Indeks Kepuasan Mahasiswa pada Sarana Prasarana Kuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat

Lusiana Febrianti, Suratno Suratno, Maulana Rizky

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to measure how the level of students’ satisfaction of using college infrastructure. that includes the types of services: (1) Furniture, (2) Equipment, and (3) Media. The research method used quantitative descriptive, the research sample was taken with random sampling technique. the research subject was consisted of 467 students from the batch of 2016 and 2018. The data collection technique was used a questionnaire that had fulfilled the validity test with the KMO responsivness was 0.721, assurance was 0.694, tangibles was 0.765, the empathy was 0.806 and the reliabillty was 0.835. The questionnaire was declared reliable with a value of responsiveness was 0.905, assurance was 0.898, tangibles was 0.903, empathy was 0.938 and reliability was 0.941. Data analysis was used descriptive analysis and hypothesis testing. Hypothesis test result show that the dimension of responsiveness of satisfaction level was influenced by aspects of furniture, equipment, and media together with Ry11.12.13 = 0.800 p <0.01, for the assurance dimension with Ry21.22.23 = 0.804 p <0.01, for the tangibles dimension with Ry31.32.33 = 0.820 p <0.01, for empathy dimensions with Ry41.42.43 = 0.803 p <0.01 and for reliabillty dimensions with Ry51.52.53 = 0.747 p <0.01.

Abstrak

Tujuan penelitian ini mengukur bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pemanfaatn sarana prasarana kuliah yang meliputi jenis layanan : (1) Perabotan, (2) Peralatan, dan (3) Media. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling subjek penelitian terdiri 467 mahasiswa dari angkatan 2016 dan 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah memenuhi uji validitas dengan niai KMO responsivness 0,721, assurance 0,694, tangibles 0,765, empathy 0,806 dan reliabillty 0,835. Kuesioner dinyatakan reliabel dengan nilai responsivness 0,905, assurance 0,898, tangibles 0,903, empathy 0,938 dan reliabillty 0,941. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dilanjutkan dengan uji hipotesis. Hasil uji hipotesisi menunjukkan pada dimensi responsiveness tingkat kepuasan dipengaruhi oleh aspek perabotan, peralatan, dan media secara bersama dengan Ry11.12.13 = 0,800 p<0,01, untuk dimensi assurancedengan Ry21.22.23 = 0,804 p<0,01, untuk dimensi tangibles dengan Ry31.32.33 = 0,820 p<0,01, untuk dimensi empathy dengan Ry41.42.43 = 0,803 p<0,01 dan untuk dimensi reliabillty dengan Ry51.52.53 = 0,747 p<0,01.

 


Keywords


Satisfaction Index and Infrastructure Facilities; Indeks Kepuasan dan Sarana Prasarana

References


Apriyanti, D. A., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. JurnalAdministrasi Bisnis, 51 (1), 3 & 272.

Bhakti, Y. B., & Rahmawati, E. Y. (2017). Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Program Studi Pendidikan Matematika. JurnalFormatif, 7 (3), 276.

Fauzan. A. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pondok Pesantren Shuffah Hisbullah Natar Lampung Selatan. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3 (1), 250.

Irawan. A. & Komara, E. F. (2017) .Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1 (2), 126.

Lestari. D. N., & Yusmiono. B. A. (2018). Analisis Penggunaan Sarana Dan PrasaranaUntuk Menunjang Kegiatan Belajar MahasiswaDi Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2016/2017. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 3 (1), 41.

Megasari. R. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukit Tinggi. JurnalAdministrasi Pendidikan, 2 (1), 639.

Martasubrata. N. & Suwatno (2016). Mutu layanan akademik sebagai determinan kepuasan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , 1 (1), 137.

Prastyawan. (2016). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan. Jurnal Studi Keislaman, 6 (1) , 44.

Sari, M. K. (2015). Pengaruh Standarisasi Sarana dan Prasarana Pendidikan terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 006 Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Ejournal Ilmu Pemerintahan, 3 (3), 1398.

Sawitry, Henny. I. (2015). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendidikan Terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Mulawarman. Jounal Administrasi Negara, 3(2), 581.

Yama, S. F., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh Pelatihan Guru, Kompetensi Guru dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Terhadap Kesiapan Guru Prodi Bisnis Manajemen dalam Implementasi Kurikulum 2013. Economic Education Analysis Journal, 5 (1), 97.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jp3i.v8i2.13070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lusiana Febrianti, Suratno Suratno, Maulana Rizky

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.