Konstruksi Identitas dan Komunikasi Muslimah Gen Z: Studi pada Mahasiswa BKI UIN Siber Cirebon

Septi Gumiandari, Qoonitah Aziizah, Ilman Nafi'a

Abstract


Perempuan Muslim Generasi Z berada di tengah persimpangan nilai agama, tradisi, dan pengaruh modernitas, terutama melalui penggunaan media sosial seperti TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi identitas diri, mengeksplorasi bentuk komunikasi, serta mengidentifikasi pengaruh TikTok terhadap pembentukan identitas sosial perempuan Muslim Gen Z. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data diperoleh melalui observasi dan wawancara terhadap lima mahasiswa perempuan Muslim dari Prodi BKI UIN Siber Cirebon yang aktif menggunakan TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi identitas diri mereka dibentuk melalui kombinasi aspirasi pribadi, komitmen spiritual, dan pengaruh lingkungan seperti keluarga, pendidikan, dan media digital. Bentuk komunikasi mereka di TikTok mencakup aktivitas pasif sebagai penonton, pembuatan konten bernuansa hiburan yang disisipi pesan religius, serta penggunaan simbol visual seperti hijab untuk menampilkan identitas keislaman. TikTok berperan signifikan sebagai ruang ekspresi dan pembentukan identitas, sekaligus menghadirkan tantangan berupa norma sosial yang lebih lentur dan tekanan dari komentar negatif. Meskipun demikian, dengan literasi digital yang baik, mereka mampu menjadikan TikTok sebagai sarana memperkuat nilai agama dan budaya. Studi ini menegaskan peran strategis media sosial dalam membentuk, menampilkan, dan merawat identitas religius perempuan Muslim Gen Z di era digital.

Keywords


Identitas Diri, Komunikasi, Media Sosial, Muslimah Gen Z

Full Text:

PDF

References


Ardari, S., & Sendy, C. (2016). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Intensitas Penggunaan Media Sosial pada Remaja Awal. Universitas Sanata Darma: Yogyakarta.

Ardiansyah, R., Kurnaedi, J., Lim, J., Calvin, & Lim, J. (2023). Analisa Manajemen Operasional pada Perusahaan PT Lautan Lestari Shipyard. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1264–1269.

Fitri, I. K. (2020). Peran Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas Diri di Remaja MAN 1 Jakarta.

Gulo, A. (2023). Revitalisasi budaya di era digital dan eksplorasi dampak media sosial terhadap dinamika sosial-budaya di tengah masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(3), 172–184. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i3

Hartanti, J. (2024). Eksistensi Second Account Instagram dalam Pengungkapan Identitas Diri Generasi Z (Studi Kasus SMA ar-Rahman Depok). Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Irsyad, I., Sukardi, I., & Nurlaila, N. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Budaya Beragama Siswa. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.19109/muaddib.v5i1.11738

Iswanto, A. (2018). Membaca Kecenderungan Pemikiran Islam Generasi Milenial Indonesia. Harmoni, 17(1), 172–179. https://doi.org/10.32488/harmoni.v17i1.299

Kahpi, L. (2019). Peran Media Sosial dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama. Hikmah, 13(2), 221–240.

Lubis, P., Mardianto, & Nasution, M. I. P. (2023). Gerakan Literasi Sekolah: Tantangan Literasi di Era Digital dan Cara Mengatasinya. Jurnal Media Infotama, 19(2), 487–496.

Manuain, L. M. M., Moru, O. O., Renda, T., & Naitboho, J. (2022). Persepsi Generasi Z terhadap Toleransi Beragama di Media Sosial. Asketik, 6(2), 213–224. https://doi.org/10.30762/asketik.v6i2.269

Maulina, P., Triantoro, D. A., & Fitri, A. (2023). Identitas, Fesyen Islam Populer, dan Syariat Islam: Negosiasi dan Kontestasi Muslimah Aceh. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 18(2), 62–76. https://doi.org/10.31603/cakrawala.9419

Naifah, O., Zhohira, N., Luthfy Budiharjo, A., Dewi, S., Hafizhah, N., Hartono, F. S., & Mahfud, A. (2024). Peran Konseling Komunitas dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Gen Z di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(10), 50–55. https://doi.org/10.5281/zenodo.13953696

Nisa, K. (2024). Peran Literasi di Era Digital dalam Menghadapi Hoaks dan Disinformasi di Media Sosial. Impressive: Journal of Education, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.61502/ijoe.v2i1.75

Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., Hidayatullah, A. F. H., Ismail, & Tafsir. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok) Tafsir UIN Walisongo Semarang. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1), 83–94. https://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/fuaduna/index.

Rachman, A., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (M. S. Dr. Bambang Ismaya, S.Ag., M.Pd. (ed.)). CV Saba Jaya Publisher.

Rahmana, P. N., Putri N, D. A., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi di Era Generasi Z. Akademika, 11(2), 401–410. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.1959

Regita, E., Luthfiyyah, N., & Marsuki, N. R. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Persepsi Diri dan Pembentukan Identitas Remaja di Indonesia. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 46–52.

Ridlo, U. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus: Teori dan Praktik (Dr. Ahmad Royani (ed.); 1st ed.). Publica Indonesia.

Saleh, & Sirajuddin. (2017). Analisi Data Kualitatif (Hamzah Upu (ed.); 1st ed.). Pustaka Ramadhan.

Selfiana, Adityo, Ikhsan, & Lestari, O. (2024). Dinamika Media Sosial dalam Mempengaruhi Pendidikan Agama Islam. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426

Shodikun, S., Hufron, M., & Subhi, M. R. (2023). Penggunaan Media Sosial sebagai Alat Strategis Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 524–535. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3982

Silvana, H., & Cecep. (2021). Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 146–156. https://www.researchgate.net/publication/355362825

Wafik, Suhadah, Rohmah, N. N., Rahmawati, E., Saudi, Y., & Ishanan. (2024). Peran dan Representasi Perempuan Muslim dalam Konten Digital Islami. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 372–381.




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v5i1.46549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2809-7653 | P-ISSN: 2809-7645

Interaksi Peradaban is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International