KAMPANYE LITERASI DIGITAL DALAM MENJALANKAN PERAN HUMAS DI KEMENTERIAN KOMINFO

Muhammad Gunawan, Risnawati Dewi, Minchatur Robiah

Abstract


Kementerian Komunikasi dan Informatika  sebagai Instansi Pemerintah melaksanakan kampanye Literasi Digital dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat agar dapat menggunakan teknologi digital secara cerdas, kreatif dan produktif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran Humas Kemkominfo dalam melaksanakan kampanye literasi digital. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori public relations dan teori komunikasi persuasif. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan data yang diperoleh melalui internet.

Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa humas di Instansi Pemerintahan dalam hal ini Kominfo tidak menjalankan perannya sebagai peranan back up management dalam pelaksanaan kampanye literasi digital, namun humas kominfo lebih banyak berperan dalam kegiatan publikasi terkait perannya sebagai communicator, dalam peranan membina relationship Humas Kominfo lebih kepada menjalin hubungan dengan media dan Humas Kominfo menjalankan perannya dalam menciptakan corporate image.


Keywords


Public Relations, Komunikasi Persuasif, Humas Pemerintah, Kampanye, Literasi Digital

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Ananto, D., Hartanto, D. D., & Sylvia, M. (2017). Perancangan Kampanye Sosial Bagi Orang Tua Tentang Pentingnya Anak Beretika Di Media Digital. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1. https://media.neliti.com/media/publications/82381-ID-perancangan-kampanye-sosial-bagi-orang-t.pdf.

APJII, Hasil survei penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia 2018, di akses di https://apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018.

Barata, Atep Adya. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Biro Komunikasi dan Informasi Publik. (2016). Presiden Jokowi : Humas Pemerintah Harus Bergerak Cepat dan Satu Narasi. Diakses http://www.dephub.go.id/post/read/presiden-jokowi---humas-pemerintah-harus-bergerak-cepat-dan-satu-narasi.

Cutlip, Scott M, Allen H. Center dan Glen M.Broom. (2016). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

De Vito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antarmanusia, Edisi Kelima. Jakarta: Karisma Publishing Group.

Gassing, S dan Suryanto. (2016). Public Relations. Yogyakarta: CV Andi Offeset.

Jungherr, A. (2016). Four Functions of Digital Tools in Election Campaigns: The German Case. The International Journal of Press/Politics, 21(3), 358–377. https://doi.org/10.1177/1940161216642597

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2018). Siaran Pers No.181/HM/KOMINFO/08/2018. Retrieved from https://kominfo.go.id/content/detail/13943/siaran-pers-no181hmkominfo082018-tentang-literasidigital-siapkan-sdm-unggul-dancerdas-di-era-revolusi-industri-40/0/ siaran_pers

Kominfo Siaran Pers. (2017, 02 Oktober). Gerakan Nasional Literasi Digital #SiBerkreasi Ajak Masyarakat Sebar Konten Positif. Diakses https://kominfo.go.id/content/detail/10801/siaran-pers-no-184hmkominfo102017-tentang-gerakan-nasional-literasi-digital-siberkreasi-ajak-masyarakat-sebar-konten-positif/0/siaran_pers.

Lattimore D, Baskin O, Heiman S T, Toth E L. (2017). Public Relations Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika.

Perloff, Richard M. (2017). The Dynamics Of Persuasion, Communication and Attitudes In The 21st Century, Sixth Edition. New York: Routhledge.

Rakhmat, Jalaluddin. (2018). Psikologi Komuniasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rogers, E. M., & Storey J. D. 1987. Communication Campaign. Dalam C. R. Berger & S.H. Chaffe (Eds.), Handbook of Communication Science, New Burry Park; Sage.

Ruslan, R. (2017). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ruslan, R. (2018). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Severin, Werner J. & James W. Tankard, Jr., Teori Komunikasi Sejarah, Metode dan Terapan di dalam Media Massa edisi kelima, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2011.

Soemirat & Suryana, Soleh & Asep. (2016). Komunikasi Persuasif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Snyder, Leslie B. 2002. Development Communication Campaigns, dalam: Gudykunst, William B. dan Bella Mody (eds). 2002. Handbook of International and Intercultural Communication. California: Sage.

Yuliani. Kominfo Sorotan Media. (2017, 20 Desember). Kominfo Galakan Melek Internet Sampai 2020. Diakses pada 28 Juni 2019. https://kominfo.go.id/content/detail/12102/kominfo-galakkan-melek-internet-sampai-2020/0/sorotan_media




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v3i1.27955 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.