The Influence of Da'wah Material and Media Exposure on The Religious Attitudes of Hanan Attaki’s Youtube Channel Viewers
Abstract
Abstrak: YouTube adalah media audio visual yang berbasis web penjelasan yang digunakan masyarakat untuk berbagai hal termasuk belajar keagamaan. Salah satu akun dakwah yang memanfaatkan pola tersebut adalah akun YouTube Hanan Attaki. Masyarakat luas yang mengakses media YouTube tersebut mengalamai terpaan media yang mendorongnya terjadi sebuah keberagamaan. Maka dari itu tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan pengaruh materi dakwah dan terpaan media terhadap sikap keberagamaan penonton chanel YouTube Hanan Attaki, (2) Menganalisis dan mengukur seberapa kuat pengaruh materi dakwah dan terpaan media terhadap sikap keberagamaan penonton channel YouTube Hanan Attaki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 116 responden. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien korelasi dan determinasi, uji F dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) tingkat sikap keberagamaan penonton channel YouTube Hanan Attaki tergolong tinggi dengan persentase sebesar 92% dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara materi dakwah dan terpaan media terhadap sikap keberagamaan penonton channel YouTube Hanan Attaki yang artinya semakin tinggi materi dakwah dan terpaan media maka tingkat positif sikap keberagamaan pada responden akan semakin meningkat pula, (2) signifikansi pengaruh materi dakwah dan terpaan media terhadap sikap keberagamaan sebesar 59,3%, sisanya 40,7 persen dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Abstract: YouTube is a web-based audio-visual media explanation that people use for various things including religious learning. One da'wah account that takes advantage of this pattern is Hanan Attaki's YouTube account. The wider community who access YouTube media experience media exposure that encourages religious activity. Therefore, the purpose of this study is (1) describe the influence of da'wah material and media exposure on the religious attitude of Hanan Attaki's YouTube channel viewers, (2) analyze and measure how strong the influence of da'wah material and media exposure on the religious attitude of Hanan Attaki's YouTube channel viewers. This study used a quantitative approach with survey methods. The sample size of this study are 116 respondents. The data analysis carried out is descriptive analysis, classical assumption test, multiple linear regression test, correlation and determination coefficient test, F test and T test. The results of this study showed (1) the level of religious attitude of Hanan Attaki's YouTube channel viewers was high with a percentage of 92% and a significance value of 0.000 < 0.05, there is a positive and significant influence between da'wah material and media exposure on the religious attitude of Hanan Attaki's YouTube channel viewers, which means that the higher the da'wah material and media exposure, the positive level of religious attitudes in respondents will increase as well, (2) the significance of the influence of da'wah material and media exposure on religious attitudes by 59.3%, the remaining 40.7 percent are influenced by other factors outside this study.
Keywords
References
Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Aini, A.Z. (2018). Pengaruh E-Dakwah Daqu Movie di Youtube Terhadap Peningkatan Pengatahuan Islam Pada Mahasiswa UINSA Surabaya. Skripsi.
Akmala, S.T. (2015). Pengaruh Materi Dakwah Nyai Muzayyanah terhadap Pemahaman Keagamaan Remaja di Desa Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang, Skripsi. UIN Walisongo Semarang.
Amin, S.M. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Aziz, M.A. (2004). Ilmu Dakwah, Jakarta: Pranadamedia Group,
Bungin, B. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Sera Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Prenada, Media Group.
Daradjat, Z. (1991). Ilmu Jiwa Agama, Jakarta : Bulan Bintang.
Enjang, dan Aliyudin. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Dakwah. Bandung: Widya Padjajaran.
Fahrurrozi, Faizah, dan Kadri. (2019). Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
https://quran.kemenag.go.id/surah/16A125 Diakses pada (20 Desember 2022) pukul 14.57 WIB
https://quran.kemenag.go.id/surah/3/104 Diakses pada (22 Desember 2022) pukul 19.25 WIB
Ilaihi, W. (2010). Komunikasi Dakwah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Indrawan, dkk. Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik, Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 8 (1).
Jalaluddin. (2003). Psikologi Agama. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Latifah, E. (2018). Pengaruh Akun Dakwah Instagram Terhadap Sikap Keagamaan Siswa Di SMAN 17 Surabaya, Skripsi.
Lubis, B. (1992). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: CV. Tursina.
Margono, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.
Mulkan, A.Ml. (2003). Dakwah Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: TMF.
Munir, M. (2003) Metode Dakwah. Jakarta. Pranadamedia Group.
Munirah, dan Ladiku, N.S. (2019). Pengembangan Sikap Keberagamaan Peserta Didik, Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner. 4 (2). Desember.
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Multidisipliner. (Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Nofianti, L dan Qomariah. (2017) Metode Penelitian Survey, Pekan Baru.
Nurdin, I dan Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.
Paramita, R.W.D., Rizal, N dan Sulistyan, R.B. (2021) METODE PENELITIAN KUANTITATIF Buku Ajar Perkuliahan Metodelogi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen, Lumajang: Widya Gama Press.
Pariska, U.Z. (2018) Pesan Dakwah Ustadz Hanan Attaki (Analisis Isi Kajian Fathi “Pegang Janji Allah” Episode 27 September 2017 Via Youtube), Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Rakhmat, J. (2007). Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rakhmat, J. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rappedeo, I dan Muhammad. (2019). Pengaruh Pesan Dakwah Akun Instagram @Hanan_Attaki Terhadap Religiusitas Para Followers, JOM FISIP. 6 (2).
Riduwan dan Sunarto. (2007). Pengantar Stastistika Untuk Penelitian : Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Ridwan, M., Nurdin, Fitriningsih. (2019). Pengaruh Dakwah Di Instagram Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa, Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi. 15 (2).
Santoso, S. (1999). SPSS: Mengolah data statistik Secara Profesional, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS, Jakarta: Kencana.
Siska, A. (2020) Pesan-Pesan Dakwah Hanan Attaki Di Instagram, Skripsi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone.
Solihat, I. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Pengurus Pemuda Hijrah Dalam Berdakwah. Tangerang: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.
Statistik Parameterik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Jakarta: Alfabeta.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terpaan: Teori & Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi.
Thaha, C, Dkk. (2012). “Metodologi Pengajaran Agama. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo.
Usman, A.A. (2020). “Metode Dakwah Kontemporer”. Jurnal Al-Bayan 19 (28). Juli-Desember.
Usman, A.R. (2013). Metode Dakwah Kontemporer. Jurnal Al-Bayan. 19 (28). Juli-Desember.
Watie, E.D.S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media), The Messenger , 3(1).
DOI: 10.15408/jpa.v10i2.34157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.