Ekologi Media Radio 95,5 RAS FM dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Media Online

Iskandar Trilaksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi radio 95,5 RAS FM dalam mempertahankan eksistensinya di era media online ditinjau dari jenis isi media (types of content), jenis khalayak siaran (types of audien), dan modal (capital). Penlitian ini menggunakan teori ekologi media oleh Dimmick dan Rothenbuhler. Teori ini memberikan asumsi bahwa media dapat bertahan jika memperhatikan tiga faktor penting, yaitu types of content, types of audience, dan capital dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan types of content RAS FM memiliki program yang up to date yang dikemas dalah 6 jenis program dan terbagi ke dalam 13 konten siaran. Berdasarkan types of audiens RAS FM memiliki segmen audiens secara geografis di Jakarta. Secara demografis, segmen audiens RAS FM di dominasi oleh perempuan dengan rentang usia 20-50 tahun serta berasal dari Socio Economyc Status (SES) B,C, dan A. Secara psikografis, segmen audiens RAS FM adalah keluarga muslim. Berdasarkan Capital RAS FM memiliki modal awal dari umat Islam dan pendirinya; modal finansial saat ini berasal dari pendapatan iklan dan donasi para filantropis Islam; modal Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kapabilitas; dan modal fasilitas yang memadai untuk siaran.

Keywords


Strategi, Radio, Eksistensi, Media Online

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Nur. 2015. Radio Sebagai Sarana Media Massa Elektronik.Jurnal STAIN Kudus Vol. 3.

No. 2

Arifin. Anwar. 1984.StrategiKomunikasi. Bandung: Armilo

Effendy, Onong Uchjana. 1983. Human Relation dan Publik Relations Dalam Manajemen. Bandung:Alumni

Effendy, Onong Uchjana. 1990. Radio Siaran dan Praktek.Bandung: Alumni

Halik. Abdul. 2013. Buku Daras: Komunikasi Massa. Makassar: Alauddin University Press. ISBN

Herawati, F. Anita dan HH.,Setio Budi.2007. Ekologi Media Radio Siaran di Yogyakarta.Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 4. Nomor 2

Hutabarat, Jemsly&Huseini, Martini.Strategi: Pendekatan Komprehensif dan Terintegrasi Strategic Excellence dan Operational Excellence Secara Simultan. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM

Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi.Jakarta: Kencana

M Miftah. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan

Maknun, Djohar. 2017. Ekologi: Populasi komunitasekosistem.Cirebon: Nurjati Press

Masduki. 2004. Menjadi Broadcaster Profesional. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta

Morissan. Manajemen Media Penyiaran. Strategi MengelolaRadio dan Televisi. Jakarta: Kencana. 2009

Morrissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran.Jakarta: Kencana Prenada

Munajar, A. dkk.. 2018. Memilih Segmentasi Penonton dalam Perencanaan Program Televisi.Jurnal Abdimas BSI. Vol. 1 No. 3

Muslim.Varian – Varian Paradigma. Pendekatan. Metode.dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi.Jurnal Wahana. Vol. 1. No. 10. Ganjil. Tahun Akademik 2015/2016 ISSN

-5876

Nasrullah, Rulli. 2020. Metode Penelitian Jurnalisme Pendekatan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Rachmat. 2014. Manajemen Strategik.Bandung: CV Pustaka Setiacet. 1

Resosoedarmo.dkk. 1990. Pengantar Ekologi.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Romli. Asep Syamsul M..2018. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola MediaOnline. Bandung:Nuansa Cendikia

Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja grafindo Persada

Siyoto, Sandu & Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian.Sleman Yk.:Literasi Media Publishing




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v2i2.29417 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.