Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Alat Permainan Edukatif (APE) dengan Perkembangan Motorik pada Anak Usia Prasekolah

Siti Rapingah, Syifa Widiyanti

Abstract


Pre-school childrens’ at the age of 3-6 years is called the golden age periode of brain development of children.At this age, children need to be stimulated in order to optimize the development process, one of which is educational games.Many factors affect motoric development in children, one of which is mother's knowledge. This study aims to identify the relationship between mother's knowledge about Educational Game Tools (APE) with motoric development in preschool-aged children. This research is a type of correlational quantitative research. The total population is 380 people. Samples were taken by using multistage area random sampling technique as many as 80 respondents. The analysis used univariate and bivariate using Spearman rank test with = 5%. The results showed that the knowledge of mothers in the good category was 39 (48.8%) and for motoric development which was in the normal category was 41 (51.2%) it can be concluded that there is a relationship between mother knowledge about APE and motoric development in preschoolers. with p value = 0.000 (< 0.05) and r = 0.408. Suggestions for children who are suspect or untestable, it is hoped that the mother/caregiver will stimulate the child's fine motoric development and monitor it according to their age by using KPSP.

Keywords: educational game tools, motoric development, pre-school.


Abstrak

Anak usia 3-6 tahun atau masa pra sekolah disebut sebagai masa keemasan dari pertumbuhan otak anak. Pada usia ini anak harus diberikan rangsangan atau stimulasi agar perkembangan menjadi optimal salah satunya dengan permainan edukatif. Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik pada anak, salah satunya pengetahuan ibu. Penelitian ini bertujuanuntuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan ibu tentang Alat Permainan Edukatif (APE) dengan perkembangan motorik pada anak usia prasekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional.Jumlah populasi adalah sebanyak 380 orang. Sampel diambil dengan teknik multistage area random sampling sebanyak 80 responden. Analisis yang digunakan univariat dan bivariat menggunakan uji rank spearman dengan α=5%. Hasil penelitianbahwa didapatkan pengetahuan ibu dalam kategori baik sebanyak 39 (48,8%) dan untuk  perkembangan motorik yang berada dalam kategori normal adalah sebanyak 41 (51,2%) dapat disimpulkanada hubungan pengetahuan ibu tentang APE dengan  perkembangan motorik pada anak usia prasekolah dengan p value = 0,000 (< 0,05) dan r = 0,408. Saranpada anak dengan suspect atau untestable diharapkan ibu/pengasuh menstimulasi perkembangan motorik halus anak serta memonitor sesuai dengan usianya menggunakan KPSP

Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif, Perkembangan Motorik, Pra sekolah

Full Text:

PDF

References


Donsu, J. 2016. Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Fitriani, R. 2018. ‘Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini’. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. 3(1) 25-34 E-Issn : 2549-7367

Hati, F., Lestari, P. 2016. ‘Pengaruh Pemberian Stimulasi Pada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan Di Kecamatan Sedayu, Bantul’. Jnki – Jurnal Ners Kebidanan Indonesia. 4(1). Diakses Dari File:///C:/Users/New/Downloads/227-457-3-Pb%20(1).Pdf Https://Www.Researchgate.Net/Publication/334126890

Handayani Dkk. 2017. “Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Ape Dengan Perkembangan Anak Usia Toddler Di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang”. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan. Vol.2. No.2.

Indriati, R & Warsini. 2016. ‘Pengaruh Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Pada Anak Di Paud Cinta Bunda Desa Baran Sukoharjo’. Ijms – Indonesian Journal On Medical Scienc; 3.(1) 115-21.

Julimarti, D & Nurhafizah. 2019. ‘Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Proses Pembuatan Minyak Kelapa Di Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal Parit’. Jurnal Penelitian Guru Indonesia - Jpgi Vol. 4 No 2

Jurana. 2017. ‘Perkembangan Motorik Kasar dan Halus pada Anak Usia 1-3 Tahun’. Jurnal Ilmiah Kedokteran , 4 (3), 47 –63.

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Profil Kesehatan Tahun 2014. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Https://Doi.Org/10.1159/000324200

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan, RI. 2016. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Kemenkes RI.

Lisa, M., Mustika, A., & Lathifah, N. S. 2020. ‘Alat Permainan Edukasi (Ape) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 4-6 Tahun’. Jurnal Kesehatan, 11(1) 125-32.

Maryati. 2010. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Alat Permainan Edukatif Dengan Tingkat Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Wiro 1 Klaten. [Thesis]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mansur, A. 2019. Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Padang: Andalas University Press.

Maryanti. 2011. Buku Ajar Neonatus, Bayi & Balita. Jakarta: Prenada Media Group.

Masniwati. 2019. ‘Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Kreatif Pada Kelompok B Tk Dharma Wanita Kotaraja Kecamatan Siku Nusantara’ : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial Volume 1, Nomor 1, Maret 103-20 Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Nusantara

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Notoatmojo. 2014. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuraini. 2019. Penerapan Alat Permainan Edukatif Puzzle Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Sinar Harapan Panjang Bandar Lampung. Diakses Dari Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/8462/1/Skripsi.Pdf

Poborini , A., , Maulidha , Larasati,D. 2017. ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun Di Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono Kabupeten Sidoarjo. Journal Of Issues In Midwifery’, Agustus – November, Vol. 1 No. 1, 1-18

Rahmayanti, S., Septiarini P. 2012. Hubungan Pola Asuh Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Tk Kartika X-9 Cimahi Bandung. Diakses Dari Http://Stikesayani.Ac.Id/Publikasi/E-Journal/Filesx/2012/201212/201212-005.Pdf

Silalahi, B. 2020. ‘Hubungan Peran Ibu Dengan Perkembangan Motorik Kasar Dan Halus Usia 3 Tahu Di Paud Imelda’. Jurnal Keperawatan Priority. 3(1). Diakses dari http://jurnal.unprimdn.ac.id

Sitoresmi, S., Kusnanto., & Krisnana, I. 2015. ‘Perkembangan Motorik Anak Toddler Pada Ibu Bekerja Dan Ibu Tidak Bekerja’. Jurnal Pedomaternal. 3 (1)

Susanti Dkk. 2019. ‘Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Ape Dengan Perkembangan Motorik Pada Anak Prasekolah Di Desa Plosoharjo Kecamatan Toroh’. Diakses Dari Http://Ejournal.Annurpurwodadi.Ac.Id/IndeX.Php/Tscners/Article/View/135


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.