Ekologi Media Radio 95,5 RAS FM dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Media Online
DOI:
https://doi.org/10.15408/interaksi.v2i2.29417Keywords:
Strategi, Radio, Eksistensi, Media OnlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi radio 95,5 RAS FM dalam mempertahankan eksistensinya di era media online ditinjau dari jenis isi media (types of content), jenis khalayak siaran (types of audien), dan modal (capital). Penlitian ini menggunakan teori ekologi media oleh Dimmick dan Rothenbuhler. Teori ini memberikan asumsi bahwa media dapat bertahan jika memperhatikan tiga faktor penting, yaitu types of content, types of audience, dan capital dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan types of content RAS FM memiliki program yang up to date yang dikemas dalah 6 jenis program dan terbagi ke dalam 13 konten siaran. Berdasarkan types of audiens RAS FM memiliki segmen audiens secara geografis di Jakarta. Secara demografis, segmen audiens RAS FM di dominasi oleh perempuan dengan rentang usia 20-50 tahun serta berasal dari Socio Economyc Status (SES) B,C, dan A. Secara psikografis, segmen audiens RAS FM adalah keluarga muslim. Berdasarkan Capital RAS FM memiliki modal awal dari umat Islam dan pendirinya; modal finansial saat ini berasal dari pendapatan iklan dan donasi para filantropis Islam; modal Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kapabilitas; dan modal fasilitas yang memadai untuk siaran.References
Ahmad, Nur. 2015. Radio Sebagai Sarana Media Massa Elektronik.Jurnal STAIN Kudus Vol. 3.
No. 2
Arifin. Anwar. 1984.StrategiKomunikasi. Bandung: Armilo
Effendy, Onong Uchjana. 1983. Human Relation dan Publik Relations Dalam Manajemen. Bandung:Alumni
Effendy, Onong Uchjana. 1990. Radio Siaran dan Praktek.Bandung: Alumni
Halik. Abdul. 2013. Buku Daras: Komunikasi Massa. Makassar: Alauddin University Press. ISBN
Herawati, F. Anita dan HH.,Setio Budi.2007. Ekologi Media Radio Siaran di Yogyakarta.Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 4. Nomor 2
Hutabarat, Jemsly&Huseini, Martini.Strategi: Pendekatan Komprehensif dan Terintegrasi Strategic Excellence dan Operational Excellence Secara Simultan. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM
Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi.Jakarta: Kencana
M Miftah. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan
Maknun, Djohar. 2017. Ekologi: Populasi komunitasekosistem.Cirebon: Nurjati Press
Masduki. 2004. Menjadi Broadcaster Profesional. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta
Morissan. Manajemen Media Penyiaran. Strategi MengelolaRadio dan Televisi. Jakarta: Kencana. 2009
Morrissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran.Jakarta: Kencana Prenada
Munajar, A. dkk.. 2018. Memilih Segmentasi Penonton dalam Perencanaan Program Televisi.Jurnal Abdimas BSI. Vol. 1 No. 3
Muslim.Varian – Varian Paradigma. Pendekatan. Metode.dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi.Jurnal Wahana. Vol. 1. No. 10. Ganjil. Tahun Akademik 2015/2016 ISSN
-5876
Nasrullah, Rulli. 2020. Metode Penelitian Jurnalisme Pendekatan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Rachmat. 2014. Manajemen Strategik.Bandung: CV Pustaka Setiacet. 1
Resosoedarmo.dkk. 1990. Pengantar Ekologi.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Romli. Asep Syamsul M..2018. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola MediaOnline. Bandung:Nuansa Cendikia
Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja grafindo Persada
Siyoto, Sandu & Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian.Sleman Yk.:Literasi Media Publishing