Teknik Produksi Berita Pada Program Grebek PALTV

Karerek Karerek

Abstract


Penelitian ini fokus pada proses produksi berita Program Grebek PALTV. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui proses ini untuk mengetahui proses apa saja yang dilakukan redaksi PALTV dalam memproduksi berita Program Grebek. Karena Program BErita Grebek merupakan salah satu program dengan rating tertinggi dibandingkan program TV lainnya pada PALTV. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling yang informan kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Hasil penelitian menunjukan proses pengumpulan data berita Program Grebek menggunakan teknik wawancara, observasi dan konferensi pers yang disajikan menggunakan struktur berita piramida terbalik dengan ciri khas penggunaan Bahasa lokal Palembang yang terdapat di dalam narasi dan suara setiap berita yang ditayangkan. Berita Program Grebek sendiri disajakin melalui tiga tahapan, yakni tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi.

Keywords


Teknik Produksi, Berita, Grebek

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media Televisi Di Era Internet. ProTVF, 2(1), 101. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.19880

Arbi, A. (2012). Format Program Siaran Radio Dangdut Jakarta dalam Konsultasi Keluarga dan Dakwah. 02(02), 2088–6314. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=155171&val=5625&title=The Integration of Dakwah in Journalism: Peace Journalism

Desmalinda, D., Herdiansyah, P., & Naripati, R. (2016). Dampak Kehadiran Stasiun Televisi Berbahasa Lokal Pal Tv (Palembang Tv) Pada Pelestarian Bahasa Lokal Di Kota Palembang. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 5(2), 198. https://doi.org/10.26499/rnh.v5i2.153

Fachruddin, A. (2012). Dasar-Dasar Produksi Televisi (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

FARISI, M. R. (2019). STRATEGI KEBERHASILAN PROGRAM “STUDIO 42 UHF” PADA KANAL PALEMBANG TV. Repository.Unsri.Ac.Id, 23. Retrieved from chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://repository.unsri.ac.id/26798/61/RAMA_70201_07031381520079_0009126007_0005118401_01_front_ref.pdf

Gultom, A. D. (2018). Digitalisasi Penyiaran Televisi di Indonesia [Digitization of Television Broadcasting in Indonesia]. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 16(2), 91. https://doi.org/10.17933/bpostel.2018.160202

Indonesia, P. R. (1998). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan, (1), 1–5. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-undang-nomo

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertasi Contoh Praktis Media, Punlic Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Teknik Praktis Riset Komunikasi by Rachmat Kriyantono, p. 154. Retrieved from file:///C:/Users/owner/Downloads/Teknik Praktis Riset Komunikasi by Rachmat Kriyantono (z-lib.org).pdf

Kuswita, H. (2014). Herry Kuswita, 2014. Komunikologi, 11.

Menulis, S., & Kajian, D. A. N. (2003). SEKOLAH MENULIS DAN KAJIAN MEDIA (SMKM-Atjeh). 1–4.

Nurjanah, W. E., Perdana, R. S., & Fauzi, M. A. (2017). Analisis Sentimen Terhadap Tayangan Televisi Berdasarkan Opini Masyarakat pada Media Sosial Twitter menggunakan Metode K-Nearest Neighbor dan Pembobotan Jumlah Retweet. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 1(12), 1750–1757.

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Rahmawati, R. (2018). APTISI Student Perception to the News on The APTISI Website. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 8(2), 117–127.

Soyomukti, N. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi (1st ed.; M. Sandra, Ed.). Yogyakarta.

Studi, P., Komunikasi, I., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., & Palembang, R. F. (2020). PROGRAM WARUNG WAK EBOK PALTV.

Wibowo, S. F., & Karimah, M. P. (2012). Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux ( Survei Pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1), 1–15.

Wijayani, I., Bina, U., Palembang, D., Bina, U., & Palembang, D. (2021). Jurnal Komunikasi dan Budaya EKSISTENSI MAJALAH GATRA SUMATERA BAGIAN SELATAN THE EXISTENCY OF THE SOUTH SUMATRA GATRA MAGAZINE. 02, 184–196.

Yulianti. (2018). Strategi Komunikasi Humas Paltv Dalam Meningkatkan Brand Image Pada Masyarakat Palembang.




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v2i2.28848 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.