POLARISASI SEBAGAI EFEK NEGATIF DALAM PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2019

Rizky Faturahman Faturahman, Pia Khoirotun Nisa

Abstract


Dalam konteks demokrasi dan pemilihan presiden Indonesia tahun 2019, penggunaan media sosial telah menunjukkan dampak signifikan dalam membentuk opini publik, terutama dalam konteks polarisasi dan perpecahan sosial. Studi ini menghipotesiskan bahwa strategi Agenda Setting melalui media sosial memperkuat perpecahan masyarakat dengan memprioritaskan isu-isu tertentu yang menggalang emosi dan identitas kelompok. Pertanyaan utama yang diangkat adalah bagaimana media sosial mempengaruhi opini publik selama pemilu dan pertanyaan pendukung mencakup bagaimana isu-isu dipilih dan diframing untuk mempengaruhi pemilih. Kerangka teoritis studi ini berfokus pada Teori Agenda Setting untuk menjelaskan manipulasi isu dan persepsi publik. Metodologi penelitian melibatkan analisis konten digital dari platform media sosial yang populer selama pemilu, serta berdasarkan pada kajian Pustaka terkait. Analisis menggabungkan teori dengan data empiris, mengungkapkan bagaimana narasi dibentuk untuk menciptakan 'echo chambers' dan memperkuat polarisasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa meskipun media sosial memberikan platform untuk partisipasi demokratis yang lebih luas, penggunaannya secara tidak kritis dapat memperdalam perpecahan sosial, menyoroti pentingnya literasi media di era digital saat ini.


Keywords


Demokrasi, Polarisasi, Efek, Opini Publik, Pemilihan Presiden

Full Text:

PDF

References


Amanu, H. (2021a). PERAN MEDIA MASSA DALAM KOMUNIKASI POLITIK DI INDONESIA (Vol. 1, Issue 1).

Elvinaro, A. (2007). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Elvinaro, A., & Erdinaya, L. K. (2005). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Jurusan, D., Komunikasi, I., Dakwah, F., Komunikasi, D., & Riau, S. (2015a). PERAN MEDIA MASSA SAAT PEMILIHAN UMUM MENGAWASI ATAU DIAWASI Musfialdy 1) 1). In Jurnal RISALAH (Vol. 26, Issue 2).

Jurusan, D., Komunikasi, I., Dakwah, F., Komunikasi, D., & Riau, S. (2015b). PERAN MEDIA MASSA SAAT PEMILIHAN UMUM MENGAWASI ATAU DIAWASI Musfialdy 1) 1). In Jurnal RISALAH (Vol. 26, Issue 2).

Kustiawan, W., Silvia, R., Tampubolon, B., Hermaya, P., Islam, U., & Sumatera Utara, N. (n.d.). Peran Media Massa Dalam Komunikasi Politik.

Morissan, dkk. (2010). Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nacota Yeshida Sapahuma. (2015). REALITAS POLITIK DALAM MEDIA MASSA (Konstruksi Pemberitaan Media Massa Seputar 100 Hari Pemerintahan Jokowi-JK).

Nurudin. (2011). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Siregar, N. E. (2011). Pengaruh Terpaan Media Tentang Pemberitaan Kiamat 2012 Terhadap Sikap Warga Kauman Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sri Choiriyati, O. (n.d.). PERAN MEDIA MASSA DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK.




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v4i1.38849 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.