Optimalisasi Branding Melalui Design Banner, Logo, dan Packaging Produk UMKM Dzakkiyah Donuts: Studi Kasus Pada Program Kerja Nyata (KKN) di Dusun Tanjunglaya Desa Sarimahi

Dwi Aulia Putri, Irfan Abdul Aziz, Kawuryansih Widowati, Nabilah Syakirah Rangkuti, Resi Riani

Abstract


Dusun Tanjunglaya memiliki potensi ekonomi mencapai 85%, namun hal tersebut tidak selaras dengan kesadaran masyarakat dalam mengoptimalkan strategi pemasaran melalui teknologi digital untuk meningkatkan branding produk. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk mengimplementasikan Tri Dharma pengabdian masyarakat melalui program yang berorientasi pada peningkatan branding yaitu design banner, logo, dan kemasan dengan fokus pada peran strategis branding dalam menciptakan citra merek yang kuat dan meningkatkan daya saing UMKM, program tersebut bernama Branduya. Kegiatan pengabdian ini mengkaji upaya peningkatan branding produk UMKM Donat Dzakiyyah dengan pembuatan design yang menarik. Metode yang digunakan adalah metode Sisdamas (Sistem Informasi Sosial dan Budaya Masyarakat) yang bertujuan untuk menggali pemahaman mendalam terkait dinamika sosial masyarakat yang menjadi fokus kegiatan. Hasil dari kegiatan Branduya adalah perubahan terhadap pola pikir pelaku UMKM terkait penggunaan teknologi digital sebagai strategi pemasaran yang membantu dalam pengembangan dan perluasan cakupan pangsa pasar melalui pembuatan design produk yang dapat menjadi alat komunikasi efektif. Branding produk UMKM ini memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan keberhasilan UMKM di Dusun Tanjunglaya terkhusus dalam menciptakan citra merek yang berdampak pada kuantitas penjualan produk sehingga menjadi cerminan dari keberhasilan pengembangan UMKM.

Keywords


Branding; Citra Merek; UMKM; Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Saehu, Andang & Nugraha Fitriyani.”KKN Sisdamas: Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penggunaan Smartphone Untuk Marketplace”. Al Khidmat :Jurnal Ilmiah Pengabdiah Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2019). 18-21.

Nazhid, Muhammad & Nugraha Isna. “Branding UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection”. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7, no. 1 (2023). 263-267.

Lintang, Ilham. Arifatangkas Farhan, Cahya Mufid, Setiawan Andry, Saputra Arman, Prasetyawati Meri, Sudarwati Wiwik, Febrianti Thresya. “Pelatihan Pembuatan Logo Produk Usaha Makanan Pada UMKM Dapur Khalila”. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ.(2023).3-4.

Rahman, Mochamad Reza, Oktavianto Muhammad Rizki, Paulinus. “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia”. 2020. Universitas Tanjungpura.

Batubara Chuzaimah, Safitri Dewi, Sari Devi Oermata, Luthfiah Hany Tasya, Putra Bagaskara Utama. “Strategi Pengembangan Identitas Visual UMKM Melalui Pembuatan Logo: Studi Kasus Pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Aras”. Journal of Human And Education. 3, no. 2 (2023).

Yulianti, Hilda Tri, Sasmi Weni Tri, Suhardiman Sani. “Pendampingan Pembuatan Logo Dan Packaging Produk UMKM Telur Asin Ud. Muchlis Di Desa Kalangsurya. Universitas Buana Perjuangan Karawang”. Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2480-2481.

Anggraeni, Feni Dwi, Hardjanto Imam, Hayat Ainul. “Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” Di Kelurahan Pandawangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang)”. Jurnal Administrasi Publik 1, no. 6 (2021). 1287.

Priyambudi, Nico Akbar & Santoso Bowo. “Pembuatan Logo UMKM Taso Ndeso Dan Limunite Di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar”. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara 2, no. 3 (2023). 40-41.

Suyadi, Syahdanur, Suryani Susie. “Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau”. Jurnal Ekonomi KIAT 29, no. 1 (2018).2-3.

Yolanda, Yola, Pujaseno Gesang, Damanik Neveline Practricia, Yasmen Azhar Hadi Rama, Sofyan Rani. “PEMUDA (Pengembangan Mitra UMKM Daerah Lunang Dua) Strategi Penguatan Branding Produk”. 2019. Jurnal Ecogen. 143-144.

Azany, Frena. “Analisis Pengaruh Design Produk, Motivasi Konsumen dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembeliaan Bellagio”. 2014. Universitas Diponegoro.

Arsyad, Azhar. “Media Pembelajaran”. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. 2020.

Setiadi, T., MS Nurmana, A. H.B., Fajri, L.R.H.A., Ilhami, S.A. “Implementasi Desain Digital Kreatif Untuk Branding Produk Berbasis Mobile Untuk Pelaku UMKM Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal”. Community Development Journal 4, no. 6 (2023). 11963.

Oktavianingrum, A., Hidayati, D.W., Nawangsari, E.R. “Strategi Branding Membangun Brand Identity Pada UMKM”. Jurnal Pengabdiaan kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 4, no, 3 (2023). 1829.

Sihimbing, N.L.N., Jalih, J.H., Novitasari, L., Sandra, J. “Edukasi Branding Dan Penguatan Branding Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan di Kalangan Remaja”. Sembadha 3, (2022). 34-35.




DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v24i1.41507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License 
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International

bandar togel

toto togel

toto slot

topslot88

data macau

slot gacor

toto togel

slot88

Toto Slot

situs toto slot

slot88

situs toto

toto slot