Menggali Nilai-Nilai Karakter Melalui Pendidikan Al-Quran: Studi Kasus di TPA-TPA Terpilih.
Abstract
This research aims to explore and elaborate on character values through Quranic education at selected TPAs (Islamic Education Centers) in Bekasi. This study employs a qualitative method with a descriptive-analytical case study approach. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. The results show that Quranic education at TPAs focuses not only on religious aspects but also on character development such as patience, honesty, and discipline. The approaches used include stories, educational games, and interactive activities to instill these values. Challenges in teaching include the diverse learning abilities of children and difficulties in memorization. This study emphasizes the importance of adaptive and responsive teaching methods to individual children's needs and support for educators in developing adequate skills and strategies.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Malik, H., Kunci, K., & Pendidikan Al-Quran, T. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan … PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) ALHUSNA PASADENA SEMARANG (Vol. 13, Issue 2).
Abdussamad Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
Aeni, A. N. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SD DALAM PERSPEKTIF ISLAM.
Agriyan Yogi. (2020). PENGARUH KEGIATAN DIDIKAN SUBUH TERHADAP AKHLAK.
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Ali Mahfud, & Sobar Al Ghazal. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro di TPQ X Rengasdengklok Karawang. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1482
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). VARIABEL BELAJAR (KOMPILASI KONSEP).
Arif, M., & Mawaruddin, M. (2018). PERANAN DIDIKAN SUBUH DALAM MEMBANGUN MENTAL PUBLIC SPEAKING SISWA MDTA AL IMAN KOTA PEKANBARU. In Jurnal Communiverse (CMV) (Vol. 4, Issue 1).
Arif, Z. (2019). Penerapan Metode Iqro Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di TK Hiama Kids.
Awaliah, F. P., Nurhafsah, N., Amelia, R. F., & Aulia, S. N. (2023). Pengaruh keterampilan bertanya guru dalam menciptakan keaktifan belajar siswa sekolah dasar. Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.800
Baehaqi, I. (2020). Metode Perlombaan dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I).
Basti, & dkk. (2021). Teori dan Inovasi Pendidikan Masa Depan.
Berangka, D. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Budaya Sekolah dan Motivasi Belajar TerhadapDisiplin Belajar Siswa SMP Di Lingkungan YPPK Distrik Merauke. JURNAL JUMPA, 6(1).
Efendi, S. N. (2016). Pada hakekatnya istilah “pendidikan karakter” terdiri dari dua kata yang berbeda, yaitu “pendidikan” dan “karakter”. Untuk memahaminya harus diterjemahkan sebagian agar tidak terjadi ambiguitas dalam penafsiran istilah tersebut.
Faisal, M. (2022). PENGUATAN NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KISAH-KISAH ALQURAN PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI.
Fitri, A. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER PRESPEKTIF AL-QURAN HADITS. In Jurnal Studi Pendidikan Islam (Vol. 1, Issue 2).
Fitriani, Z. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 31 Pagaralam. Muaddib: Islamic Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.19109/muaddib.v1i1.3045
Galugu, N. S., Pajarianto, H., & Bahraini. (2021). PSIKOLOGI PENDIDIKAN.
Hamdani, M. (2018). PENERAPAN METODE MEMBACA ALQURAN PADA TPA DI KECAMATAN AMUNTAI UTARA (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.12
Hapip, L. K. (2022). Taman Pendidikan Alquran bagi Ibu Rumah Tangga. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 3(1), 43. https://doi.org/10.32832/itjmie.v3i1.5756
Hartati, N. S., Thahir, A., & Fauzan, A. (2020). Management Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid 19-New Normal. Journal of Islamic Education Management, 6(2), 97–116. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare
Hidayah, N. (2017). Didikan Subuh Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (Mdta) As-Salam Di Pekanbaru Nur. Jom Fisip, 4(1).
Jannah, M. (2020). PERAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2). https://doi.org/10.35931/am.v4i2.326
Jayanti, I. T., Cahyo, A. N., Setyaningsih, E., Purnomo, E., Winarti, A., & Mawardi, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Yaqin Desa Jagoan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19184
Kamila, A. (2023). PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5). https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan
Mahmudah, A. (2022). PENERAPAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA SANTRIDI RUMAH QUR’AN AL-MARWAH KELURAHANKANDANG MAS.
Majid Abdul, & Andayani Dian. (2012). Pendidikan Karakter Persektif Islam. PT. Remaja Rosdakarya.
Mandasari, Y., Ahmad, Yulianti, N., Sufanti, M., & Etika Rahmawati, L. (2021a). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melaluiOptimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Qurandi Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14549
Mandasari, Y., Ahmad, Yulianti, N., Sufanti, M., & Etika Rahmawati, L. (2021b). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melaluiOptimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Qurandi Sumberjatipohon, Grobogan. 3(1). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14549
Maragustam, S. (2020). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. In Inspiratif Pendidikan (Vol. 6, Issue 2).
