PENGARUH PENGETAHUAN DAN PROMOSI PRODUK AMANAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT KUTABUMI KABUPATEN TANGERANG MENGGUNAKAN PEGADAIAN SYARIAH

Zarin Muhammad Jabbar, Khaeron Sirin

Abstract


Artikel ini menjelaskan tentang pengaruh variabel independen (X) yaitu pengetahuan dan promosi kepada variabel dependen (Y) minat terhadap minat masyarakat Kutabumi Kabupaten Tangerang menggunakan Pegadaian Syariah.  Penelitian dilakukan karena masyarakat di hari ini mengetahui bahwa pegadaian hanya sebagai tempat menggadaikan barang. Fakta sebenarnya bahwa Pegadaian Syariah memiliki begitu banyak produk pemenuh kebutuhan masyarakat dalam upaya mencapai kehidupan sejahtera yang salah satunya adalah produk Amanah yang menjadi fokus kajian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil uji di lapangan menunjukan bahwa antara variabel independen yang dalam penelitian ini pengetahuan dan promosi memiliki pengaruh positif kepada variabel dependen, yaitu minat masyarakat Kutabumi di Kabupaten Tangerang, baik secara parsial dan juga secara simultan. Pengaruh pengetahuan dan promosi berpengaruh sebesar 59,8% yang diperoleh dari hasil uji koefisien determinasi pada masyarakat Kutabumi, Tangerang.

Kata Kunci : Pengetahuan, Promosi, Minat, Produk Amanah, Pegadaian Syariah

Artikel ini menjelaskan tentang pengaruh variabel independen (X) yaitu pengetahuan dan promosi kepada variabel dependen (Y) minat terhadap minat masyarakat Kutabumi Kabupaten Tangerang menggunakan Pegadaian Syariah.  Penelitian dilakukan karena masyarakat di hari ini mengetahui bahwa pegadaian hanya sebagai tempat menggadaikan barang. Fakta sebenarnya bahwa Pegadaian Syariah memiliki begitu banyak produk pemenuh kebutuhan masyarakat dalam upaya mencapai kehidupan sejahtera yang salah satunya adalah produk Amanah yang menjadi fokus kajian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil uji di lapangan menunjukan bahwa antara variabel independen yang dalam penelitian ini pengetahuan dan promosi memiliki pengaruh positif kepada variabel dependen, yaitu minat masyarakat Kutabumi di Kabupaten Tangerang, baik secara parsial dan juga secara simultan. Pengaruh pengetahuan dan promosi berpengaruh sebesar 59,8% yang diperoleh dari hasil uji koefisien determinasi pada masyarakat Kutabumi, Tangerang.

KataKunci:Pengetahuan, Promosi, Minat, Produk Amanah, Pegadaian Syariah


Full Text:

PDF

References


Huda, Nurul dan Mohamad Haekal. 2010. Lembaga Keuangan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana.

Janwari, Yadi. 2015. Lembaga Keuangan Syariah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sarwat, Ahmad. 2018. Muamalat. Bab 7 dalam Ensiklopedia Fikih Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Soemitra, Andri. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah . Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Syafrudin. 2012. “Pengaruh Pemberian Kredit Kreasi PT. Pegadaian (PERSERO) Cabang Sumbawa Besar Terhadap Modal Kerja Usaha Mikro dan Kecil di Kabupaten Sumbawa Tahun 2012.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jilid 1 Nomor 5, April 2014.

Zaprulkhan. 2016. Filsafat Ilmu: Sebuah Analisis Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bekker, Anton dan Achmad Charris Zubair. 1994. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Basu, Swastha. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Alfatris, Tika Dian dan. Mahmud. 2014. Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk dan Kepercayaan (Trust) Terhadap Minat Beli K-Pop (Korean Pop) Album dengan sistem Pre Order Secara Online (Studi Pada Online Shop (CORP) Semarang. Semarang: UDINUS

Hasan, Ali. 2013. “Marketing dan Kasus-kasus Pilihan.” Yogyakarta: CAPS.

Poerwadarminta. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Alaik Pustaka.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Shalahuddin, Mahfudin. 1990. Pengantar Psikoligi Pendidikan. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Antonio, Muhamad Syafi’i. 2001. Bank Syariah. Jakarta: Gema Insani.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Abror, Abdurrahman. 1993. Psikologi Pendidikan. Vol. 4. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Pariansa, Doni Juni. 2017. Perilaku Nasabah: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Komara, Endang. 2011. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kotler, Phillip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Phillip. 2006. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Vol. 11. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Basu, Swastha. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Kotler, Phillip. 1997. “Dasar-Dasar Pemasaran Jidil 2” . Jakarta: Prenhalindo.

Alma, Bukhori. 2006. Manajemen dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Riskiyah. 2017. Skripsi: “Analisis Pembiayaan Dengan Produk Amanah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya . Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Bungin, Burhanudin. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Depok: Prenadamedia.

Subagyo, P. Joko. 2015. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v9i2.24950 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zarin Muhammad Jabbar, Khaeron Sirin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, JMD  (Jurnal Manajemen Dakwah), p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By: