OPTIMALISASI PENGELOLAAN DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT TERHADAP LIMA PROGRAM UNGGULAN BAZNAS KABUPATEN MUARO JAMBI

eko prabowo, Muhamad Zen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai Optimalisasi Pengelolaan Zakat Profesi Dan Pendistribusian Terhadap Lima Program Unggulan Baznas Kabupaten Muaro Jambi Pengelolaan zakat telah atur oleh Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, pada pasal 1 ayat 1 dijelaskan bahwa Pengelolaan zakat adalah kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengoordinasian dalam pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat. Di Kabupaten Muaro Jambi juga di atur oleh undang-undang nomor 11 tahun 2018 tentang pedoman perhitungan, pemgumpulan dan pendayagunaan Zakat, Infaq Dan Sodakoh dan dana social keagamaan lainya. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, melalui observasi lagsung, wawancara, serta dokumentasi dan juga mengkaji literature yang sesuai. Paradigm dalam penelitian ini mengunakan konstruktivisme.

                        Berdasarkan hasil penemuan dan analisis data yang di lakukan pengelolaan zakat pada Baznas Kabupaten Muaro Jambi telah sesuai dengan proinsip-prinsip pengelolaan dan pendistribusian  pada program unggulan Baznas. Berdasarkan upaya yang dilakukan. Di antaranya pendataan muzakki ASN, pendalaman sumber zakat melalui pembentukan UPZ di instansi, kerjasama dengan media cetak maupun media elektronik. Adapun pendistribusian nya sudah semuai dengan keputusan peraturan daerah kabupaten Muaro Jambi nomor 11 tahun 2018 tentang pedoman perhitungan, pemgumpulan dan pendayagunaan Zakat, Infaq Dan Sodakoh. Adapun pengelolaan dan pendistribusian telah tersalurkan ke semua program unggulan Baznas termasuk Muaro Jambi sehat, Muaro Jambi cerdas, Muaro Jambi Taqwa, Muaro Jambi Peduli dan Muaro Jambi Makmur semua telah terealisasikan

Full Text:

PDF

References


Adilla, Muhammad Syiddiqi. "Solusi Islam Dalam Pengentasan Kemiskinan Menurut Yusuf Qardhawi." El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat (2024)

Afrina, Dita. "Manajemen Zakat Di Indonesia Sebagai Pemberdayaan Ekonomi Umat." Ekbis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 2.2 (2020)

Saifudin, Ahmad Ekonomi Dan Masyarakat Dalam Pespektif Islam, Jakarta :Rajawali, 1987.

Yafie, Ali. Menggagas Fiqih Sosial Dari Soal Lingkungan Hidup, Asuransi Hingga Ukhuwah.( Jakarta : Mizan 1994)

Arifah, Niswatul, Agus Siswanto, And Tri Rahayu. "Manajemen Layanan Perpustakaan Di Madrasah." Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI) 5.1 Juni (2023):

Baraba, Achmad. "Prinsip Dasar Operasional Perbankan Syariah." Bulletin Of Monetary Economics And Banking 2.3 (1999)

Bashori, Akmal. "Zakat Produktif Dalam Konteks Keindonesiaan: Fundrising Dan Distribusinya." Manarul Qur'an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 21.2 (2021):

Baznas, “Surat Keputusan Ketua BAZNAS No.64 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pendistribusian Dan Pendayagunaan Zakat Di Lingkungan Badan Amil Zakat Nasional.” Badan Amil Zakat Nasional, 2019.

Prayitno, Budi. Optimalisasi Pengelolaan Zakat Pada Badan Amil Amil Zakat Daerah” ( Studi Kasus Tinjauan Terhadap Badan Amil Zakat Daerah Kapupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara.) Tesis Pada Universitas Diponegoro Semarang 2008

Sugono, Dendy Dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008)

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1989), H. 475.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pengertian Optimalisasi (Jakarta, Balai Pusaska.1994)

Hafidhuddin, Didin, Dkk. , The Power Of Zakat: Perbandingan Pengelolaan Zakat Asia Tenggara, (Malang: UIN- Malang Press, 2008)

Husna, Dinni. Manajemen Pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Dalam Meningkatkan Kinerja Amil Pada BAZNAS Kota Cilegon. BS Thesis. Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Erliyanti, Erliyanti. "Pendistribusian Dan Pengelolaan Zakat Produktif Sebagai Pemberdayaan Ekonomi Umat." Warta Dharmawangsa 13.4 (2019).

Sangadji, Mamang, Dan Sopiah, Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis Dalam Penelitian (Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2010),

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: Andi, 2001),

Firdanigsi. Optimalisasi Pengelolaan Zakat Pada Baznas Terhadap Kesejatraan Masyarakat Di Kota Parepare. Thesis Pada Insitut Agama Islam Kota Parepare 2022

Grahesti, Angrahita, Et Al. "Mengurai Permasalahan Pendistribusian Zakat Dengan Analisis Swot Studi Kasus Di Lembaga Amil Zakat Daarut Tauhid Solo." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9.1 (2023)

Hafidhuddin, Didin. Agar Harta Berkah Dan Bertambah. Gema Insani, 2007.

Hakim, Budi Rahmat. "Analisis Terhadap Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat (Perspektif Hukum Islam)." Syariah: Jurnal Hukum Dan Pemikiran 15.2 (2016).

Hasibuan, Henny Triyana. "Penerapan Akuntansi Zakat Dalam Meningkatkan Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Zakat, Infak Dan Sedekah Pada Baznas Propinsi Bali." Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT) 11.1 (2020)

Hidayat, Asep, And M. Irvanda. "Optimalisasi Penyusunan Dan Pembuatan Laporan Untuk Mewujudkan Good Governance." Jurnal Ilmiah Hospitality 11.1 (2022)

Siringoringo, Hotniar. Pemograman Linear: Seri Teknik Riset Operasi, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005),

Al-Mubarak, Muhammad Adi Riswan, Nurul Iman, and Febri Wimpi Hariadi. "Rekonstruksi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat (Analisis Hukum Ekonomi Syariah)." Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE) 1.1 (2021).

Nawawi, Ismail. Zakat Dalam Perspektif Fiqh, Sosial Dan Ekonomi, (Surabaya: Putra Media Nusantara, 2010),

Subagyo, Joko .Metodologi Penelitian Dalam Teori Dan Praktek ( Jakarta :Rineka Cipta 1991) .

Al-dina, Putri, Rafiqi, Ridhwan. Analisis Efektifitas Pengelolaan Dana Mikro ( Stady Pada Mustahik Baznas Kabupaten MuaroJambi).Https://Onlinejurnal.Unja.Ac.Id/JIEF/Tahun 2022.




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v12i2.40318 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch