Edukasi Covid-19 Pada Anak Usia Dini Sebagai Pembiasaan Pola Hidup Baru Di Kelurahan Kutajaya

Nanda Alivia Rizqy Vitalaya

Abstract


Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyarankan setiap individu untuk menerapkan social distancing guna menghadapi pandemi COVID-19 (Adrian, 2020). Pada awal diterapkannya Belajar Dari Rumah dan pembatasan untuk berada di luar lingkungan rumah, anak-anak dan orang tua menghabiskan waktu bersamanya didalam rumah. Kebijakan diam di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19 menjadi kesempatan untuk kumpul bersama keluarga, tetapi ada beberapa tantangan yang dihadapi orangtua dalam mendampingi anak (Tabi’in, 2020). Tantangan itu mulai dari kebosanan yang mungkin dirasakan anak usia dini. Anak-anak merasa bosan karena hanya beraktivitas di dalam rumah dan diperbolehkan keluar rumah jika ada hal yang mendesak saja. Orang tua juga mengeluhkan mengenai anak-anaknya yang sering bermain gadget. Akibatnya, secara perlahan orang tua memperbolehkan anak-anaknya untuk bermain diluar rumah. Permasalahan yang muncul setelah anak diperbolehkan untuk bermain diluar adalah kurangnya kesadaran anak-anak akan bahaya covid-19 dan penerapan protokol kesehatan ketika berada diluar rumah. Oleh karena itu, pada penelitian ini peneliti bertujuan untuk menerapakan edukasi covid-19 pada anak usia dini sebagai pembiasaan pola hidup baru di Kelurahan Kutajaya.


Keywords


Covid-19, edukasi, anak usia dini, Pola Hidup

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v21i1.20609 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License 
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International