EVALUASI MODEL CIPP PROGRAM SERTIFIKASI PEMBIMBING HAJI DAN UMRAH FDIKOM UIN JAKARTA

cecep castrawijaya, baharudin Ardani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi program sertifikasi pembimbing haji dan umrah angkatan vi pada FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggunakan model CIPP (Context, Input, Prosses, dan Product). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diolah menggunakan teknik tringulasi. Akhirnya, penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa perencanaan dan pelaksanaan program sertifikasi angkatan vi pada FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berjalan baik. Namun terdapat beberapa catatan. Pada komponen Context, visi dan misi belum ada. Pada komponen Input, kriteria panitia, perbandingan jumlah asesor dan peserta, ketentuan sarana prasarana, dan rincian biaya belum ada, dan kurikulum program perlu ditinjau ulang. Pada komponen Process, metode penugasan individu kurang efektif, standar waktu tidak ada, dan materi yang disampaikan tidak sesuai pedoman. Pada komponen Product sudah berjalan baik.

Kata Kunci: Evaluasi; Sertifikasi; Pembimbing Haji; CIPP.

ABSTRACT

The purpose of this study is to evaluate the Hajj and Umrah supervisor certification program batch VI at FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta using the CIPP model (Context, Input, Process, and Product). The type of research used is descriptive qualitative. Data was collected by means of observation, interviews, and documentation. The validity of the data is processed using the triangulation technique. Finally, this research resulted in the conclusion that the planning and implementation of the batch VI certification program at the FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta was going well. However there are some notes. In the Context component, vision and mission do not yet exist. In the input component, the criteria for the committee, the comparison of the number of assessors and participants, provisions for infrastructure, and details of costs are not yet available, the program curriculum needs to be reviewed. In the Process component, the individual assignment method is less effective, there is no time standard, and the material presented is not according to the guidelines. The Product component is running well.

Keywords: Evaluation; Sertifikation; Hajj Supervisor; CIPP.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arisman Ismail. (2022, Desember 16). (B. Ardani, Interviewer)

Drs. Ade Marpudin, M.M. (2022, Desember 6). (B. Ardani, Interviewer)

Drs. Kartono, M.SI. (2022, November 2). (B. Ardani, Interviewer)

Jamal, Y. (2018). i, Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI pada SMA Negeri Se-KotaPangkal Pinang (Penerapan Model Evaluasi CIPP). Ilmiah Islam Futura, 340-358.

Kementerian Agama. (2017). Pedoman Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji. Jakarta: Direktorat Bina Haji Ditjen PHU.

Misbah Saiful Bahri. (2022, Desember 16). (B. Ardani, Interviewer)

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Musarofah, S. (2020). Evaluasi Program Keagamaan Dalam Kelas Khusus di SMK Ma’arif 1 Kroya (Studi Evaluatif Menggunakan Model CIPP). Purwokerto.

Rajagukguk, W. (2015). Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.

Sidin, A., Mirwati, & Jikebet. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Kimia pada SMA Negeri 3 Watansoppeng. Riset Assesmen, 3.

Subyantoro, A., & Suwarto, F. (2007). Metode dan Teknik Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sudjana, D. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan . Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2003). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yahya, A., Risnawati, & kurniawati, Y. (2021). Evaluasi Model CIPP Pada Pelaksanaan Program Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Di SMP Negeri 1 Rambah. Al-Qalam, 46-54.

Zain, A. S. (2017). Evauasi Pelaksanaan Program Pelatihan Petugas Haji (Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Arab Saudi) Pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v11i1.31862 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, JMD  (Jurnal Manajemen Dakwah), p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Â