Implementasi Fungsi Actuating Dalam Pembinaan Santri di Pondok Pesantren
Abstract
This study aims to determine how the implementation of the actuating
function in fostering santri in Islamic boarding schools. The research
reported in this article employed a descriptive qualitative approach with
inductive analysis techniques. Data was collected through observation,
interview and documentation techniques. The results of the research indicate
that the "Ma'hadul Islam Sarean Kaliwungu" (MISK) Islamic Boarding
School provides guidance to santri through several activity programs, one of
which is the "Jamiyah Jumat Malam" activity. Where in the skill aspect of the
santri are to be fostered and developed so that they possess the ability and
axpertise in broadcasting Islam in the community. The implementation of the actuating function as an effort to foster santri at the MISK Islamic Boarding School is carried out in several ways, namely providing motivation, providing guidance, establishing relationships, organizing communication and developing or improving implementers.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi fungsi
actuating dalam pembinaan santri di pondok pesantren. Jenis penelitian yang
dilakukan merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis
induktif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren
“Ma’hadul Islam Sarean Kaliwungu” (MISK) melakukan pembinaan kepada
santri melalui beberapa program kegiatan, salah satunya adalah kegiatan
“Jamiyah Jumat Malam”. Di mana dalam kegiatan ini aspek yang hendak
dibina dan dikembangkan adalah aspek keterampilan santri agar memiliki
kemampuan dan keahlian dalam mensyiarkan agama Islam di masyarakat.
Implementasi fungsi actuating sebagai upaya pembinaan santri di Pondok
Pesantren MISK dilakukan melalui beberapa cara yaitu pemberian motivasi,
pemberian bimbingan, menjalin hubungan, menyelenggarakan komunikasi
dan pengembangan atau peningkatan pelaksana.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, T. (1993). Agama dan Perubahan Sosial. CV. Rajawali.
Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka
Cipta.
Azra, A. (1999). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju
Milenium Baru. Logos Wacana Ilmu.
Bahasa, T. P. K. P. (Ed.). (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai
Pustaka.
Daradjat, Z. (1983). Kesehatan Mental. Gunung Agung.
Dokumen. (2020). Profil visi dan Misi Pondok Pesantren Ma’hadul Islam
Sarean Kaliwungu.
Feriyanto, A., & Triana, E. S. (2015). Pengantar Manajemen (3 in 1).
Mediatera.
Hadi, S. (2004). Metodologi Research (2nd ed.). Andi Offset.
Hasanah, M. (2019). Penerapan Fungsi Actuating Pada Peningkatan Jumlah
Jamaah Di Majelis Taklim Al-Istiqomah Perumahan Ganesha
Kelurahan Pedurungan Tengah Kecamatan Pedurungan Kota
Semarang. UIN Walisongo Semarang.
Irwan, Z., & Hasse. (2008). Agama, Pendidikan Islam dan Tanggung Jawab
Sosial Pesantren. Pustaka Pelajar.
Majid, N. (1997). Bilik-bilik Pesantren Sebuah Proses Perjalanan.
Paramadina.
Mangunhardjana. (1992). Pembinaan Arti dan Metodenya. Kanisius.
Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian
tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. INIS.
Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.
Muhtadi, A. S., & Safei, A. A. (2003). Metode Penelitian Dakwah. Pustaka
Setia.
Munfaridah, D. A. (2016). Manajemen Dakwah Dalam Meningkatkan
Kualitas Keberagamaan Santri Pondok Pesantren Salafiyyah Al
Munawir Gemah Pedurungan Kota Semarang. UIN Walisongo
Semarang.
Munfaridah, K. (2018). Penerapan fungsi manajemen pada aktivitas dakwah
Ikatan Remaja dan Pemuda Masjid Raya Baiturrahman (IKAMABA)
Semarang. UIN Walisongo Semarang.
Munir, M., & Ilaihi, W. (2009). Manajemen Dakwah. Kencana.
Nadir, M. I. (2019). Penerapan Fungsi Actuating Pada MWC Muslimat NU
Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. UIN Walisongo Semarang.
Raharjo, M. D. (1985). Perkembangan Masyarakat dalam Perspektif
Pesantren dalam Pergaulan Dunia Pesantren. P3M.
Raharjo, M. D. (1995). Pesantren dan Pembaharuan. LP3ES.
Wawancara dengan Santri Pondok Pesantren MISK, M. Isroi, (2021).
Wawancara Ketua Pengurus Pondok Pesantren MISK, Ahmad Rifai, (2021).
Wawancara Koordinator Bidang Pendidikan Pondok Pesantren MISK,
Muhammad Ribqi Fikriddin, (2021).
Shaleh, A. R. (2017). Manajemen Dakwah Islam. Suara Muhammadiyah.
Siagian, S. P. (2014). Sistim Informasi Manajemen. Bumi Aksara.
Sudjana, D. (1996). Pengantar Manajemen Pendidikan Luar Sekolah.
Nusantara Press.
Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. CV. Mandar Maj.
Syamsi, I. (1998). Pokok-Pokok Organisasi dan Manajemen. Penerbit Bina
Aksara.
Tanthawi, J. (1983). Unsur-unsur Manajemen menurut Ajaran Al-Qur’an.
Pustaka Al-Husna.
Terry, G. R. (1972). Principles of Management (6th ed.). Richard D. Irwing
Inc.
Usman, H., & Akbar, P. S. (2003). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi
Aksara.
Zaeni, A. W. (1995). Dunia Pemikiran Kaum Santri. LKPSM NU DIY.
DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v1i1.24037 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Uswatun Niswah, Muhammad Rizal Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849
Indexed By: