OPTIMALISASI PERAN PETUGAS KLOTER HAJI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANGERANG TAHUN 2019

Ahmadih Rojalih Jawab

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui optimalisasi peran petugas kloter haji pada kantor kementerian agama kota tangerang tahun 2019 (2) untuk mengetahui tugas dan fungsi petugas kloter pada kantor kementerian agama kota Tangerang (3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi petugas kloter haji pada kantor kementerian agama kota tangerang tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi peran petugas kloter pada kantor kementerian agama kota tangerang tahun 2019 mempunyai tugas yang penting dalam memandu perjalanan jamaah haji sehingga menjadi perjalanan ibadah haji yang lancar dan bermanfaat. Mengenai tugas dan fungsi petugas kloter pada kantor kementerian agama kota tangerang ini sudah efektif untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji. Kendala-kendala yang dihadapi petugas kloter dalam perjalanan ibadah haji antara lain: penempatan jamaah di 2 hotel madinah yang berbeda, jamaah yang hanya bisa berbicara bahasa daerah dan jamaah yang sudah tua.

Kata Kunci : Peran, Petugas Kloter, Ibadah Haji

 

 

ABSTRACT

This study aims (1) to determine the optimization of the role of the hajj crew at the office of the ministry of religion in the city of Tangerang in 2019 (2) to find out the duties and functions of the crew officers at the ministry of religion in the city of Tangerang (3) to find out the obstacles faced by the hajj crew officers at the office. Ministry of Religion, Tangerang City in 2019. This study uses a qualitative method using descriptive analysis techniques. The


results of the study indicate that optimizing the role of crew officers at the Ministry of Religion office in Tangerang City in 2019 has an important task in guiding the journey of pilgrims so that it becomes a smooth and useful pilgrimage. Regarding the duties and functions of the crew members at the Tangerang City Ministry of Religion, it has been effective in supporting the success of the Hajj pilgrimage. The obstacles faced by the crew during the pilgrimage included: the placement of pilgrims in 2 different Medina hotels, pilgrims who could only speak the local language and older pilgrims.

Keywords : Role, Cluster Officer, Hajj


Full Text:

PDF PDF

References


Format Buku

Ahmadi, Abu. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Azra, Azyumardi. (2008). Kajian Tematik Al-Qur’an Tentang Fiqih dan Ibadah.

Bandung: Angkasa.

Basyuni, Muhammad M. (2008). Reformasi Manajemen Haji. Jakarta : FDK Press.

Gazalba, Sidi. (1975). Masjid Pusat Ibadah dan Kebudayaan Islam. Jakarta: Pustaka Antara.

Narwoko, J. Dwi dan Suyanto, Bagong. (2007). Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.

Qodratillah, Meity Taqdir. (2011. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: KTD.

Siringoringo, Hotniar. (2005). Pemrograman Linier: Seri Teknik Riset Operasi.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soekanto, Soerjono. (2009). Peranan Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru. Jakarta: Rajawali Pers.

Format Skripsi

Hamidah. 2014. Skripsi Sarjana: Peran Pembimbing Dalam Optimalisasi Bimbingan Manasik Haji Pada Calon Jamaah Haji Di Kbih Asshodiqiyah Semarang. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Nuryani, Desi. 2019. Skripsi Sarjana: Efektivitas Tugas Pokok Petugas Kloter, Rombongan Dan Regu Dalam Pelayanan Jamaah Haji Pada Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Jakarta.

Rifa’i, Ahmad. 2020. Skripsi Sarjana: Strategi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) AN-NUR Bekasi Dalam Optimalisasi Bimbingan Manasik Haji Jamaah Tahun 2019. Jakarta: Universitas Islam Negeri Jakarta.

Riska, Aulia. 2018. Skripsi Sarjana: Peran Pembimbing Dalam Melaksanakan Bimbingan Manasik Haji Dan Umroh Di Kbih (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) Arafah Kota Pekanbaru. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rohman, Habibu. 2018. Skripsi Sarjana: Peran Pembimbing Ibadah Umroh Dalam Meningkatkan Pengetahuan Manasik Jamaah Di PT IBS (Integrated Business Services) Buana Sejahtera Tahun 2017. Jakarta: Universitas Islam Negeri Jakarta.

Wildayati, Resti. 2018. Skripsi Sarjana: Optimalisasi Pelayanan Haji Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

FORMAT JURNAL :

Permana, Sona Sofyan. 2017. Optimaliasi Fungsi Pengorganisasian Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ibadah Haji. Jurnal Manajemen Dakwah. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Vol.2, No.4 tahun 2017.




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v10i2.29174 Abstract - 0 PDF - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, JMD  (Jurnal Manajemen Dakwah), p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Â