STRATEGI BAURAN PROMOSI PEMBIAYAAN CICILAN EMAS DALAM MENINGKATKAN INVESTASI PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP TEBET BARAT JAKARTA SELATAN

study rizal, Fadhli Robby

Abstract


ABSTRAK

Salah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI) mempunyai produk pembiayaan investasi yaitu cicil emas sesuai fatwa MUI mengenai pembelian emas secara tidak tunai. Produk ini dikategorikan sebagai pembiayaan produktif, yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan produksi dalam artian luas yaitu untuk peningkatan usaha, baik usaha produksi, perdagangan maupun investasi. Produk cicil emas BSI pada saat ini dinyatakan sudah berjalan dengan baik. Salah satu Direktur Retail Banking BSI menjelaskan sejauh ini kinerja Cicil Emas Per Mei 2022 Tumbuh 57,1% atau Rp 435,7 Miliar secara year on year. Di mana secara penyaluran pembiayaan pada triwulan I produk Cicil Emas telah tumbuh sebanyak 8.96%. Pertumbuhan pembiayaan cicil emas tersebut menggambarkan situasi penjualan produk cicil emas berjalan dengan baik. Pada saat yang sama, hal ini juga menunjukkan suatu strategi pemasaran yang baik dan berhasil.

Menarik diteliti untuk lebih jauh melihat bagaimana investasi cicilan emas di BSI dalam kasus KCP Tebet Barat, apakah mengalami kemajuan dan bagaimana strategi pemasarannya?

Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan teori strategi bauran promosi yang dikemukakan oleh Philip Kotler dan Garry Amstrong dengan 5 unsurnya, yaitu: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan penjualan langsung dalam meningkatkan investasi cicilan emas pada BSI KCP Tebet Barat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dan metode pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumen.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa di BSI KCP Tebet Barat Jakarta Selatana tercatat bahwa penjualan atau pencairan cicil emas secara perlahan turun dari tahun 2020 hingga per 19 Oktober 2022. Hal ini karena adanya pandemi Covid-19. Dengan keadaan penjualan yang turun dari 3 tahun belakang, BSI KCP Tebet Barat ini tetap bertahan untuk mempromosikan produknya. Hal ini terlihat dari strategi bauran promosi pembiayaan cicil emas yang diterapkan Bank Syariah Indonesia KCP Tebet Barat sudah berjalan cukup baik dan masih bisa dimaksimalkan lagi.

 

Kata Kunci: Strategi Bauran Promosi, Pembiayaan Cicil Emas, Investasi, Bank Syariah Indonesia


Full Text:

PDF

References


hsanah, D. N. (2022). "Emas Sebagai Instrumen Investasi Jangka Panjang". Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, hlm 181.

Antoni, Muhammad Syafi'i. (2001). Bank Syarih Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Bagas Heradhyaksa, Impelementasi Emas Syariah Perspektif Hukum Islam, Jurnal (Semarang: UIN Walisongo) vol 6.

Buchari, Alma. (2002). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Frank, J. (2003). Public Relation. Jakarta: Erlangga.

Ghoffar EM, M. A., Mu'thi, A., & Al-Atsari, A. I. (2004). Tafsir Ibnu atsir. Bogor: Pustaka Imam Syafe'i.

Hair, Lamb, dan McDaniel. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. (D. Octarevia, Trans.) Jakarta: Salemba Empat.

Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2016). “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan Dengan Menetapkan Mahasiswa Univerisitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian”. Jurnal Binus Business Reveiw, hlm 887.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Hidayati, A. N. (2017). Investasi; "Analisis Dan Relevansi Dengan Ekonomi Islam". Jurnal Ekonomi Islam, h. 236.

Huda, N., & Heykeal, M. (2010). Lembaga Keuangan Islam Teoritis dan Praktis. Jakarta: Perdana Media Group.

Ilmi, M. (2002). Teori dan Praktek Lembaga Mikro Keuangan Syariah. Yogyakarta: UII Press.

Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Prenadamedia.

Jogiyanto. (2003). Teori Portofolio Dan Analisi Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media.

Kotler, P., & Amstrong, G. (1997). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lee, M., & Jonshon, C. (2007). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif GLobal. Jakarta: Kencana.

Lewis, M. K., & Algaoud, L. M. (2007). Perbankan Syariah: Prinsip, Praktik, dan Prospe. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta .

M, Nazir. (1998). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Manan, Abdul. (2009). Aspek Hukum Dalam Penyelenggaraan Investasi di Pasar Modal Syariah Indonesia. Jakarta: Perdana Media Grup.

Moleong, Lee J. (2000). Metode Penelitian. Bandung: Jakafrta.

Morrisan. (2010). Periklanan, Komunikasi Pemsaran Terpadu. Jakarta: Penerbit Andy.

Muhammad. (2002). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mulyana, Dedi. (2006). Metode Penelitain Kualitatif. Bandung: Rosda.

NurNasrina, & Putra, P. A. (2018). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Rangkuti, Freddy. (2003). Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rodoni, Ahmad, (2009) “Investasi Syariah” Jurnal .Jakarta; Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.

Rosi, Fandi. (2016). Teori Wawancara Psikodignostik. Yogyakarta: LeutikaPrio.

Saladin, Djaslim. (2006). Manajemen Pemasaran Dan Analisi Perencanaan Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Cv Linda Karya.

Siringongiri, H. (2005). Pemograman Linier: Seri Teknik Riset Operasi. Yogyakarta: Graham Ilmu.

Sofyan. (1996). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: 2015.

Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy. Yogyakarta: Offset.

Swasta, Basu, & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu. (2005). Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Tarigan, N. (2019). "Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Daya Tarik Investasi Di Provinsi Sumatra Utara". Jurnal Akomodasi, hlm 60.

Tjiptono, F. (1998). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wahjono, S. I. (2010). Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Grahah Ilmu.

Yuliga, M. (2015). "Prediksi Harga Emas Dunia Sebagai Pendukung Keputusan Investasi Saham Emas Menggunakan Teknik Data Miring". Jurnal Kalbiscienti, hlm 36.

Zulkifli, S. (2016). Paduan Praktis Transaksi Perbankan Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim.




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v12i1.39830 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch