Analisis Proses Interaksi dan Perilaku Komunikasi dalam Kelompok Tarekat Tijaniyah di Zawiyah Serang Kabupaten Bekasi

Ellya Pratiwi, Asep Usman Ismail, Lilis Sukmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses interaksi dan perilaku komunikasi dalam kelompok tarekat Tijaniyah di Zawiyah Serang Kabupaten Bekasi. Pesan-pesan yang dipertukarkan dalam proses interaksi kelompok dapat membentuk peran dan kepribadian anggota kelompok serta karakter atau sifat kelompok secara keseluruhan. Proses interaksi dan dinamika komunikasi kelompok tarekat Tijaniyah ini dianalisis berdasarkan teori analisis proses interaksi oleh Robert Bales. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses interaksi pada kelompok Tijaniyah di Zawiyah Serang Kabupaten Bekasi membentuk peran dan kepribadian anggota kelompok secara keseluruhan. Muqaddam yang berperan sebagai pemimpin kelompok lebih dominan secara signifkan dibandingkan peran pemimpin sosioemosional. Baik para anggota kelompok (ikwhan Tijaniyah) maupun muqaddam menunjukkan tindakan positif yang dapat dilihat kategori pesan dan situasi komunikasi. Proses interaksi tersebut membuat permasalahan komunikasi pada kelompok ini secara umum terkendali dengan baik.

Keywords


Interaksi, Komunikasi Kelompok, Tarekat Tijaniyah

Full Text:

PDF

References


Amin, S. M. (2012). Ilmu Tasawuf. Jakarta: Amzah.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamid, M. Y. (2010). Thariqah At Tijaniyah Dalam Neraca Al Qur’an dan As Sunnah (Tanya-Jawab). Jakarta: Yayasan Pendidikan dan Dakwah.

Ismail, A. U. (2012). Tasawuf Menjawab Tantangan Global: Upaya Membangun Karakter Muslim. Jakarta: Transpustaka.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2019). Teori Komunikasi (9 ed.). (M.

Y. Hamdan, Trans.) Jakarta: Salemba Humanika.

Maulana, H., & Gumelar, G. (2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta: Akademia Permata.

Morissan. (2020). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Kencana.

Mulyati, S. (2005). Mengenal & Memahami Tarekat-Tarekat Muktabarah di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Mutmainah, S., & Fauzi, A. (2005). Psikologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ravico. (2019). Hubungan Sosial-Politik Tarekat Samaniyah dengan Kesultanan Palembang Darussalam. Islamika: Jurnal-Jurnal Ilmu Keislaman, 18(02), 23-36.

Rohma, Z. F. (2020). Sufistic Spirituality: Joint Motive Study in The Tarekat Zawiyah Naqsabandiyah Haqqani Yogyakarta. el harakah: Jurnal Budaya Islam, 22(1), 59-75.

Rohmah, G. N. (2021). The Role of Tarekat in Awakening the Spirit of Nationalism (Study of the Thought and Movement of Habib Luthfi bin Yahya). Journal of Sufism and Psychotherapy, 1(2), 127-140.

Rosyid, M. (2018). Potret Organisasi Tarekat Indonesia dan Dinamikanya. Religia: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 78-95.

Ruben, D. B., Hamad, I., & Stewart, L. P. (2013). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.

Salahudin, A. (2013). Komunikasi Kaum Tarekat Studi tentang Pola-Pola Komunikasi dalam Kelompok Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah di Pesantren Suralaya Tasikmalaya. Ijad, 3(1), 6-14.

Saroh, U. M., & Chaidaroh, U. (2019). Pengaruh ajaran Tarekat Tijaniyah terhadap peningkatan ESQ (Emotional Spiritual Quotient) Jamaah PP. Syubbanul Ummah Al Abidin Lamongan. Journal of Education and Management Studies, 2(6), 35-42.

Solihin, M., & Anwar, R. (2011). Ilmu Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.

Suhandi. (2019). Spiritualitas Agama dan Masyarakat Modern (Eksistensi Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah Di Bandar Lampung). Al-Adyan Jurnal Studi Lintas Agama, 14(1), 71-94.

Thadi, R. (2020). Komunikasi Sosial Jamaah Suluk dalam Kehidupan Sosial Keagamaan di Desa Suka Datang Rejang lebong. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(1), 1-12.

Yusuf, M. (2018). Tarekat dan Perubahan Perilaku Sosial Keagamaan Pada Jama'ah Tarekat Qodiriyah Wa Naqsabandiyah di Kota Malang: Perspektif Tindakan Sosial Max Weber. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v2i1.26287 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.