Pengaruh Konten Instagram @Psgauinjkt Terhadap Tingkat Kesadaran Isu-Isu Gender di Kalangan Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten Instagram @psgauinjkt terhadap tingkat kesadaran mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap isu-isu gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 mahasiswa menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan koefisien korelasi untuk mengukur pengaruh konten Instagram terhadap tingkat kesadaran gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Instagram @psgauinjkt secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan kesadaran isu-isu gender di kalangan mahasiswa. Meskipun pengaruhnya signifikan, tingkat korelasi yang rendah menunjukkan bahwa ada faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi kesadaran gender di kalangan mahasiswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa konten yang informatif, edukatif, dan relevan dengan isu-isu gender mampu memotivasi mahasiswa untuk lebih peduli dan aktif dalam diskusi terkait gender. Konten Instagram @psgauinjkt memiliki dampak positif dalam meningkatkan kesadaran isu-isu gender di kalangan mahasiswa, meskipun diperlukan strategi tambahan untuk memperkuat efek jangka panjang. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengelola akun media sosial dalam menyusun strategi konten yang lebih efektif untuk untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu gender.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyanto, W. (2020). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai ruang diskusi upaya pencegahan pelecehan seksual di lingkungan akademis. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2).
Al-Kandari, A. J., Al-Hunaiyyan, A. A., & Al-Hajri, R. (2016). The influence of culture on Instagram use. Journal of Advances in Information Technology, 7(1).
Alifia, A., & Nadia. (2021). Pengaruh terpaan informasi isu perempuan dalam konten YouTube terhadap tingkat pengetahuan di kalangan remaja. Interaktif: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1).
Amaral, I. (2015). Instagram. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, Inc.
Anindya, A., Hanana, A., & Elian, N. (2021). Upaya meningkatkan kesadaran gender kaum muda melalui pesan kesetaraan gender di media sosial Instagram. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 5(2).
Aulia, S. (2020). Pengaruh influencer dan content marketing terhadap keputusan pembelian. Dalam Digitalisasi dan Humanisme dalam Ekonomi Kreatif.
Chotim, E. E. (2020). Kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di Indonesia: Keinginan dan keniscayaan pendekatan pragmatis (Studi terhadap UKM Cirebon Home Made). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(1).
Elisabeth, M., Anggoro, O. P., Lexi, P. B. L., & Kom, S. (2020). Pengaruh komunikasi dan konten visual dalam media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian jasa fotografi di Sweet Escape Jakarta. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 6(2).
Fue, Y. (2022). Research on the influences of social media to gender equality. EDP Sciences.
Mulyatiningsih, M. (2013). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2002). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.
Neolaka, A. (2014). Metode penelitian dan statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, J. (2012). Metodologi penelitian. Jakarta: Kencana.
Nurhasanah, & Zuriatin. (2023). Gender dan kajian teori tentang wanita. Edusociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1).
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triswanti, R., Sunarto, S., & Hasfi, N. (2024). Memahami sosialisasi kesetaraan gender melalui media sosial Instagram Girl Up Diponegoro. Interaksi Online, 12(3).
Yulianti, I., & Ulfah, I. (2022). Menuju perguruan tinggi responsif gender: Mengukur kesiapan IAIN Ponorogo dalam implementasi indikator PTRG melalui SWOT analysis. Prosiding Konferensi Nasional Gender dan Gerakan Sosial, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v24i1.41923
Refbacks
- There are currently no refbacks.