Media Inklusif Radio Dakwah Silaturahim 720 AM dalam Menjaga Reputasinya

Eva Eva, Armawati Arbi

Abstract


Media dakwah biasanya mengacu kepada satu pemikiran saja,yaitu Wahabi seperti radio Rodja di Cilensi.Namun radio dan televisi dakwah Silaturahim 720 AM di Cibubur merangkul semua pemikiran Islam, pemikiran ASWAJA seperti Nahdatul Ulama, Muhammadiyah,PERSIS, dan lainnya. Jadi radio dakwah inklusif RASIL, ada pihak yang menganggap radio Sitaturahim berpemikiran Syiah. Radio Dakwah Salafi juga beragam, dari yang mengharamkan lagu, yaitu Radio Rodja di Cilensi, boleh memutar lagu Nasyid Radio Fajar di Bogor. Perumusan masalah penelitian ini mengungkap bagaimana Humas radio dakwah Inklusif Silaturahim berupaya menjaga reputasi inklusif sehingga khalayak dan masyarakat mengetahui visi,misi dan programnya secara langsung dan tidak langsung dalam penyebaran informasi. Pendekatan penelitian ini kualitatif dengan metode observasi, dokumen, dan wawancara mendalam. Artikel ini menemukan empat cara penyebaran informasi kepada 1) Publik internal mendiskusikan dan memecahkan masalah, 2) mendekati dan bekerjasama dengan berbagai institusi, 3) menyebarkan programprogramnya,melalui sosial media, yaitu Youtube, facebook elektronik,yaitu radio Sela di Batam sebagai jaringan radio.Tim radia mengundang mereka ke studio melalui non media seperti telpon dan whaps up, sebarkan kalender dan profile radio setiap acara off-air sejak tahun 2012. Juga bersilaturahmi ke masjid, Tabligh Akbar,dan majlis taklim ibu-ibu.

Keywords


Bourgeoisie, Village Society, Lifestyle, Short Film, Pemean

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Pengembangan Dakwah Konteporer melalui Media Penyiaran, Jurnal Pendidikan

Tambusai, (vol.8, No. 1,2024, 4837-4843)

Adre Harjana, Intergrated Communication:Marketing Communication in Interactive Age,

Junal Interact Vol 1,No.1

Armawati Arbi, 2021,h.167).Produksi Program Siaran Radio.Bekasi,Indonesia: Gramata

Publishing,

Armawati Arbi,Religious Guiding andCounseling for Listenner of Dangdut Radio in Jakarta Indonesia,

Vol.10 No.1 juni 2019, 73-74) dalam Jurnal Konseling Religi IAIN Kudus.

Cindi Wulandari dan Fardika Yusuf, Perkembangan dan Peran Radio Berbasis Dakwah Islam di

Indonesia, Jurnal Pendidikan dan Konseling UIN Sumatra Utara. (Vol.4 No.6

(2022).

Dhamayanti, M. (2020). Pemanfaatan media radio di era digital.Jurnal Ranah Komunikasi

(JRK),3(2), 82-89.

Dian Apriyanti, Karakteristik Program Siaran Radio dalam Penyampaian Pesan Dakwah,

Vol.2.No.1,Januari,2024, Bil Hikmah Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Kharisma Yosiyana, Memahami Pesan Dakwah dalam Siaran Radio dan Televisi,Vol.2.No.1, 2023

dalam Khidmatussifa Jurnal of Islamic Studies.

Muhammad Siddiq, Eksistensi Radio sebagai Pengembangan Dakwah,Vol.2 no.3,2022,h. 791-795)

dalam Jurnal Pendidikan,Ilmu Sosial,dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Nur Baeti, Armawati Arbi, Radio Komersil Dakta 107 FM Bertahan melalui Startegi Dakwah, Vol.

No.1 2021

Umul Faidah dan Uswatu Sholihah.Radio Publik Suara Banjarnegara:Karakter Program Siaran

Keagamaan,Vol.1,No.2,2021 pada Jurnal Interaksi Peradaban prodi KPI FIDKOM

UIN Jakarta




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v4i2.42406 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.