Kebijakan Pembelajaran Dalam Masa Pandemi Covid 19 (Edukasi Bagi Orang Tua, Guru Dan Pengelola Rumah Tahfiz Di Cinere, Depok)

Wardani Rizkianti, Siti Nurul Intan Sari Dalimunthe, Sylvana Murni Murni Debora Hutabarat

Abstract


Kebijakan Pembatasan sosial Berskala Besar (PSBB) telah ditetapkan di Kota Depok. Salah satu yang diatur dalam kebijakan PSBB adalah pembatasan pelaksanaan proses belajar mengajar dengan cara pembelajaran jarak jauh (PJJ). Banyak kendala yang dihadapi guru, orang tua dan anak pembelajaran jarak jauh (PJJ) Pembelajarn yang dilkukan di rumah memiliki potensi dampak negatif yang berkepanjangan. Dalam menghadapi dampak negatif tersebut pemerintah telah mengeluarkan kebijakan baru yang belum diketahui secara merata oleh guru maupun orang tua khusunya kebijakan pembelajaran di setiap zona dan syarat yang harus dipenuhi. Rumah tahfiz baik rumah tahfiz Al-Magfirah maupun rumah tahfiz Arrahman di Cinere, Depok merupakan lembaga yang melakukan proses pembelajaran saat pandemi, namun belum mengetahu secara rinci terkait kebijakan syarat kegiatan belajar mengajar di masa pandemi. Melalui pengabdian kepada masyarakat dilakukan penyuluhan dengan cara penyampaian materi dan dialog interaktif terkait prinsip-perinsip kebijakan di masa pandemi yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat.


Keywords


Kebijakan Pembelajaran, Pandemi Covid-19, Rumah Tahfiz.

Full Text:

PDF PDF

References


Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Jurnal

Afip Miftahul Basar, Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi), Vol 2 No 1 Januari 2021 e-ISSN 2722-7790.

Dewi, Wahyu Aji. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 02, no. 1 (2020).

Maulidi, Achmad. 2017. “Hubungan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) Dengan Moral Siswa Ma Nurul Huda Pakandangan Barat Kec. Bluto Kab. Sumenep.” Journal Of Islamic Education 01, No. 1 (2017).

Winara Lubis, 2020. “Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, ISSN: 2550-0848; ISSN Online : 2614-2988 Vol. 5, No. 1 , September 2020.




DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v21i1.20329 Abstract - 0 PDF - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License 
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International