Scientific Evidence of a Clash between Das Sollen and Das Sein in the book Why Nations Fail by Daron Acemoglu and James A Robinson

Nur Rohim Yunus

Abstract


Luxembourg lebih kaya tiga ratus lima puluh kali lipat dibanding Burundi. Menurut data World Bank, Pendapatan rata-rata penduduk negara kecil yang berada di dataran Eropa tersebut pada 2017 sebesar 104,1 ribu dolar AS. Sedangkan pada tahun yang sama, pendapatan rata-rata penduduk Burundi hanya mendekati 300 dolar AS. Ilustrasi di atas boleh jadi bagi sebagian orang hanya perkara sepele. Sebagian lainnya mungkin menganggap itu takdir.
Namun, Daron Acemoglu dan James A. Robinson bukan tipe orang semacam itu. Di hadapan dua ekonom tersebut, ilustrasi di atas ialah rangkaian misteri yang mesti disibak. Walhasil, mereka menyelidikinya dan menuliskannya dalam sebuah buku berjudul Why Nations Fail: The Origins of Power, Prosperity, and Poverty (2012). Di Indonesia, buku tersebut terbit pada 2017 dengan judul Mengapa Negara Gagal: Awal Mula Kekuasaan, Kemakmuran, dan Kemiskinan.

 




DOI: https://doi.org/10.15408/jlr.v4i2.25150 Abstract - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.