Konstruksi Identitas dan Komunikasi Muslimah Gen Z: Studi pada Mahasiswa BKI UIN Siber Cirebon
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardari, S., & Sendy, C. (2016). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Intensitas Penggunaan Media Sosial pada Remaja Awal. Universitas Sanata Darma: Yogyakarta.
Ardiansyah, R., Kurnaedi, J., Lim, J., Calvin, & Lim, J. (2023). Analisa Manajemen Operasional pada Perusahaan PT Lautan Lestari Shipyard. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1264–1269.
Fitri, I. K. (2020). Peran Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas Diri di Remaja MAN 1 Jakarta.
Gulo, A. (2023). Revitalisasi budaya di era digital dan eksplorasi dampak media sosial terhadap dinamika sosial-budaya di tengah masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(3), 172–184. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i3
Hartanti, J. (2024). Eksistensi Second Account Instagram dalam Pengungkapan Identitas Diri Generasi Z (Studi Kasus SMA ar-Rahman Depok). Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Irsyad, I., Sukardi, I., & Nurlaila, N. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Budaya Beragama Siswa. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.19109/muaddib.v5i1.11738
Iswanto, A. (2018). Membaca Kecenderungan Pemikiran Islam Generasi Milenial Indonesia. Harmoni, 17(1), 172–179. https://doi.org/10.32488/harmoni.v17i1.299
Kahpi, L. (2019). Peran Media Sosial dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama. Hikmah, 13(2), 221–240.
Lubis, P., Mardianto, & Nasution, M. I. P. (2023). Gerakan Literasi Sekolah: Tantangan Literasi di Era Digital dan Cara Mengatasinya. Jurnal Media Infotama, 19(2), 487–496.
Manuain, L. M. M., Moru, O. O., Renda, T., & Naitboho, J. (2022). Persepsi Generasi Z terhadap Toleransi Beragama di Media Sosial. Asketik, 6(2), 213–224. https://doi.org/10.30762/asketik.v6i2.269
Maulina, P., Triantoro, D. A., & Fitri, A. (2023). Identitas, Fesyen Islam Populer, dan Syariat Islam: Negosiasi dan Kontestasi Muslimah Aceh. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 18(2), 62–76. https://doi.org/10.31603/cakrawala.9419
Naifah, O., Zhohira, N., Luthfy Budiharjo, A., Dewi, S., Hafizhah, N., Hartono, F. S., & Mahfud, A. (2024). Peran Konseling Komunitas dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Gen Z di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(10), 50–55. https://doi.org/10.5281/zenodo.13953696
Nisa, K. (2024). Peran Literasi di Era Digital dalam Menghadapi Hoaks dan Disinformasi di Media Sosial. Impressive: Journal of Education, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.61502/ijoe.v2i1.75
Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., Hidayatullah, A. F. H., Ismail, & Tafsir. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok) Tafsir UIN Walisongo Semarang. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1), 83–94. https://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/fuaduna/index.
Rachman, A., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (M. S. Dr. Bambang Ismaya, S.Ag., M.Pd. (ed.)). CV Saba Jaya Publisher.
Rahmana, P. N., Putri N, D. A., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi di Era Generasi Z. Akademika, 11(2), 401–410. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.1959
Regita, E., Luthfiyyah, N., & Marsuki, N. R. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Persepsi Diri dan Pembentukan Identitas Remaja di Indonesia. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 46–52.
Ridlo, U. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus: Teori dan Praktik (Dr. Ahmad Royani (ed.); 1st ed.). Publica Indonesia.
Saleh, & Sirajuddin. (2017). Analisi Data Kualitatif (Hamzah Upu (ed.); 1st ed.). Pustaka Ramadhan.
Selfiana, Adityo, Ikhsan, & Lestari, O. (2024). Dinamika Media Sosial dalam Mempengaruhi Pendidikan Agama Islam. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426
Shodikun, S., Hufron, M., & Subhi, M. R. (2023). Penggunaan Media Sosial sebagai Alat Strategis Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 524–535. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3982
Silvana, H., & Cecep. (2021). Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 146–156. https://www.researchgate.net/publication/355362825
Wafik, Suhadah, Rohmah, N. N., Rahmawati, E., Saudi, Y., & Ishanan. (2024). Peran dan Representasi Perempuan Muslim dalam Konten Digital Islami. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 372–381.
DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v5i1.46549
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2809-7653 | P-ISSN: 2809-7645
Interaksi Peradaban is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International