Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Big Five Inventory (BFI) Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA)

Tuti Alawiyah

Abstract


Abstract

Big five personality is an approach that is used in psychology to see human personality through trait that consist five personality domain shaped by factor analysis. This five domain of personality is, extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, and openness to experience. This five domains of personality are the standard measurement that is used to measure five dimension of big five personality that was developed by Pervin and John (1991). The objective of this research is to test validity of the intrument construct . Data of this reasearch collected from 250 woman entrepreneur in Pulomerak-Banten subdistrict. Confirmatory factor analysis using was used. The result showed that all items that consist 44 unidimensional items. That means, the item just measure one factor so that one of the factors in big five inventory can be accepted.

Abstrak

Big five personality adalah pendekatan yang digunakan dalam psikologi untuk melihat kepribadian manusia melalui trait yang tersusun dalam lima buah doamain kepribadian yang dibentuk dengan menggunakan analisis faktor. Lima buah domain kepribadian tersebut adalah, extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness to experience merupakan instrumen pengukuran baku yang digunakan untuk mengukur lima dimensi big five personality yang dikembangkan oleh Pervin dan John (1991). Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas konstruk instrumen tersebut. Data diperoleh dari wanita wirausaha kecamatan Pulomerak-Banten berjumlah 250 orang. Metode yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatorik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh item yang berjumlah 44 item bersifat unidimensional. Artinya seluruh item hanya mengukur satu faktor saja sehingga model satu faktor yang diteorikan oleh big five inventory dapat diterima.


Keywords


Uji Validitas Konstruk, Kepribadian Big Five, Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, Openness to Experience, Analisis Faktor Konfirmatorik

References


DAFTAR PUSTAKA

Feist & Feist. (2009). Psychology: Theories of Personality (7th ed). USA: Mc Grawhill Companies, Inc.

Friedman & Schustack. (2006). Kepribadian, Teori Klasik dan Riset Modern, Edisi Ketiga jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Pervin & John. (1991). Handbook of Personality, Theory and Research: Second Edition, New York: The Guilford Press.

Joreskog, K.G. & Sorbom, D. (1999). LISREL 8.70 for Windows (computer software). Lincoln-wood, IL: Scientific Software International, Inc.

Umar, Jahja. (2011). Bahan kuliah psikometri. UIN Jakarta. Tidak diterbitkan.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jp3i.v4i3.9296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Tuti Alawiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.