Uji Validitas Konstruk Self Control Terhadap Prokrastinasi Akademik Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA)

Nurfaizin Nurfaizin

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas konstruk dari self-control  yang digunakan sebagai alat ukur yang berhubungan dengan prokrastinasi akademik. Dalam penelitian ini adalah menggungankan lima aspek dari  Sarafino (dalam Averill,1973) yaitu: 1. Behavior control, 2. Cognitive control, 3. Decisional control, 4. Informationl control, 5. Retrospective control. Dengan 45 item  subjek penelitian ini adalah mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari 2006-2008 yang sedang menyusun skripsi, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 122 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah confirmatory factor analysis (CFA) dengan bantuan software lisrel 8.70. Berdasarkan perhitungan dengan metode CFA dapat disimpulkan bahwa semua dimensi memerlukan modifikasi model pengukuran untuk memperoleh nilai fit.

 

The purpose of this study was to examine the construct validity of self-control which was used as a measurement tool related to academic procrastination. In this study, the five aspects of Sarafino were incorporated (in Averill, 1973), namely: 1. Behavior control, 2. Cognitive control, 3. Decisional control, 4. Information control, 5. Retrospective control. With 45 items the subject of this study were students of Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta from 2006-2008 who were preparing a thesis, the number of samples in this study were 122 people. The data analysis method used in this study is confirmatory factor analysis (CFA) with the help of lisrel 8.70 software. Based on calculations using the CFA method it can be concluded that all dimensions require modification of the measurement model to obtain a fit value.


Keywords


Uji validitas konstruk self-control dan locus of control terhadap prokrastinasi akademik dengan metode Confirmatory Factor Analysis (CFA).

References


Averill. J (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationsip to stress. University of Massachuselis. Psychological Bulletin. 80,(4), 286-303.

Gunarsa, Singgih (2006) Dari anak sampai usia lanjut. Jakarta PT.BPK Gunung mulia.

Sarafino,E.P (1994). Healty Psychology : Biospsyhcosocial interaction. Second edition. New York: John Willey& Sons,Inc.

Thalib, S, B (2010). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Jakarta Kencana prenada media grup.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jp3i.v7i1.12107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurfaizin Nurfaizin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.