URGENSI PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PENANGGULANGAN BENCANA TERHADAP KONDISI PSIKOSOSIAL KORBAN TANAH LONGSOR DI SUMEDANG JAWA BARAT

hikmah liani, Nida ikrimah, Rimadina Melianingsih, Syahin Rayhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi dari peran pekerja sosial dalam Penanggulangan Bencana Terhadap Kondisi Psikososial Korban Tanah Longsor di Sumedang Jawa Barat. Kondisi psikososial dari korban yang terkena bencana pasti mengalami gangguan. Oleh karena itu, peran pekerja sosial turut andil dalam menjalankan peran untuk mengatasi hal tersebut sehingga diharapkan korban dapat meminimalisir gangguan kondisi psikososial nya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan menelaah dan mengekplorasi beberapa jurnal, buku, dan dokumen serta sumber data atau informasi lainnya (baik yang berbentuk cetak maupun elektronik) yang dianggap relevan dengan kajian yang akan dibahas. Hasil penelitian menggambarkan bahwa upaya penanggulangan bencana terdiri dari 3 tahap yaitu tahap pra bencana, tanggap darurat, dan tahap pasca bencana. Dari ketiga tahap tersebut, diditahap pasca bencana peran pekerja sosial menjadi sangat penting bagi pemulihan kondisi psikososial korban. Peran pekerja sosial dibutuhkan dalam bentuk pemberian motivasi, terapi psikososial, pelayanan konseling, psiko edukasi, trauma healing, serta penguatan-penguatan sosio psikologis lainnya yang dapat memulihkan kondisi psikososial korban akibat bencana yang telah terjadi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan betapa pentingnya berbagai macam peran yang dijalankan oleh seorang pekerja sosial terhadap upaya pengembalian kondisi psikososial korban tanah longsor.


Keywords


Urgensi; Pekerja Sosial; Pasca Bencana; Psikososial; Tanah Longsor

Full Text:

PDF

References


Cholid, Narbuko dan Abu, Achmadi. (2009). Metodologi Penelitian, Cetakan 10. Jakarta: Bumi Aksara.

Geo, Astrom. (2020. Tanah Longsor. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah_longsor#:~:text=Secara%20umum%20kejadian%20longsor%20disebabkan,yang%20menyebabkan%20bergeraknya%20material%20tersebut.Diakses paa 12 Juni 2021.

Imanuddin, Abdul Malik. (2016). Direktori Sumedang. Jawa Barat: Sumedang tandang. http://sumedangtandang.com/direktori/detail/desa-cihanjuang.htm Diakses pada 12 Juni 2021

Jati, Raditya. (2021). Beragam Faktor Pemicu Bencana Longsor Sumedang Awal Januari. Jakarta: Pusat Data, Informasi dan Komunikasi KebencanaanBNPB. https://bnpb.go.id/berita/beragam-faktor-pemicu-bencana-longsor-sumedang-awal-januari Diakses pada 11 Juni 2021.

Lesmana, Agung Sandy dan Aranditio, Stephanus. (2021). Longsor Sumedang: Korban Tewas Bertambah jadi 34 Orang, 4 Masih Hilang. Jawa Barat: Suara.com https://www.suara.com/news/2021/01/18/175906/longsor-sumedang-korban-tewas-bertambah-jadi-34-orang-4-masih-hilang Diakses pada 12 Juni 2021.

Marjono. (2010). Penanganan Dampak Sosial Psikologis Korban Merapi, http://www. jatengprov.go.id/mid = wartadaera & listStyle = gallery & category- 4254 & document srl = 11905

Pusdalops BPBD. (2019). Tanah Longsor. Yogyakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah. http://bpbd.jogjaprov.go.id/tanah-longsor Diakses paa 12 Juni 2021.

Rusmiyati, Chatarina dan Hikmawati, Enny. (2012). Penanganan Dampak Sosial Psikologis Korban Bencana Merapi. Jurnal Informasi, Vol.17,No.02. https://kudo.tips/edoc/penanganan-dampak-sosial-psikologis-korban-bencana-merapi-sosial-impact-of-psychological-treatment-merapi-disaster-victims-abstrak.html Diakses pada 12 Juni 2021

Sudirman, Lani. (2020). Buku Panduan Dukungan Psikososial Bagi Anak Korban Bencana Alam. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. https://www.kemenpppa.go.id Diakses pada 12 Juni 2021.

Suroso. (2006). Kebijakan dan Strategi Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi. Jurnal Pusdiklat Kesos, Vol. 1 No. 2 Juni.

Tukino. (2013). Pekerjaan Sosial Dalam Setting Kebencanaan. Bandung. Laboraturium Kesejahteraan Sosial.Bandung:Univerisitas Padjajaran.




DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v22i1.21328 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License 
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International