EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNOLOGI INTERNET GOOGLE ADS DALAM PENJUALAN PRODUK UMRAH PADA PT JANNAH FIRDAUS

Hamidullah mahmud, Fairuz Zahra

Abstract


abstrak

Era digital saat ini telah membawa perubahan besar bagi segala aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang bisnis. PT Jannah Firdaus merupakan salah satu penyelenggara perjalanan ibadah umrah yang menggunakan konsep digital yakni penerapan platform Google Ads untuk memasarkan produknya.

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk penerapan dan efektivitas Google Ads dalam penjualan produk umrah pada PT Jannah Firdaus. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai objek dengan wawancara, observasi dan mempelajari fenomena yang terjadi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Google Ads dalam penjulan produk umrah yang dilakukan oleh PT Jannah Firdaus dapat dikatakan efektif. Hasil efetivitas penerapan Google Ads dapat dibuktikan dari perbandingan antara jumlah jamaah yang mendaftar melalui Google Ads lebih banyak dari jumlah jamaah yang mendaftar secara offline.

Kata Kunci: Efektivitas, Google Ads, Penjualan, Produk, Umrah



Full Text:

PDF

References


Buku:

- Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996)

- Ash Shiddieqy, Hasbi. Pedoman Haji. (Jakarta: Bulan Bintang, 1975).

- FX. Suwarto, Perilaku Organisasi. (Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 1999)

- Hidayat, Efektivitas dalam Kinerja Karyawan. (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1986).

- Kartono, Ahmad. Kajian Fiqih Haji dalam perspektif ulama fuqaha mazhab Hanafi, Maliki, Syafi’I, dan Hambali. (Tangerang Selatan: Prodi Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah, 2020).

- Khallaf, Abdul Wahab. Fikih Empat Madzhab. (Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 2003).

- Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran. (Jakarta: Indeks, 2009).

- Majelis Tertinggi Urusan KeIslaman Mesir, Sunnah Sunnah Pilihan Haji dan Umrah. (Bandung: CV Angkasa, 2007).

- Martani dan Lubis, Teori Organisasi. (Bandung: Ghalia Indonesia, 2007).

- Minsyah, Ali. Padji, Kamus Istilah Manajemen, (Bandung: CV. Yrama Widya, 2005).

Pasolong, Harbani. Teori AdministrasiPublik. (Bandung: Alfabeta, 2007).

- Ramos, Andreas. Stephanie Cota, Search Engine Marketing. (United States of America: Mc Graw Hill, 2009).

- Siagian, Sondang P. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002)

- Sudaryono, Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. (Yogyakarta: PT. Andi, 2016).

- Sumarwan, Ujang. Pemasaran Strategik Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan. (Bogor: IPB Press, 2015).

- T. Hani Handoko, Manajemen. (Yogyakarta: BPPE, 2003).

- Tjiptono, Fandy. Pemasaran Startegi. (Yogyakarta: PT. Andi, 2008).

Jurnal:

- Yenty Yuliana, Oviliani. Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi & Keuangan. Vol. 02 No. 01 (2000). h. 40

- Rahayu Lestari, Indah. et al., “Pemanfaatan Google Ads sebagai Penunjang Bisnis UMKM dimasa Pandemi Covid-19” Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 04 No. 04 (2021). h. 377.

Interet :

- Sudaryo, Yoyo dan Nunung Ayu SofiyantiSarnita Sadya, (2023) “APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 juta pada 2022-2023”. Diakses dari (https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023). tanggal 26/9/23. pukul 23:48 WIB.

- Sadya, Sarnita. “APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 juta pada 2022-2023”. Diakses dari (https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023). tanggal 26/9/23. pukul 23:48 WIB.

- Whello, Keuntungan Menggunakan Google Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis Kamu. Diakses dari (https://whello.id/tips-digital-marketing/keuntungan-menggunakan-google-ads/). tanggal 2/2/24. pukul 09:50 WIB.

- Support Google, Definisi Google Ads. Diakses dari (https://support.google.com/google-ads/answer.) tanggal 30/11/23. pukul 15:00 WIBHeni Susilowati, (2022) “Pemasaran vs Penjualan”. Diakses dari (https://stiestekom.ac.id/berita/pemasaran-vs-penjualan/2022-01-04). tanggal 1/4/24. pukul 12.37 WIB

- Support Google, Cara Kerja Google Analytics. Diakses dari (https://support.google.com/analytics/answer/12159447?hl=id.) tanggal 7/2/24. pukul 07:53 WIB




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v12i2.40828 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch