained is incomplete. Instructionally, the PINKESGA flyer has been able to raise the motivation and ability to manage hypertension in the community. It is recommended to add a QR code to the flyer so that it can be accessed online, avoid excessive color and letter variations and it is necessary to socialize health center staff about the importance of using the PINKESGA flyer tool.

Keywords: Hypertention, PINKESGA, Flyer

Abstrak

Beberapa upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Ciputat dalam menangani penyakit hipertensi seperti penyelenggaraan posbindu, kunjungan rumah pemantauan lansia, ngider sehat, PIS-PK dan penyuluhan kepada masyarakat. Salah satu alat bantu edukasi kesehatan yang digunakan adalah flyer (PINKESGA) yang terdapat dalam Program (PIS-PK). PINKESGA yang memuat informasi 12 indikator sehat disampaikan kepada masyarakat saat petugas mengunjungi rumah masyarakat. Namun, hasil dilapangan menunjukkan masih adanya petugas yang tidak membawa dan menggunakan PINKESGA selama melakukan kunjungan ke rumah masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kualitatif dengan tujuan melakukan evaluasi terhadap kualitas isi, instruksional dan teknis flyer PINKESGA sebagai alat bantu edukasi penyakit hipertensi pada masyarakat di Puskesmas Ciputat tahun 2023. Pengumpulan data dan informasi melalui teknik wawancara mendalam dengan informan berjumlah 6 informan utama dan 5 informan pendukung. Secara teknis, kualitas flyer PINKESGA masih memiliki kekurangan dalam segi ilustrasi yang membingungkan dan layout yang tidak tepat. Kualitas isi pesan flyer PINKESGA juga belum baik karena informasi yang dimuat belum lengkap. Secara instruksional, flyer PINKESGA sudah mampu memunculkan motivasi dan kemampuan manajemen hipertensi pada masyarakat. Disarankan untuk menambahkan kode QR pada flyer agar dapat diakses secara online, menghindari variasi warna dan huruf yang berlebihan dan perlu dilakukannya sosialisasi kepada petugas puskesmas akan pentingnya penggunaan alat bantu flyer PINKESGA.

Kata Kunci: Hipertensi, PINKESGA, Flyer


Full Text:

PDF

References


Amalia, I. S. (2013). Evaluasi Media Flyer Hipertensi pada Pengujung Puskesmas Talaga Kabupaten Majalengka. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1, hal. 1–8. Tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kemas/article/view/2823/2879.

Berg, J. dan Hicks, R. (2017) “Successful design and delivery of a professional poster,” Journal of the American Association of Nurse Practitioners, 29(8), hal. 461–469. doi: 10.1002/2327-6924.12478.

Ciputat, P. (2021). Profil Registrasi Puskesmas Ciputat. Tangerang Selatan: Puskesmas Ciputat.

Devi Widyaningrum, Dwi Retnaningsih, T. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat pada Lansia Penderita Hipertensi. (12), hal. 21–26.

Fitriani, H., Suwarni, L. dan Hernawan, A. D. (2019). Model IMB(Information, Motivation, Behavioral Skills) Sebagai Prevensi Primer Seks Pranikah Remaja. Jurnal Endurance, 4(3), hal. 622. doi: 10.22216/jen.v4i3.4383.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Pedoman Umum Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017a). Buku Monitoring dan Evaluasi PIS-PK. Kemenkes RI, hal. 1–85.

Masturoh, I. dan Anggita, N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. 1 ed, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 1 ed. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Nurmala, I. et al. (2018) Promosi Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.

Patridina, E. P. B. G. G. dan Listyaputri, D. R. (2022) “Analisis Poster Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Afrika,” Jurnal Pendidikan, 31(2), hal. 207. doi: 10.32585/jp.v31i2.2654.

Physipol (2020) Effective Communication, Universitas Medan Area. Tersedia pada: https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2020/12/23/komunikasi-yang-efektif/ (Diakses: 27 Mei 2023).

Purrington, C. (2016). Designing conference posters. Tersedia pada: http://colinpurrington.com/tips/poster-design

Riskesdas Banten. (2018). Laporan Provinsi Banten RISKESDAS 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, hal. 575.

Sumartono dan Hani Astuti. (2018). Penggunaan flyer sebagai media komunikasi kesehatan. Komunikologi, 15. Tersedia pada: https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/2.-Penggunaan-Flyer-Sebagai-Media-Komunikasi-Kesehatan.pdf.

USAID. (2003). The New P-Process: Steps in Strategic Communication [Internet]. Martin KS, editor. Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health. 16 hal. Tersedia pada: http://pdf.usaid.gov/pdf_docs/PNADU086.pdf

Walker, D. F. dan Hess, R. D. (1984) Principles and Perspectives for Design and Use. California: Wadsworth Publishing Company.

Yunita, D. dan Wijayanti, A. (2017) “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa,” SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), hal. 153–160. doi: 10.30738/sosio.v3i2.1614.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.