Analisis Produksi Siaran Program “Kabar Pacitan” di JTV Pacitan

Ida Kurniawati, Kayyis Fithri Ajhuri, Damayanti Dinda Kinansih

Abstract


Peran televisi lokal dalam industri media adalah memberikan informasi dan hiburan kepada audiens lokal. Namun, televisi lokal juga menghadapi beberapa tantangan antara lain: Persaingan dari televisi nasional dan internasional dalam hal jumlah penonton dan iklan, perubahan pola konsumsi media, biaya produksi dan distribusi yang cukup besar bagi stasiun televisi, persoalan regulasi dan lisensi yang ditetapkan oleh pemerintah dan memiliki lisensi yang sah untuk beroperasi, dan televisi lokal harus mampu mengembangkan konten yang menarik dan relevan untuk menarik perhatian penonton dan mempertahankan keberlangsungan bisnis. Rumusan masalah meliputi proses produksi siaran program “Kabar Pacitan” di JTV Pacitan mulai dari proses pra produksi, produksi hingga pasca produksi. Serta menganalisa kendala yang ditemui dan solusi yang dilakukan pihak manajemen dalam mengatasi kendala pada saat proses produksi siaran program “Kabar Pacitan”. Hasil dari penelitian ini peneliti menemukan bahwa siaran program “Kabar Pacitan” memiliki beberapa tahapan sama seperti pada program televisi lain dalam proses produksinya, adapun tahapan-tahapannya dimulai dari pra produksi : meliputi 1) Tahapan pra Produksi seperti rapat proyeksi secara santai baik secara langsung maupun melalui aplikasi WhatsApp, persiapan matang wartawan dalam pencarian berita. 2) Tahapan produksi meliputi tahap editing yang dilakukan oleh editor secara online dengan teknik digital, dan yang terakhir yaitu 3) Tahapan pasca produksi yaitu mencakup proses persiapan menuju siaran hingga penayangan berita. Hambatan yang sering dialami oleh wartawan dalam pencarian berita lapangan yaitu faktor cuaca yang tidak mendukung, selain itu juga terjadi hambatan akibat jaringan yang tidak stabil, peristiwa kecelakaan yang tidak selalu terjadi sehingga perlu alternatif berita ringan (features).



Keywords


Produksi; Program Televisi; Kabar Pacitan; JTV Pacitan

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tanzeh dan Suyitno. (2006). Dasar-dasar Penelitian. Surabaya: Elkaf.

Andi Fachruddin. (2012). Dasar-Dasar Produksi Televisi. Jakarta: Prenamedia Group.

Arifin S Harahap. (2005). Jurnalistik Televisi: Teknik Memburu dan Menulis Berita Televisi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Burhan Bugin. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Ciptono Setyabudi. (2006). Teknologi Broadcasting TV Edisi Kedua, Cet. Ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Deddy Iskandar Muda. (2005). Jurnalistik Televisi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Dennis McQuail. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

DennisMcQuail. (1985). Model-Model Komunikasi. Alih Bahasa Putu Laxman Pendit. Jakarta: Uni Primas.

Djaman dan Aan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2010.

Elvinaro Ardianto. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Fajar Junaedi. (2013). Jurnalisme Peyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta: Prenandamedia Group.

Fred Wibowo. (1997). Dasar-dasar Produksi Program Televisi. Jakarta: Grasindo.

Fred Wibowo. (2007). Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta : Pinus Book Publisher.

Hafied Cangara. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hendra Riofita. (2016). Komunikasi Bisnis. Pekanbaru: CV. Mutiar Pesisir Sumatera.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Lexy Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J.(1922). Qualitative Data Analysis, A Mrthods Sourcebook, Edition 3.

Morissan. Jurnalistik Televisi Mutakhir. Jakarta: Kencana. 2008.

Morissan. (2009). Managemen Media Penyiaran. Jakarta : Kencana.

Muhamad Mufied. (2010). Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta : Kencana.

Muhammad Idrus. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nana Triapnita Nainggolan, dkk., (2021). Komunikasi Organisasi: Teori, Inovasi dan Etika. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ruedi Hofmann. (1999). Dasar-dasar Apresiasi Program Televisi. Jakarta: PT Grasindo.

Sudirman Tebba. (2005). Jurnalistik Baru. Ciputat: Kalam Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, cet. Ke-15. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Wawan Kuswandi. (1996). Komunikasi Massa Sebuah Analisis Media Televisi. Jakarta, PT. Rineka Cipta:

Skripsi:

Apriyanti, Siska. (2019). Analisis Produksi Siaran program “Kabar Pacitan” Net TV. Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Hasanah, Aswaton. (2018). Analisis Produksi Siaran Berita Televisi (Proses Produksi Siaran Program Berita Wajah Aceh Siang di Metro TV Aceh Edisi Oktober-Desember 2017). Skripsi, Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Miranda, Dita Ayu Proses. (2019). Produksi Siaran program “Kabar Pacitan” di JTV Pacitan Pada TVRI Jawa Timur. Skripsi, Surabaya: Universitas Bhayangkara.

Nurhasanah. (2011). Analisis Produksi Siaran Berita Televisi (Proses Produksi Siaran Program Siaran program “Kabar Pacitan” di Trans TV). Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Prakoso, Novian A.. (2017). Manajemen Redaksional Surat Kabar Harian Di Kalimantan Timur (Studi Deskriptif Pada Skh Balikpapan Pos Dan Samarinda Pos). SKRIPSI, Jogjakarta: Universitas Islam Indonesia.

Supriadi, Dimas Aditya Putra. (2017). Profesionalisme pemberitaan Di Televisi. SKRIPSI, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Syarqowi, Ahmad. (2009). Analsisis Program Berita Bandar Jakarta di JAK TV. Skripsi, Jakarta: UIN Syarif HIdayatullah.

Jurnal:

Fanastar, Buana. Analisis Proses Produksi Siaran Berita Televisi Khabar Etam Di TVRI Kalimantan Timur. eJournal llmu Komunikasi 3(4), 348 – 360. 2015.

Pricillia Johanna. Hambatan Downward Communication Antara Pimpinan dan Karyawan PT. Makmur Jaya. Jurnal E-Komunikasi, Vol. 1, No. 2, Tahun 2013. (Jurnal : Universitas Kristen Petra, Surabaya), 28-29. (Diakses pada Rabu, 01 Februari 2023/ Pukul 15.09 WIB).




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v3i1.31405 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.