Efektivitas Media Baru dalam Kampanye Kesehatan Mental

Mentari Anugrah Imsa, Wina Puspita Sari, Muria Putriana

Abstract


Kesehatan mental menjadi perhatian berbagai pihak terutama setelah adanya Covid-19. Kelompok yang berisiko terkena penyakit mental adalah usia remaja akhir atau dewasa awal yang dianggap sebagai masa di mana seseorang berhadapan dengan banyak tantangan dan pengalaman baru. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha mencari tahu efektivitas penggunaan fitur-fitur pada Instagram sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan kampanye kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa fitur reels Instagram lebih banyak menjangkau khalayak sasaran  dibandingkan dengan fitur feed dan juga story. Kemudian konten yang banyak menyampaikan informasi detail mengenai kesehatan mental yang diunggah pada feed juga menjangkau lebih banyak pengguna.

Keywords


New media; social media; media richness; campaign; Instagram features

Full Text:

PDF

References


Akbar, G. A. A. (2020). Efektivitas Kampanye Yuk Nabung Saham Pt . Bursa Efek. 6. Retrieved from http://eprints.uniska-bjm.ac.id/3587/

Astari, N. (2021). Sosial Media Sebagai Media Baru Pendukung Media Massa untuk Komunikasi Politik dalam Pengaplikasian Teori Agenda Setting: Tinjauan Ilmiah pada Lima Studi Kasus dari Berbagai Negara. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 131–142. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.190

Bayu, D. (2022). Remaja paling banyak gunakan internet di Indonesia pada 2022. Retrieved from DataIndonesia.id website: https://dataindonesia.id/digital/detail/remaja-paling-banyak-gunakan-internet-di-indonesia-pada-2022

Buyuk, S. K., & Imamoglu, T. (2019). Instagram as a social media tool about orthognathic surgery. Health Promotion Perspectives, 9(4), 319–322. https://doi.org/10.15171/hpp.2019.44

Cross, R., Rice, R. E., & Parker, A. (2001). Information seeking in social context: Structural influences and receipt of information benefits. IEEE Transactions on Systems, Man and Cybernetics Part C: Applications and Reviews, 31(4), 438–448. https://doi.org/10.1109/5326.983927

Gabarron, E., Larbi, D., Dorronzoro, E., Hasvold, P. E., Wynn, R., & Årsand, E. (2020). Factors engaging users of diabetes social media channels on facebook, twitter, and instagram: Observational study. Journal of Medical Internet Research, 22(9). https://doi.org/10.2196/21204

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Kemp, S. E., Ng, M., Hollowood, T., & Hort, J. (2017). Introduction to Descriptive Analysis. Descriptive Analysis in Sensory Evaluation, 3–39. https://doi.org/10.1002/9781118991657.ch1

Moran, G., Muzellec, L., & Johnson, D. (2020). Message content features and social media engagement: evidence from the media industry. Journal of Product and Brand Management, 29(5), 533–545. https://doi.org/10.1108/JPBM-09-2018-2014

Putri, F. A., & Dwipriandi, R. (2021). Efektivitas Kampanye Dalam Jaringan: Studi Kasus Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Jurnal Analisa Sosiologi, 10, 110–130. https://doi.org/10.20961/jas.v10i0.47645

Rafi, M., & Syam, H. M. (2019). Efektivitas Kampanye Partai Solidaritas Indonesia Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Kaum Muda Berpolitik”(Studi Pada Pengurus Partai Solidaritas …. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial …, 4(4), 12. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/12900%0Ahttp://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/download/12900/5554

Rinanda, A., Achiriah, & Rasyid, A. (2022). Analisis pesan self love dalam lirik lagu answer: love myself produced by beyond the scene (bts) (analisis semiotika ferdinand de saussure). At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 6(1), 21–42.

Rizaty, M. A. (2022). Survei: 1 dari 4 remaja Indonesia punya masalah kesehatan mental. Retrieved from DataIndonesia.id website: https://dataindonesia.id/ragam/detail/survei-1-dari-3-remaja-indonesia-punya-masalah-kesehatan-mental

Ronkin, B. (2013). Music & Entertainment Industry Educators Association. Journal of the Music & Entertainment Industry Educators Association, 13(1), 27. Retrieved from https://www.meiea.org/resources/Journal/Vol.13/MEIEA_Journal_vol_13_no_1_2013.pdf

Roselina, E., Asmiyanto, T., & Andriany, M. (2021). Health Information-Seeking Behavior on the COVID-19 Pandemic: Social Media Usage by Gen Z in Jakarta, Indonesia. Library Philosophy and Practice, 1–7.

Rozali, Y. A., Sitasari, N. W., & Lenggogeni, A. (2021). Meningkatkan Kesehatan Mental Di Masa Pandemic. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2). https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3958

Sartikasari, S., Hardi, R., & Hartaman, N. (2021). Efektivitas Kampanye Politik Di Media Sosial Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 Di Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Kybernology : Journal of Government Studies, 1(1), 16–33. https://doi.org/10.26618/kjgs.v1i1.5003

Tewksbury, R. (2009). Qualitative versus Quantitative Methods: Understanding Why Qualitative Methods are Superior for Criminology and Criminal Justice. Journal of Theoretical and Philosophical Criminology, 1(1), 38–58.

Tracy, K. W. (2012). Mobile application development experiences on Apples iOS and Android OS. IEEE Potentials, 31(4), 30–34. https://doi.org/10.1109/MPOT.2011.2182571

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. , (2009).

Utomo, S., Heriansyah, D., Mauizah, A. Z., Apriliani, D. R., & Ruslan, I. (2021). Efektivitas Kampanye Moderasi Beragama Berbasis Whatsapp Group pada Masyarakat Desa. Jurnal Riset Agama, 1(3), 64–78. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15097

Wahdi, A. E. (2022). Riset: sebanyak 2,45 juta remaja di Indonesia tergolong sebagai Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Retrieved from The Conversation website: https://theconversation.com/riset-sebanyak-2-45-juta-remaja-di-indonesia-tergolong-sebagai-orang-dengan-gangguan-jiwa-odgj-191960




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v3i1.31837 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.