OPTIMALISASI LITERASI MASYARAKAT DESA CIHIDEUNG MELALUI KEGIATAN KKN VANADIUM

Mastanah Mastanah

Abstract


Kurang tersedianya sarana dan prasarana pendidikan di Desa Cihideung menjadi salah satu permasalahan utama desa ini. Dampaknya, pendidikan siswa hanya sampai pada tingkat SMP dan banyak yang menjadi buruh kasar. Tujuan penulisan artikel ini untuk menyajikan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh kelompok KKN Vanadium. Salah satu tujuan kegiatan ini yaitu melakukan optimalisasi dalam sektor pendidikan. Selain itu, melalui kegiatan pengabdian ini pembina dan kelompok KKN Vanadium berupaya mengembangkan sektor sosial. Metode yang dilakukan di dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan field study atau penelitian tindakan langsung. Hasil yang didapatkan dalam pengabdian ini yaitu KKN Vanadium dapat menjalankan kegiatan pengabdian ini dengan lancar. Kelompok KKN Vanadium pun mengadakan kegiatan pendidikan tingkat madrasah, TPA, kegiatan masyarakat (lomba), serta melakukan perbaikan pada sektor sarana dan prasana agar siswa dapat belajar dengan lebih baik.


Keywords


Literasi; Pendidikan Madrasah; Revitalisasi Pembangunan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arini, M., & Hidayah, N. (2021). Membangun Budaya Literasi Melalui Inisiasi Perpustakaan Anak Pada Tpq Darul Falah, Banjarnegara. Prosiding Seminar Nasional Program https://prosiding.umy.ac.id/semnasppm/index.php/psppm/article/view/884

Holis, A. (2015). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan.

Jaryono, J., Tohir, T., Mustofa, R. M., & ... (2022). Analisis Dampak KKN MBKM bagi Kemandirian dan Jiwa Wirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Implementasi KKN MBKM pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Conference and Call http://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/myc/article/view/3053

Nurhayati, R. (2019). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/918

Oktavianti, I., Zuliana, E., & Ratnasari, Y. (2017). Menggagas kajian kearifan budaya lokal di sekolah dasar melalui gerakan literasi sekolah. Kudus: Universitas Muria …. https://www.researchgate.net/profile/Eka-Zuliana/publication/318760691_MENGGAGAS_KAJIAN_KEARIFAN_BUDAYA_LOKAL_DI_SEKOLAH_DASAR_MELALUI_GERAKAN_LITERASI_SEKOLAH/links/597c540ea6fdcc1a9a9c6324/MENGGAGAS-KAJIAN-KEARIFAN-BUDAYA-LOKAL-DI-SEKOLAH-DASAR-MELALUI-GERAKAN-LITERASI-SEKOLAH.pdf

Samad, I. S., Kining, E., Rustiani, R., (2021). Analisis Dampak Program E-KKN Tematik Berbasis MBKM di Universitas Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3279

Sari, R., Sari, R., & Novarizal, S. (2021). Aktualisasi Masyarakat Desa Sukamekar Bekasi Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 Melalui Program KKN Mahasiswa. Journal Of Computer Science http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/jucosco/article/view/691

Suryadi, A., Sholeh, M., & Wulandari, A. O. (2018). Meningkatkan Budaya Literasi Sekolah Dengan Aplikasi Menemubaling (Menulis Dengan Mulut Membaca dengan Telinga). SNKPPM. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm/article/view/127

Suswandari, M. (2018). Membangun Budaya Literasi bagi Suplemen Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dikdas Bantara. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/dikdasbantara/article/view/105

Syah, I., & Surya, D. (2021). Membangun budaya literasi perdesaan di Desa Pondok Kemuning Kota Langsa. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/connection/article/view/2823




DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v22i2.28533 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License 
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International