Matta Muhammad Anis. (2003). Membentuk Karakter Cara Islami. Al-I’tishon Cahaya Umat.
Mohammad Jailani, Hendro Widodo, & Siti Fatimah. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1).
Munawir, Cahyani, N. D., Luthfiyah, R., & Apriliyanti, V. (2024). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam PenanamanBudaya Religius Untuk Meningkatkan PembentukanKarakteristik Islami. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(01).
Najili, H., Juhana, H., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Landasan Teori Pendidikan Karakter (Vol. 5, Issue 7). http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Nasihatun, S. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam dan Strategi Implementasinya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(2), 321–336. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.100
Nofiaturrahmah, F. (2017). PENANAMAN KARAKTER DERMAWAN MELALUI SEDEKAH.
Nurbait, F., & Ritonga, M. (2022). PEMBELAJARAN & BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA RIYADHUL MUBTADIIN. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1.
Nurdiniawati, & Khairudin. (2022). PENDEKATAN MULTIDISIPLINER PEDIDIKAN ISLAMPADA ERA MILENIAL (pp. 1–30). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nurjayanti, D., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2020). PENERAPAN PROGRAM TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPA) UNTUK ANAK USIA DINI (Vol. 8, Issue 2). Bulan. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Nurul Anwar Rosyida. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak (Vol. 3).
Palupi Putri, D. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 1). http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD
Pandapotan Simaremare, T., Indriani Harianja, S., Mutia Zahra, F., Septiardilla, F., Rohimin, M., & Nur Sofyan, W. (n.d.). KIDDO : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Penerapan Pembelajaran Kreatif dalam Pelaksanaan Pendidikan Nonformal Bagi Anak Usia Dini di Suku Anak Dalam Desa Sekaladi. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11351
Rahmawati, R. F. (2022). Pendidikan Moderasi Beragama di Lembaga Pesantren Modern. Proceeding 2th NCESCO: National Conference on Educational Science and Counseling.
Ratih, K., Srijono, D., Laksono, G. Y., Dewi, A. K., Jusup, B., Fitriyani, F., Hasanah, A. U., Farida, K., Pramesti, M. E., Styaningsih, N. P., Darojati, S. M., & Mirwanti, W. (2020). Penguatan Nilai dan Karakter Nasionalisme melalui Lagu Wajib Nasional di MI Muhammadiyah Tanjungsari, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10793
Rizal, A., Taufik, & Maftuhah. (2023). PERAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUKMENANAMKANNILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA. Journal of Contemporary Education in Islamic Society, 1(1), 47–55.
Rohman, M. F. (2019). PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM PROGRESIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP LUQMAN AL-HAKIM SURABAYA.
Rohman, M., & Hairudin, H. (2018). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-nilai Sosial-kultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2603
Ruslan, R., & Musbaing, M. (2023). Eksplorasi Peran Pendidikan Islam dalam Pengembangan Moral: Kajian Pustaka. Jurnal Sinestesia, 13(1).
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/688/491,
Setiawan, A. (2019). Merancang Media Pembelajaran Pai Di Sekolah. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan, Dan Kemasyarakatan, 10(2).
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suwandi, Indrawati, F. Y., & Yusup. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Kepribadian , Kompetensi Profesional , Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 1 Karangampel Indramayu. Jurnal Manajemen, 15(1), 54–68.
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`an bagi Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135
Tentiasih, S., & Ahmadi, A. (2021). PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL QUR’AN DAN MUFRADAT DASAR PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE TALLAQI. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.52266/pelangi.v3i2.672
Utama, F., & Tanfidiyah, N. (2019). PENDEKATAN DALAM STUDI ISLAM EMPHATIC DAN HOMESCHOOLING SCAFFOLDING VIGOTSKY UNTUK PERKEMBANGAN KECERDASAN ANAK USIA DINI. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1). https://doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4943
Wahyulestari, M. R. D. (2018). Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi.
Zakaria Hanafi, M., & Ed, M. (2014). IMPLEMENTASI METODE SENTRA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK ANAK USIA DINI (Studi Kasus TK Batutis Al-Ilmi Pekayon Bekasi) Tesis Dimajukan kepada Sekolah Pascasarjana untuk Persyaratan Memperoleh Gelar Magister Agama dalam Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam Pembimbing. https://doi.org/10.2.00.1.12.10.0127
Zakariya, D. M. (2020). TEORI PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT AL-GHOZALI.
Zamana, M., Yenni Mutiawati, dan, & Bina Bangsa Getsempena, U. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN IQRA’ SECARA DARING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CUT MUTIA BANDA ACEH. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Vol. 2, Issue 1).
DOI: https://doi.org/10.15408/quhas.v13i2.40409 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Qur'an and Hadith Studies, P-ISSN: 2089-3434 | E-ISSN: 2252-7060