Uji Validitas Alat Ukur Kecerdasan Emosi (The Emotional Competence Inventory 2.0)

Rina Wulandari

Abstract


Kecerdasan emosi saat ini bukan hanya menjadi istilah yang sering digunakan dalam dunia pendidikan namun juga telah menjadi salah satu istilah yang populer dalam dunia kerja. Meskipun terdapat relevansi yang potensial dalam praktek kerja sosial atau kemanusiaan, masih sangat sedikit penelitian yang membahas mengenai kecerdasan emosi dalam aplikasinya pada seting kerja sosial. The Emotional Competence Inventory 2.0 (ECI) merupakan salah satu alat ukur kecerdasan emosi yang mulai banyak digunakan dalam mengukur kecerdasan emosi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas konstruk dari item-item The Emotional Competence Inventory (ECI) 2.0 yang telah diadaptasi sesuai kebutuhan peneliti. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari 120 relawan bencana Bulan Sabit Merah Indonesia di Jakarta, Yogyakarta, dan Solo. Metode analisis yang digunakan adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA) dengan bantuan software Lisrel 8.7. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat banyak item dalam item The Emotional Competence Inventory 2.0 (ECI) yang sudah diadaptasi oleh peneliti yang mengukur lebih dari satu faktor (multi-dimensional).


Keywords


Validitas konstruk, kecerdasan emosi, emotional competence, relawan, confirmatory factor analysis

References


Goleman, D. (2001). Chapter three: An EI-based theory of performance. Dalam C. Cherniss & D. Goleman ( E d s . ) . T h e e m o t i o n a l l y intelligent workplace: How to select for, measure, and improve e m o t i o n a l i n t e l l i g e n t i n i n d i v i d u a l s , g ro u p s , a n d organizations. (27 44). San Francisco: Jossey-Bass, A Wiley Company.

Gosling, M., & Gosling, K. S. (2004). Emotional competence inventory Emotional leadership. Goldhill (ECI): Technical manual. Penn Centre: Gosling International Pte Square, Philadelphia: Hay Ltd. Acquisition Company I, Inc.

Hay Group McClelland Center for Research and Innovation. (2005).


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jp3i.v2i8.10780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rina Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.