Heteropia Taman Melati Kota Padang: Tinjauan Terhadap Teori Heteropia Foucault

Indah Sari Rahmaini

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan heteropia Taman Melati Kota Padang dengan menggunakan teori heteropia Foucault melalui pendekatan kualitatif. Teori Heteropia melihat bahwa ruang publik mengindikasikan ruang alternatif atas keteraturan yang ada dengan komunitas yang berbeda-beda pemanfaatannya. Heterotopia memiliki normanya sendiri yang kadang berlawanan dengan norma yang berlaku di masyarakat. Hal ini sebagai akibat dari salah satu sifat heterotopia sebagai ruang alternatif atas keteraturan yang ada di dalam masyarakat. Hasil penelitian menjelaskan dalam ruang taman melati terdapat berbagai macam bentuk heteropia diantaranya adalah destinasi wisata anak, ruang sosio-historis, kegiatan ekonomi, hingga prostitusi keliling. Ruang heteropia taman melati tidak hanya berisi heteropia kritis, tetapi juga heteropia deviasi seperti transaksi prostitusi keliling pada malam hari.


Keywords


Heteropia, Taman Melati, Ruang Publik

Full Text:

PDF

References


Asbanu, A. M. (2016). Melihat Heterotopia pada Ruang Publik (Studi Kasus: Taman Alun-alun, Kota Bandung). TEMU ILMIAH IPLBI .

Endy Hernowo dan Ardy Maulidy Navastara. (2017). Karakteristik Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bahari di Kecamatan Cilandak Jaksel. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 6, No. 2 , 2337-3520 (2301-928X Print).

Foucault, M. (1998). Of Other Space. London: Visual Culture Reader.

Hermansyah, A. (2016, Juli 2). Menyorot Prostitusi Mobil Sewaan di Kota Padang. Retrieved from Sumbarsatu.com: https://sumbarsatu.com/berita/13191-menyorot-prostitusi-mobil-sewaan-di-kota-padang

Lord, B. (2006). Foucault's Museum: Difference, Representation and Genealogy Dalam Museum And Society. (University of Leicester) 4 (1).

Mahanani, N. (2017). KARAKTERISTIK HETEROTOPIA DI MUSEUM SONOBUDOYO; KAJIAN TERHADAP PAMERAN TETAP TAHUN 2000 HINGGA 2017. Ilmu Arkeologi UGM.

Muhammad Agus Setianto & Joko Adianto. (2013). Tinjauan Konsep Heterotopia dalam Pemakaman Jeruk Purut. Program Studi Arsitektur Universitas Indonesia .

Sitinjak, R. H. (2007). STUDI IMPLEMENTASI KONSEP RUANG HETEROTOPIA PADA INTERIOR GEREJA KATOLIK BALI. Dimensi Interior VOL.5, NO.1, JUNI , 12-22 .




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v2i1.26619 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.