Peranan KKM Sahwahita 95 dalam Menangani Bullying di SDN 01 Sumberngepoh Kecamatan Lawang Kabupaten Malang
Abstract
Di Indonesia, beberapa tahun terakhir, banyak kasus bullying yang terjadi di dunia Pendidikan, terutama pada anak-anak usia sekolah. Menurut Olweus, bullying adalah perilaku negatif berulang yang dimaksudkan untuk menimbulkan ketidaknyamanan atau luka pada orang lain, baik pada satu orang atau lebih terhadap seseorang yang tidak mampu melawannya. Bentuk-bentuk perilaku bullying secara garis besar terbagi menjadi tiga aspek yaitu verbal bullying (bullying secara lisan), physical bullying (bullying fisik), dan relation bullying (bullying secara hubungan). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan jenis, respon, pencegahan agar tindakan bullying tidak berlanjut pada tingkatan yang lebih parah, serta dampak bullying yang dirasakan oleh siswa SDN 01 Sumberngepoh yang pernah menjadi korban bullying. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan dimana orang yang mengadakan observasi turut ambil bagian dalam kehidupan orang-orang yang diobservasi. Tindakan bullying yang tejadi di SDN 01 Sumberngepoh meliputi bullying secara fisik, non fisik dan juga bullying secara mental atau relasional. Bullying secara fisik tersebut seperti mencubit, memukul, mendorong, merebut barang secara paksa, bahkan menarik kursi. Sementara bullying non fisik atau verbal seperti memanggil dengan nama orang tua dan mengejek satu sama lain. Bentuk bullying relasional jarang terlihat di sekolah tersebut. Kelompok KKM 95 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang turut berperan dalam upaya menangani tindakan bullying yang terjadi di SDN 01 Sumberngepoh dengan mengadakan sosialisasi stop bullying. Sosialisasi tersebut diisi dengan pementasan drama bullying dan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang bullying.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. M. Al. (2007). Pengaruh Bullying Terhadap Perialku Belajar Pai Siswa Kelas Xi Smk Bishri Syansuri Denanyar Jombang. 12–31.
bullying dlm pend.pdf. (n.d.).
Consejería de Educación. Junta de Castilla y León. (2020). No Title. Protocolo de Prevención y Organización Del Regreso a La Actividad Lectiva En Los Centros Educativos de Castilla y León Para El Curso Escolar 2020/2021, 1–19.
Diajukan, S., Fakultas, K., Dakwah, I., Ilmu, D., Untuk, K., Persyaratan, M., Gelar, M., Sosial, S., Sos, S., Studi, P., & Sosial, K. (2018). FAKTORFAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING SISWA DI SMK TRIGUNA UTAMA CIPUTAT TANGERANG SELATAN Oleh: RISHA DESIANA SUHENDAR NIM :1113054100056.
Erica, D., Haryanto, H., Rahmawati, M., & Vidada, I. . (2019). Peran orang tua terhadap pendidikan anak usia dini dalam pandangan islam. Perspektif
Pendidikan dan Keguruan, 10(2), 58-66. Universal Pendidikan, april 2017, 8– 22.
Francisco, A. R. L. (2014). Bullying Di Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Gide, A. (1967). Pengertian Bullying. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 76–87.
Muntasiroh, L. (2019). Jenis-Jenis Bullying Dan Penanganannya Di Sd N Mangonharjo Kota Semarang. Jurnal Sinektik, 2(1), 106. https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2983
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Santoso, A. (2018). Pendidikan Anti Bullying. Majalah Ilmiah “Pelita Ilmu,” 1(2), 49–57. http://jurnal.stiapembangunanjember.ac.id/index.php/pelitailmu/article
Saputri, N. M. I., Harahap, E., & Amri, K. (2020). Lawan Bullying dengan Teknik Konseling Asertif (Labu Detektif) di SMA Negeri 1 Barumun. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 40–44. https://doi.org/10.54951/comsep.v1i1.18
Sulisrudatin, N. (2014). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2), 57–70. https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109
Susilo, P., & Setiawati, D. (2021). Studi Tentang Perilaku Bullying Verball dan Penanganannya pada Siswa Kelas XI SMA I Al-Aly Kelitidu Bojonegoro. Jurnal BK Unesa, 12(1), 54–63. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bkunesa/article/download/36346/32311
DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v23i1.30765
Refbacks
- There are currently no refbacks.