Metode Dakwah Para Da’i pada Program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV
DOI:
https://doi.org/10.15408/interaksi.v1i2.23889Keywords:
Metode, dakwah, dan Pesan DakwahAbstract
Media dan metode dakwah berperan penting dalam pencapaian tujuan dakwah. Media menjadi wadah dalam berdakwah sedangkan metode merupakan cara dalam berdakwah. Pada program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews para da’i menerapkan metode dakwah yang berbeda-beda. Dari latar belakang tersebut menimbulkan beberapa pertanyaan yaitu : Bagaimana metode dakwah yang digunakan para da’i pada program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV? Pesan dakwah apa saja yang disampaikan pada program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang didapat dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan mencari data dari buku, internet dan lainnya yang dapat dijadikan informasi tambahan untuk peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada progam “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV para da’i menggunakan metode dakwah al-mau’idzah al-hasanah dan metode dakwah bil-Hikmah. Dalam menerapkan metode dakwah al-mauidzah al-hasanah para da’i menggunakan metode kisah, metode tabsyir wa tanzir dan metode nasehat. Pesan dakwah dalam program ini terdapat 3 hal yaitu syariah, akidah dan akhlakReferences
Abdullah, Budi. Konsep Manusia Dalam Islam Studi Terhadap Eksistensi Manusia. Jurnal Wahana
Inovasi. Vol 7 No. 2.
Acep Aripudin (2011). Pengembangan Metode Dakwah (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada).
Alfian, Muhammad Ivan Alfian (2015). Dakwah Fardiyah, At- Tabsyir. Jurnal Komunikasi
Penyiaran Islam 3, no.1.
https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1656.
Effendy, Onong Uchjana (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung:
Citra Aditya Bakti.
Faizal (2013). Dakwah Bil-Hal Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmu dakwah dan
Pengembangan Komunitas VIII, no. 2.
Hasanah, Siti (2014). Inovasi Materi Dakwah Dari Ibadah Ke Muamalah Bagi Ormas Islam untuk
Merealisasikan Masyarakat Inklusif Di Kota Semarang. Jurnal Dakwa XV, no. 2.
Husna, Z. Z., & Aziz, M. A. (t.t.). DAKWAH MEDIA SOSIAL : POLA DAKWAH PADA MASA
PANDEMI COVID 19
Ilham Maulana, Chatib Saefullah, Tata Sukyat (2018). Tabligh: Jurnal Komunikasi dan
Penyiaran Islam. Volume 3, Nomor 3.
Karim, A. (2016). DAKWAH MELALUI MEDIA: Sebuah Tantangan Dan Peluang. 4(1).
Muhtadi, Asep Saeful (2012). Komunikasi Dakwah: Teori, Pendekatan, dan
Aplikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nurudin (2011). Pengantar Komunikasi Massa (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Samsul Munir, Amin (2009). Ilmu Dakwah. Cet. 1; Jakarta: Amzah.
Saputra, Wahidin (2011). Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
Shihab, Quraish. Membumikan al-Quran (1995). Bandung: Mizan.
Said, Sayuthi Atman & Pratama, Finsa Adhi (2020). Metode Dakwah Pada Komunitas Marjinal.
Al-mishbah, Vol.16 No. 2.
Unde, Andi Alimuddin (2015). Televisi dan Masyarakat Pluralistik. Jakarta:
Prenada Media Group.
Varian-Varian Paradigma Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal
Wahana Vol. No.1.
Zaini, A. (2015). DAKWAH MELALUI TELEVISI.